Jawa Timur Park 2, Museum Satwa Kota Batu

Kenali Satwa Dunia di Museum Satwa Batu

Kota Batu dengan udara yang sejuk kini banyak menghadirkan tempat wisata yang mengundang decak kagum dan rasa penasaran untuk menikmatnya. Salah satunya Museum Satwa di Jawa Timur Park 2 Kota Wisata.
“Museum berstandar internasional ini juga menyerupai museum yang ada di New York. Jadi, tidak perlu jauh-jauh lagi untuk melihat hal yang luar biasa seperti ini” 

Arsip jatim-park 2Hadirnya Museum Satwa Jawa Timur (Jatim) Park 2 melengkapi beragam zona wisata di Kota Batu. Museum terbesar dan telengkap ini menyajikan ratusan diorama satwa dari Eropa, Afrika, Amerika, China dan Antartika. Museum di Jl. Oro-oro Ombo, Batu ini salah satu karya unggul yang menggabungkan seni lukis dan satwa. Dirancang agar kita merasakan menjelajah dunia satwa yang sesungguhnya. Konsepnya kontemporer, tak lagi identik dengan pameran barang-barang atau benda kuno yang cenderung kusam dan membosankan. Museum satwa ini juga terbesar di Indonesia bahkan di Asia Tenggara, dengan bangunan seluas 15 hektare Arsitekturnya klasik. Pilar-pilar besar dan tinggi terlihat sangat memukau, menyenangkan untuk berfoto. Pada kiri dan kanan bangunan terdapat patung gajah dengan ukuran besar. Sedangkan pada bagian depan, patung-patung lucu menjadi hal yang menarik untuk anak-anak. Ada pula lampu-lampu dengan bentuk rusa yang tampak indah saat malam.

Arsip jatim-park 2..“Museum tidak hanya mengutamakan profit, namun pembelajaran bagi anak bangsa menjadi yang utama. Hal ini bisa dilihat dari berbagai satwa yang ada di dalamnya disertai dengan keterangan yang lengkap ujar Soedariono, Manager Museum Satwa. Berbagai satwa langka juga dilengkapi dengan nuansa yang dibuat sama dengan habitat aslinya antara lain padang pasir, hutan, dan daerah salju. Ini membuat pengunjung memiliki kenangan tersendiri setelah masuk di sini. “Museum berstandar internasional ini juga menyerupai museum yang ada di New York. Jadi, tidak perlu jauh-jauh lagi untuk melihat hal yang luar biasa seperti ini,” katanya. Mulai soft launching yang digelar pada 27 Desember 2009 lalu hingga saat ini, Museum Satwa memberikan diskon 20 persen dari tiket normal yang seharga Rp 25 ribu. Dengan sekali membayar tiket masuk tersebut, pengunjung sudah mendapatkan suguhan pesona dari Museum Satwa.

Arsip jatim-park 2...Pertama masuk pengunjung akan disambut dengan sangkar burung raksasa yang berisi burung-burung dari berbagai benua. Hewan yang ada di museum satwa ini 90 persen adalah asli. Karena itu, Anda akan merasakan suasana habitat sesungguhnya dari hewan yang ada di Museum Satwa ini. Setelah melewati area burung, pengunjung akan masuk Dome Dinosaurus. Pandangan pertama akan langsung tertuju pada rangka raksasa dinosaurus dengan ukuran yang sebenarnya. “Pemandangan yang biasanya hanya di jumpai di film-film atau museum luar negeri saja, kini ada di Museum Satwa Batu,” kata Soedariono bangga. Setelah meninggalkan Dome Dinosaurus, pengunjung menuju ke Insectarium, dan Galeri Fosil Di Galeri Fosil, selain ada fosil dari hewan purba dan hewan langka, juga ada hiburan drama hewan yang terbuat dari robot setiap hari dimainkan secara otomastis dengan tema lingkungan.

Arsip jatim-park 2.“Sekali lagi pembelajaran ditekankan di sini, karena tema tersebut juga mengacu pada global warming yang juga dirasakan dampaknya oleh satwa,” ujar mantan anggota DPRD Kota Malang ini. Setelah itu, Fish World akan menemani perjalanan pengunjung. Yang menarik di Fish World adalah ruangan yang bernama “Khazanah Pengetahuan Fauna”. Di ruangan ini siapapun bisa bermain kuis, tebak-tebakan, hingga buku-buku mengenai fauna ada di sini. Bagi pengunjung yang ingin mengenal jenis-jenis serangga juga disediakan koleksi ribuan jenis serangga pada insektarium. Serangga-serangga ini tidak hanya dari dalam negeri, tetapi juga dari berbagai negara, bahkan dari benua Afrika yang kaya akan jenis satwa liar. “Melihat jenis-jenis serangga dapat menambah pengetahuan Anda karena tidak semua serangga yang dipamerkan bisa kita temukan dalam kehidupan sehari-hari,” terangnya.

Setelah diorama hewan darat, ada pula diorama ikan. Macam-macam  jenis ikan dari berbagai belahan dunia dan dalam tempat hidup yang berbeda-beda. Diorama ikan terlihat unik, karena diorama mampu menampilkan tempat hidup ikan yang berbeda-beda. Habitat ikan di sungai, danau. rawa, laut dangkal sampai habitat ikan laut dalam tersaji nyata. Anda seolah-olah sedang menyelam dan menikmati berbagai jenis ikan ini. Pada perjalanan terakhir tak juga ketinggalan. Hewan-hewan omnivora dan karnivora macam serigala. Harimau serta singa gurun juga menghiasi diorama museum yang yang juga sempat digunakan shooting video clip group band The Virgin ini. Sebagian besar satwa didatangkan langsung dad Negara asalnya. Ratusan fosil purba dan ribuan jenis kupu-kupu dan serangga dibawa dari Peru, New Guinea, Kolombia, Malaysia, China, dan Madagaskar. Lukisan tiga dimensi yang melatari diorama dibuat oleh seniman dari Afrika dan seniman lokal Batu. Puas berkeliling. Anda bisa menikmati makanan di Jungle Fast Food, satu-satunya restoran bernuansa hutan. Anda akan ditemani berbagai satwa dan kursi berputar sehingga bersuasana hutan sesungguhnya. (hjr)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Potensi, EDISI FEBRUARI, TH 2011, hlm. 38

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Jawa Timur Park 2, Museum Satwa Kota Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s