Wisata Perahu Kalimas, Surabaya

6 Wisata Air Surabaya, yang selama ini diharapkan, kini telah datang wisata air di Surabaya

DSC02913Menjadikan Sungai Kalimas sebagai tujuan wisata kota, diharapkan kian melengkapi obyek wisata yang ada. Berada sekawasan dengan Taman Prestasi, di belakang Gedung Negara Grahadi. Sungai Kalimas merupakan anak Sungai Kali Surabaya. Sepanjang 19 Km, dari Jagir bermuara di Pelabuhan Perak, membelah Kota Surabaya.

Walau menyimpan potensi, nyatanya hanya sebagian kecil saja dari ruas Kalimas yang sejauh ini dimanfaatkan untuk wisata air.

Paling ramai, wisata berperahu di Taman Prestasi, Jarak tempuhnya tidak jauh, dari sekitar jembatan Yos Sudarso hingga sekitaran Taman Ekspresi. Walaupun begitu, animo masyarakat cukup bagus.Terbukti, pada Minggu pagi saat Surabaya City Guide berkunjung ke lokasi yang terintegrasi dengan Taman Prestasi ini, tampak peminat wisata menyusuri Sungai Kalimas ini ramai. Calon penumpang perahu wisata ini antri, sementara anak-anak kecil tak kalah berebut untuk naik ke perahu.

Wisata Perahu KalimasPada hari-hari biasa hanya beberapa orang saja, tidak banyak. Tapi beda halnya pada hari Sabtu dan minggu. Menurut Febri, pada puncaknya bisa mencapai 500-800 pengunjung. Perahu yang ada berkapasitas 20-25 penumpang dewasa, dan mampu membawa hingga 30 penumpang anak-anak.

Tarif wisata perahu di Sungai Kalimas sejak tahun 2010 dipatok harga 4.000 rupiah, sebelumnya hanya Rp. 2.000,- sejak tahun 2006.”Tim yang mengelola wisata air terdiri dari 6 orang di bawah koordinasi Dinas Pariwisata Kota Surabaya, UPTD THP Kenjeran – Wisata Kalimas,”terang Febriadhitya, Kepala UPTD.

Trip wisata air yang berpangkal di Taman Prestasi kearah Monkasel kemudian berbalik kembali lagi ke Taman Prestasi. Atau Taman Prestasi menuju Ngemplak, dekat Taman Ekspresi, lalu berbalik kembali ke Taman Prestasi.

Banyak harapan ingin terus mengembangkan potensi wisata ini. Namun diakui Febri tidak mungkin hanya pihaknya sendiri yang bergerak. Dibutuhkan dukungan dari berbagai pihak, seperti pengelola sungai, dan yang paling penting adalah masyarakat sendiri. Masyarakat harus terus berupaya menjaga kebersihan sungai dan lingkungan sekitarnya, sehingga memoles Kalimas menjadi potensi wisata air di Surabaya dapat terwujud.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SURABAYA CITY GUIDE, DESEMBER 2013, hlm. 22.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Wisata Perahu Kalimas, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s