Selecta, Kota Batu

Selecta, Wisata Legendaris Yang Tak Pernah Sepi

Taman rekreasi Selecta, didirikan oteh seorang warga negara Belanda bernama Ruyter de Wildt pada tahun 1930. Sebagai tempat wisata dan peristirahatan pilihan bagi warga negara Belanda saat berada di Indonesia.

selecta001Selecta berasal dan kata selectie yang berarti “pilihan”. Terletak di Desa Tulungrejo, Kota Batu, Jawa Timur dengan dikelilingi oleh Gunung Arjuno, . Welirang dan Anjasmoro. Kita dapat menempuh dalam waktu 1 jam perjalanan dari kota Malang dan 3 jam dari kota Surabaya. Tinggi dari permukaan laut 1.150 m dengan suhu udara berkisar antara 15′ C 25  C dan kedinginan air berkisar 18 C.

selecta002Untuk menuju Selecta yang hanya berjarak sekitar 6 kilo meter dan utara alun-alun kota Batu tidak terlalu sulit. Bila kita mengendari transportasi umum, cukup dengan naik mobil penumpang umum (MPU) jurusan Batu-Selecta dengan jarak tempuh sekitar 30 menit saja.

SeLecta menjadi sebuah karya monumental bagi sebuah konsep tatanan wisata yang menggabungkan unsur keindahan dan kesejukan alam pegunungan yang menjadi cikal bakal pariwisata Jawa Timur_Selecta kini telah mengembangkan diri menjadi sebuah taman rekreasi dengan fasilitas yang cukup lengkap tanpa mengurangi nilai sejarah dan keasriannya.

Sekarang, Selecta tidak hanya mempunyai kolam renang dengan air pegunungan yang segar dan jernih. Tetapi juga dilengkapi taman bunga yang Luas dan indah serta taman bermain anak dengan segala

fasilitas bermain untuk anak, termasuk becak mini dan mobil mini. Kolam perahu dengan fasilitas perahu kano dan sepeda air, arena jogging seluas 6 hektar dan arena untuk berkuda serta tempat out bond yang ideal.

Bahkan, kini sebuah wahana baru telah dibuat di tempat rekreasi yang pernah disinggahi oleh Bung Karno dan Bung Hatta pada masa itu revolusi fisik ini Bila selama ini kolam renang biasa menjadi andalannya, kini telah ada wahana Water Park. Kalau kolam renang yang sebelumnya telah ada tingkat kedalamannya mencapai 1,5 meter sampai 3 meter,maka Water Park ini kedalamannya hanya sekitar 1,1 meter.

Keberadaan Water Park ini diharapkan bisa memuaskan pengunjung keluarga terutama yang datang bersama anak-anak. Bermain perosotan air di Water Park ini tanpa dipungut biaya, alias sudah include dengan tiket masuk yang hanya sebesar Rp 10 ribu. sementara wahana bermain yang sudah ada Lainnya seperti, taman bunga, aquarium ikan raksasa, kolam kano, flying fox, goa singa, indoor play ground, kuda keliling hingga kereta kuda juga tetap menjadi salah satu daya tarik tersendiri. Sebagian besar wahana itu gratis alias tanpa dipungut biaya lagi. Hanya yang seperti kolam kano, kuda keliling, flying fox yang dikenai biaya sebesar Rp 15 ribu sekali main.

Untuk makanan, juga terdapat makanan khas tionghoa dan makanan Indonesia yang ada direstoran didalam Selecta ini. Sementara untuk penginapan, juga disediakan dengan kapasitas 60 kamar. Harga per kamarnya muLai dan Rp 350 ribu sampai Rp 400 ribu per malam. Selain penginapan juga ada 2 buah viLa yang bisa disewa oleh pengunjung. Harga sebuah villa antara Rp 1 juta hingga Rp 2 juta per hari. Jadi tidak Lengkap rasanya bila kita datang ke Kota Wisata Batu kalau belum menginjakkan kaki di taman rekreasi Selecta.(Tim) 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: PANDERMAN, triwulan/IV, tahun 2009, hlm. 16

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Selecta, Kota Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s