Bubur Madura, Surabaya

bubur madura1

Di Kota Surabaya ada suatu jenis jajanan manis yang membuat penikmatnya ketagihan, jajanan yang satu ini dapat dijumpai setiap hari di kampung-kampung setiap hari, Jajanan tersebut tak lain adalah bubur Madura.

Dinamakan bubur Madura, karena memang jajanan yang satu ini konon berasal dari Madura,  penjualnya pun hampir semua perempuan dari etnis Madura. Cara menjajakan  bubur madura ini masih tradisional dengan cara membawanya di atas kepala (disungun, disunggi; Jawa) atau sebagian pernah dengan cara digendong,  berkeliling keluar-masuk kampung-kampung di kota Surabaya.

Bubur Madura terdiri atas bubur sumsum halus dibuat dari bahan dasar tepung, bubur Madura disajikan bersama-sama dengan bubur sumsum kasar, bubur ketan hitam, dan bubur grendul yang berwarna cokelat, bentuk grendulnya ada yang bulat atau lonjong, selanjutnya dengan santan kental dan ditambah juruh/kinca (gula Jawa yang dicairkan) di atasnya, rasa manis bubur ini karena pengaruh gula Jawa.

 

Sajian bubur Madura, dengan warna-warni yang ceria sangat menarik untuk dicicipi, meskipun rasanya rata-rata hampir sama, kenyal dan legit di mulut. Penyajian tersebut ditambah lagi dengan sertaan jenis-jenis jajanan yang lainnya, dengan nama serta bentuknya yang unik, diantaranya “lupis”, yang mulanya menyerupai lontong terbuat dari ketan diirisi tipis-tipis, juga “klanting” yang berwarna shocking pink atau putih, serta “tiwul”, dan lain sebagainya.

 

Bubur madura ini disajikan di atas sebuah “pincuk ” daun pisang yang dilipat sedemikian rupa sehingga berfungsi seperti mangkuk atau, sebagai piring, dan cara meikmatinya juga menggunakan daun pisang yang disebut “suruh” yaitu daun pisang yang dilipat sehingga dapat digunakan sebagai sendoknya.

bubur madura2

Bubur Madura ini sangat menggoda selera Anda, sangat cocok disantap pada pagi atau sore hari, rasanya yang manis cukup menghibur perut ini sembari menunggu saat makan siang atau makan malam.

Tidak ada salahnya untuk mencoba jajanan yang unik dan menggoda selera ini, jika anda berkunjung di Surabaya. (DPP)

 

 

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Surabaya, Wisata Kuliner and tagged , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Bubur Madura, Surabaya

  1. kunyit says:

    tepatnya dimana bisa didapat makanan ini, kangen makanan jaman dulu, haha

    • Mudah sekali bila saudara tinggal di Surabaya, makanan ini banyak dijual di perkampungan, biasanya penjual berkeliling kampung pada pagi atau sore hari. Atau di Pasar-pasar tradisional, Namun lebih tepatnya saudara silahkan anda berkunjung ke pasar jajanan khas jajan pasar jawatimuran yang berada di PASAR BLAURAN yang letaknya di ujung jalan antara jl. Blauran – Jl. Kranggan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s