Sari Apel, Kota Batu

SARI APEL BATUDiversivikasi Potensi Daerah Mendengar nama buah Apel disebut, pasti semua oranq sudah tahu baqaimana bentuk, rasa. Akan tetapi, tidak semua oranq tahu manfaat buah ini baqi kesehatan, baik untuk anak-anak maupun oranq dewasa. Pakar kesehatan menqatakan, apel menqandunq vitamin C dalam jumlah yanq sanqat tinqqi, menqandunq banyak nutrisi, kaya antioksidan dan sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Apel dengan beraneka macam Jenis, rasa dan warna mulai dari:

Apel Anna warnanya merah maron dipadu dengan warna kuning,

Apel Rom-berry warnanya kemerah-merahan segar,

Apel Manalagi hijau muda dan

Apel Batu apel khas kota Batu ini, yakni berwarna apel merah dan hijau dengan rasa asem segar.

Kesan pertama begitu masuk Kota Batu, adalah hembusan sumilir angin sejuk yang serasa menyusup ke pori-pori kulit karena perubahan drastis perjalanan dari Surabaya yang panas menuju ke Kota Batu. Udara dingin hawa pegunungan yang bersih inilah yang menjadikan Kota Batu memiliki potensi alam yang sangat bagus dan subur.

SARI APEL BATU(2)Di Batu tidak ada sejengkal tanahpun yang dibiarkan kosong tanpa tanaman yang menghasilkan. Semua masyarakat sadar dan tahu akan potensi daerahnya, kandungan tanahnya yang subur, maka semua tanah dimanfaatkan sebaik mungkin oleh empunya. Khususnya dengan cara ditanamani apel maupun strawberry. Ini bisa dilihat, di setiap pojok halaman atau kebun pasti ada tanaman pohon apel, walaupun kadang hanya ada satu atau dua pohon saja.

Meski begitu, pohon-pohon tersebut tampak segar dan sehat dengan cabang dan dahan yang dipenuhi buah apel yang ranum ataupun hanya ada bunganya saja.

Begitu panen raya tiba Kota Batu berubah seperti menjadi lautan apel. Tetapi anehnya siatuasi ini tidak membuat petani apel menjadi gembira. Yang ada malah sebaliknya yaitu murung karena harga apel turun dan jatuh bahkan kadang-kadang malah banyak buah apel yang tidak terjual dengan alasan kurang inilah kurang itulah dan akhirnya dibiarkan busuk. Berangkat dari masalah inilah, akhirnya kumpulan ibu-ibu PKK dari RW 10 Kelurahan Sisir, Kecamatan Batu memutar otak bagaimana caranya agar buah apel yang melimpah itu bisa menghasilkan uang. Setelah berkumpul dan membicarakan secara intens, maka ibu-ibu yang berjumlah sepuluh orang ditambah beberapa orang bapak turun tangan dengan niat baik yaitu membuka usaha industri kecil yang diberi nama Koperasi Serba Usaha “BROSEM “.

SARI APEL BATU(3)BROSEM, adalah singkatan dari Bromo Semeru yang bergerak di usaha industri kecil dengan menggunakan bahan dasar buah apel. Awal berdiri Juni 2004, Brosem memproduksi jenang apel. Dua bulan berikutnya Agustus tahun yang sama mulai menambah produknya, yaitu Sari Apel. Tetapi, produksi nya dilakukan setiap seminggu sekali.

Jenang apel produksi Brosem inipun resep dari hasil lomba yang diadakan oleh ibu- ibu PKK RW 10 Kel. Sisir, Kec. Batu. Jenang yang yang berhasil menjadi Juara I, dijadikan acuhan dalam memproduksi jenang Apel. Resep yang masuk nominasi dan berhasil menjadi juara pertama telah memenuhi kreteria, atau syarat dan standar mulai ukuran, komposisi bahan dan rasa serta cara pengolahannya.

Ibu Sumiati, ketua produksi saat diwawancarai Tim Prasetya di kantornya yang sekaligus dijadikan tempat produksi mengatakan, tahun 2004 merupakan cikal bakal karena tahun ini mulai produksi jenang apel Koperasi Serba Usaha ” Brosem”. Dengan modal Rp 3 Juta hasil dari pinjaman BKM kelurahan dengan jangka waktu 20 bulan lunas.

Pertama kali memproduksi jenang apel sebanyak 15 Kg apel setiap minggu sekali di rumah warga sebagai tempat berproduksi. Sedang bahan yang digunakan, dengan per- bandingan 80% buah apel 20% campuran, yakni tepung ketan, terigu dan gula pasir.

Produksi pertama, dijual di masyarakat RW 10 Kel. Sisir. Semua warga diharuskan membeli jenang apel ini; tujuannya agar masyarakat tahu dan mau mempr- omosikan jenang hasil karva ibu-ibu PKK se- tular ke warga sekitar akan tahu dan ingin membeli.

Ternyata, benar. Setelah berproduksi selama setahun, “Brosem” mendapat bantuan dana Hibah dari Ketua Tim Penggerak PKK Kota Batu Ibu Hj. Endang Imam Kabul sebesar Rp 5 juta untuk menambah modal usaha. Tetapi, karena baru memulai usaha maka modal sebesar itu tidak berkembang, malah sebaliknya malah berkurang bahkan hampir habis karena digunakan untuk mencoba dan mencoba agar jenang yang diproduksi bertambah baik mutu dan rasanya.

Dari 15 Kg naik menjadi 30 Kg setiap minggunya. Setiap minggu Brosem memproduksi tiga macam jenang yaitu jenang Sirsak, Apel dan Jenang Wortel. Begitu juga dengan Sari Apelnya minuman ini juga terus bertambah, bahkan produksi setiap hari.

Akhirnya, doa ibu- ibu PKK atau pengurus Brosem dikabulkan oleh Allah. Pada acara Muktamar Nasional Muhamadiyah 2005 di Batu yang dihadiri Presiden, Jenang Apel Brosem, mendapat kesempatan untuk promosi. Presiden beserta rombongan dari Jakarta sempat mencicipi jenang apel.

Pada Agustus tahun yang sama pengu­rus “Brosem” diundang ke Jakarta dan mendapat pesanan 10 ribu kotak dari is- tana. Setelah bertemu dan bertatap muka dengan Presiden, ketika balik pulang ke Batu Brosem mendapat bantuan dana dari Presiden sebesar Rp 125 Juta. Bantuan itu, digunakan untuk membeli peralatan dan tambah modal.

Tahun 2006, mendapat kepercayaan dari Telkom yaitu mendapat pinjaman CSRIKM Telkom sebesar Rp 8 Juta dengan bunga 6%/tahun selama 2 tahun lunas. Tetapi alhamdullillah belum jatuh tempo Brosem sudah lunas, sehingga diberi kepercayaan untuk meminjam Rp 250 Juta.

Pinjaman tersebut selain untuk me­nambah modal, juga untuk membeli rumah yang sekarang digunakan sebagai kantor juga sebagai rumah produksi.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jaw timuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Prasetya Volume V, No. 53, Mei 2013, hlm. 10-11

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Th. 2013. Bookmark the permalink.

One Response to Sari Apel, Kota Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s