Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan

Pantai Klayar Pacitan “Tanah Lot”nya Jawa Timur 

Pantai Klayar Pacitan0001Pantai Klayar atau Klayaran tentu masih asing di telinga anda. Ini karena memang pantai ini belum dikelola menjadi tempat wisata. Pemerintah setempat masih membiarkan pantai ini alami meski menyimpan banyak potensi wisata dan bisa dikelola dengan baik. Seperti halnya Pantai Sawarna di Banten, Pantai Klayar terkenal melalui dunia maya atau jaringan internet dan mulut kemulut.

Asal nama Pantai Klayar sendiri berasal dari kata “klayar-kluyur” yang artinya jalan-jalan. Mungkin dikarenakan pantai ini menjadi tujuan dari orang yang ingin berlibur atau jalan-jalan. Lokasinya berjarak sekitar 35 kilometer ke arah barat dari kota Pacitan, Kecamatan Donorojo sendiri adalah Kecamatan yang menjadi pintu masuk Pacitan dari arah Solo dan Jogjakarta. Jadi Pantai ini berada di pinggiran kawasan pacitan, tapi dekat dari akses transportasi yang berasal dari Solo dan Jogjakarta.

Panorama khas pantai-pantai di pesisir selatan Pacitan adalah pantai dengan ombak yang tinggi khas dari Samudera Hindia yang terus- menerus menggerus tebing kapur yang berjajar membentang dipesisir pantai. Komposisi laut samudera hindia dan wilayah karst inilah yang membentuk batuan-batuan exotis yang berada di tepi pantai. Itulah yang akan Anda temukan di Pantai Klayar. Tebing batu kapur dengan kemiringan tajam seperti menjenguk laut, memerhatikan dengan seksama lidah-lidah ombak berkejaran di pasir yang lembut. tebing kapur di sisi kanan dan kiri pantai, yang satu berwarna gelap, dan satunya lagi kehijauan mirip sebuah tower penjaga. di antaranya batu karang besar menyembul dari perairan dangkal dan akan mengingatkan anda dengan exotisme Tanah Lot di Bali.

Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Doonorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata.

Pantai Klayar Pacitan0002Salah satu keunikan pantai Klayar adalah terkadang terdengar suara lengkingan unik seperti seruling yang mencabik-cabik udara. Inilah seruling laut. Batu karang penjaga pantai itulah peniup seruling yang tengah menghibur angin laut. Saat angin berembus melewati celah-celah sempit permukaan karang, berbelok arahnya dengan kekuatan yang tepat, maka timbulah bunyi lengkingan yang mendayu-dayu, sesekali berhenti, lalu berlanjut kembali.

Pantai Klayar masih menyisakan fenomena alam lain berupa air mancur laut. Air mancur tersebut terbentuk dari gigisan abrasi yang menjebak air pasang ke dalam celah karang. Gua karang tersembunyi di dalam air. Tekanan ombak diteruskan oleh air sehingga menekan sebagiannya membentuk air mancur tegak lurus melewati celah kecil di bagian atas permukaan karang. Ketinggian air mancur laut itu bisa mencapai sepuluh meter dan menimbulkan gerimis. Penduduk setempat meyakini gerimis itu berkhasiat sebagai obat awet muda. Sayang, tidak dijelaskan dan mana mitos ini berasal.

Pulau-pulau karang berkontur menghiasi permukaan Pantai Klayar yang selalu rutin setiap saat tergerus oleh kerasnya ombak khas pantai selatan. Jika diperhatikan dengan saksama, gugusan karang itu membentuk sebuah bentuk-bentuk artistik. Beberapa di antaranya membentuk seperti patung Sphinx.

Dan ternyata, lebih banyak turis asing yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik. Ini mengingat masih minimnya pemberitaan dimedia offline. Dan wisatawan mancanegara itu tentu tahunya dari internet. Meski hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, Pantai Klayar begitu mempesona. Garis Pantinya kira-kira seperti Pantai Ancol di Jakarta.

Sebagai pantai yang belum ramai dikunjungi apalagi dikelola resmi, akses menuju pantai ini boleh dibilang misterius seperti mencari harta karun. Dari Yogyakarta, bisa ditempuh selama 3 jam perjalanan melalui jalan tembus. Dan dari Pacitan kota bisa ditempuh dengan sepeda motor selama 3 jam perjalanan. Pantai Klayar merupakan sebuah teluk kecil yang kanan kirinya dibatasi oleh tebing-tebing karang, mirip seperti Pantai Karma Kandara.

Pantai Klayar pada hari-hari biasa tidak banyak dikunjungi pelancong. Hanya anda temukan masyarakat lokal nelayan yang sedang melaut. Baru di akhir pekan atau liburan, banyak

pengunjung yang ingin membuktikan misteri-misteri di pantai ini.

Suasana sepi pengunjung membuat anda bisa mendengar hembusan angin, misterius bukan? Di kanan kirinya banyak dipagari nyiur hijau. Di pantainya yang berpasir putih, anda juga bisa menemukan sisa-sisa binatang laut yang sudah mati.

Ada dua karang tinggi setinggi pohon kelapa dan menjadi ikon favorit wisatawan. Letaknya ada di sisi timur. Di balik karang ini, masih banyak lagi terdapat karang yang tak lelah diterjang ombak Laut Selatan. Dan diantara karang-karang itu, terdapat karang raksasa yang mirip Tanah Lot di Pulau Bali. Makanya tidak heran jika ada yang Klayar sebagai Tanah Lot di Pacitan, Jawa Timur. Ada juga sungai- sungai kecil yang bermuara di Pantai Klayar. Sungai dangkal bisa dilewati dengan jalan kaki. Kedalamannya ada yang sepaha orang dewasa di beberapa titik.

Sedangkan di sisi baratnya, ada karang yang lebih tinggi dan lebih besar, tingginya mencpaai 50 meter. Tebing karang ini merupakan gugusan karang. Tebing eksotis ini mirip seperti tempat bersandarnya kapal Nabi Nuh Inggris vs Perancis di film antainya sendiri terdapat hamparan karang-karang kecil. Keindahan lanskap pantai Klayar sangat pas dinikmati dari tebing ini. Dan di tebing sisi kanan ini sudah dibuat gardu pandangnya.

Bagi yang pernah ke Mesir, di deretan tebing karang di sisi timur inilah terdapat karang raksasa mirip Sphinx. Dan di deretan karang-karang di belakangnya, banyak karang yang berlubang sehingga memungkin air laut dan angin memasuki karang itu. Saat ombak datang,dari celah- celah kecil karang ini ada air mancur alami yang muncrat hingga ketinggian 10 meter. Airmancur ini akibat tekanan ombak laut yang melewati celah kecil. Sesuai dengan teori Teori Bernoulli di pelajaran Fisika. Ketika muncrat, tak jarang airmancur ini juga mengeluarkan suara aneh mirip seruling. Makanya banyak yang menamai seruling laut. Di sebelahnya lagi itulah letak air terjun setinggi dua meter.

Kalau anda pecinta foto narsis, cobalah naik ke pinggang karang Sphinx. Dari sudut dan momen yang tepat, anda bisa berfoto di Sphinx dengan latar belakang air mancur raksasa dan air terjun laut. Dan masfh di deretan karang sphinx ini, anda bisa menemukan Karang Bolong. Karang yang bolong (berlubang) akibat abrasi karena tiupan angin laut. (red)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  TRANSPORTASI JAWA TIMUR, EDISI KETUJUHBELAS, OKTOBER 2013

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized and tagged , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Pantai Klayar, Kabupaten Pacitan

  1. wuih, tempat kelahiran ane gan..
    bisa mampir juga di pantai-pantai cantik di dekatnya..

    http://ankaranarenva.wordpress.com/2013/09/07/tanjung-rajati-pantai-eksotik-di-perbatasan/

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s