Mangrove Gunung Anyar

6 Wisata Air Surabaya, yang selama ini diharapkan, kini telah datang wisata air di Surabaya

Mangrove Gunung Anyar (3)Wisata Anyar Mangrove (WAM), objek wisata baru ini terletak di daerah Gunung Anyar Surabaya, sekitar 2 Km arah Timur kampus UPN. WAM menyuguhkan hutan mangrove yang alami, lengkap dengan ragam binatang liar, seperti monyet berekor panjang. Anda juga akan menjumpai berbagai spesies burung sepanjang perjalanan menuju area mangrove.

Tepat 1 Januari 2010, Walikota Surabaya Bambang DH melepaskan balon secara simbolis sebagai peresmian “Wisata Anyar Mangrove”di wilayah Gunung Anyar. Pelepasan balon ke udara yang bertulisan “Wisata Anyar Mangrove dari Gunung Anyar untuk Surabaya”ini disaksikan pula oleh Yusak Anshori (Kepala Surabaya Tourism & Promotion Board), Kanti Budiarti (Camat Gunung Anyar), Jailani (Lurah Gunung Anyar Tambak), dan pakar tata kota Johan Silas dan Firman Arifin. Serta Ketua RWVII Gunung Anyar Tambak, mewakili warga yang menggagas hutan Mangrove ini untuk dijadikan objek wisata.

Mangrove Gunung Anyar (2)Obyek wisata ini menjadi lebih hidup, karena melibatkan banyak unsur masyarakat lokal, seperti nelayan, petani tambak, UKM, RT, RW, PKK, Forum Kemitraan Polisi dan Masyarakat (FKPM) serta Karang Taruna. Sehingga tepatlah kalau Bu Kanti Budiarti sebagai Camat Gunung Anyar mengatakan, “Wisata Anyar Mangrove dari warga Gunung Anyar, untuk warga Surabaya”.

WAM memiliki potensi besar.

Mangrove Gunung AnyarMangrove di Gunung Anyar tidaklah jauh berbeda dengan yang ada di Singapura dan Tiongkok. Artinya, WAM bisa ditata dan dikembangkan sebagaimana keindahan yang dimiliki negara tetangga itu.

WAM memiliki dua dermaga sebagai akses masuk. Dermaga I berada di Jl. Gunung Anyar Tambak dan Dermaga II terletak di Jl. Kali Kebon Agung.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SURABAYA city guide, DESEMBER 2013, hlm. 15-16.

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Mangrove Gunung Anyar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s