Desa Bunga – Desa Sidomulyo, Kota Batu

BerWisata di Desa Bunga

desa-bunga0001Desa Sidomulyo Kota Batu identik dengan Desa Bunga. Terdapat lebih dari 1.000 jenis tanaman bunga yang dibu- didayakan dan tersebar di tiga dusun di desa ini yakni Tinjumoyo, Tonggolari dan Su- korembug. Masing-masing lokasi budidaya bunga di dusun-dusun ini jaraknya saling berdekatan.

Berwisata ke Desa Sidomulyo agaknya tak bisa lepas dari keinginan menikmati keindahan bunga. Anda bisa menyaksikan tanaman mawar yang tum- buh di sepanjang desa yang bisa dipetik tanpa perlu membayar, kecuali apabila Anda berminat untuk membeli. Letaknya hanya sekitar 8 Km dari pusat Kota Batu. Untuk menjangkaunya juga tak sulit Me- masuki Desa Sidomulyo, wisatawan langsung bisa menyimak pesona warna dari bunga-bunga yang ada di tepi kiri dan kanan jalan. Lahan pertanian dan pekarangan rumah pun penuh dengan tanaman bunga hingga tampak seperti taman.

Sejak zaman kolonial Belanda, Desa Sidomulyo sudah terkenal sebagai kawasan bunga, terutama mawar. Ini disebabkan udaranya yang sejuk. Secara geografis, desa ini terletak di ketinggian 1.100 meter di atas permukaan laut dengan suhu sekitar 18-23 °C. Berwisata di kawasan bu­nga Sidomulyo, pengunjung akan mengetahui berbagai macam hal, mulai dari cara penanaman bunga, penyiraman, proses bunga mekar, hingga pasar bunga. Semua ada di desa ini.

Bunga-bunga yang dijual di pasar bunga “Sekar Mulyo” yang terdiri dari 13 stan etalase harganya sangat murah. Satu tanaman bunga dalam polybag dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 200 hingga Rp 1.000. Harga ditentukan dari jenis bunganya. Deretan jenis bunga yang dibudidayakan petani di antaranya, mawar, krissan, agape, bambu air, lavender, wali songo, ceplok piring, cemara, beringin putih, sakura, anggrek, dan nusa indah. Aneka bunga ini selain dijual di pasar bunga, juga dijual di kota-kota besar sebagai bunga rangkai.

Fasilitas yang tersedia di antaranya adalah pemandu. Petani-petani bunga di sini akan dengan senang hati tanpa meminta upah, me- mandu para wisatawan yang berkunjung, dan umumnya mereka sangat hafal jenis bunga dan lahan mana saja yang ditanami bunga sesuai jenis yang ingin dikunjungi pengunjung.

Fasilitas lain yang tersedia yakni etalase bunga. Untuk mengetahui jenis bunga apa saja yang ada di Sidomulyo, pengunjung cukup datang ke Sub Terminal Agribisnis (STA) yang ada di desa itu. Di STA, sudah tersedia contoh aneka jenis bunga yang ditanami oleh para petani desa.

Bukan hanya wisata dan pasar bunga saja yang ditawarkan oleh Desa Sidomulyo ini, tetapi pembelajaran tentang budidaya bungajuga akan didapatkan dari para petani bunga di sini. Sudah ratusan siswa sekolah dan masyarakat umum belajar cara menanam bunga, terutama mawar. “Sa- ya sering ke sini untuk belajar. Petaninya ramah, bunga harganya murah. Pokoknya kalau ke sini pasti senang, dan pulang bisa segar kembali,” kata Nuning, warga Surabaya, saat berkunjung ke STA Sidomulyo. Selain itu tak sedikit mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi di Malang dan sekitamya yang menjadikan Desa Sidomulyo sebagai tempat penelitian untuk pembuatan skripsi. Dan lagi-lagi semua itu gratis. “Kami memang petani dan pedagang bunga, tapi kami sangat senang bisa membantu orang. Khususnya untuk penelitian,” kata Ahmad, warga setempat. (sns)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit– Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SUARA DESA,  Edisi 08, Januari-Februari 2013, hlm. 21

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Desa Bunga – Desa Sidomulyo, Kota Batu

  1. harma says:

    Gimana cara pemesanan bibit saya ingin mencoba bercocok tanam

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s