Cuka Apel Malang/Batu

Cuka Kaya Manfaat dari Kota Malang/Batu

Kini, telah tersedia hasil olahan dari buah apel Malang, mulai sari buah, cuka, jenang, brem, selai dan keripik. Jadi, makin banyak pilihan untuk dijadikan buah tangan.

serba-apel005Cara yang lebih baik untuk mendapatkan tambahan vitamin C ataupun vitamin lainnya, adalah dengan meminum sari buah asli, disamping itu sebagian besar  buah buahan juga mengandung karotin yang kemudian diubah menjadi vitamin A dalam tubuh, vitamin B serta mineral. Demikian juga dengan apel, manfaatnya buah apel ini tidak hanya dalam keadaan segar, ketika diolah menjadi minuman, apel tetap memberi khasiat, manfaat dari apel bisa dalam bentuk cuka.

Gudo Ribowo, sistem Marketing Managemen Agro industri menjelaskan, produk cuka ini telah terbukti manfaat sebagai bahan untuk terapi mulai dari kegemukan, overweight sampai arthritis. Cuka apel juga bisa mengatasi rambut rontok yang disebabkan oleh karena jaringan atau akar rambut kekurangan garam atau mineral seperti potasium, oleh karenanya cuka apel yang mengandung potasium serta vitamin-vitamin esensal yang lain akan mengembalikan keseimbangan alami dan mensuplai kekurangan mineral yang dibutuhkan oleh rambut. Mencegah rambut rontok dan menumbuhkan rambut secara tepat dan tebal, dibutuhkan waktu kurang lebih dua bulan.

“Untuk mengatasi rambut rontok, caranya satu sendok makan cuka apel dicampur dengan satu gelas air matang dan diaduk rata Masukkan sisir rambut ke dalam laruta tersebut lalu sisirkan ke rambut secara pelan-pelan dan merata biarkan selama lima belas menit atau lebih, lalu rambut dicuci bersih,” jelas Gudo yang mengaku telah membuktikan sendiri tips tersebut.

Manfaat lain dari cuka apel kata Gudo, yaitu untuk mengatasi pegal-pegal. Caranya bisa dengan berendam di dalam air yang sudah diberi cuka. Atau bisa juga dioleskan langsung pada bagian yang tersa pegal. “Khasiatnya memang tidak dapat langsung dirasakan saat itu juga, setelah dua atau tiga kali baru terasa,” sarannya. Ia menambahkan, mengkonsumsi dua sendok makan cuka apel  ditambah dua sendok makan madu diminum bersama segelas air putih  tiga kali sehari dapat mengatasi sakit kepala.

Disamping dapat dimanfaatkan sebagai bahan terapi, cuka apel dapat dimanfaatkan untuk keperluan salad dressing, acar dan penyedap masakan . “Cuka apel ini juga bisa diminum panas atau dingin dengan atau tanpa madu,” ujarnya. mi manda rosa

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Mossaik, november 2005, hlm. 54

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Cuka Apel Malang/Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s