Pantai Batu, Surabaya

Kembangkan Potensi Wisata Pantai Batu 

Potensi wiSata Pantai Batu Kenjeran belum disentuh. Salah satunya perahu wisata.Perahu wisata tersebut bisa menjadi salah satu unggulan. Apalagi, Pantai Batu Ken­jeran merupakan satu-satunya wisata laut di Surabaya.

Menurut pantauan Jawa Pos, kemarin (16/6) cukup banyak orang yang menunggu untuk menaiki perahu wisata. Dari atas perahu, pengunjung bisa menikmati pemandangan pantai atau panorama elok Jembatan Suramadu.

“Pilihan wisata yang murah ya naik pe­rahu sampai ke tengah dan menikmati pemandangan yang tidak biasa,” ujar Ainul Khafi, salah seorang pengunjung.

Sayang, hingga kini perahu wisata terse­but belum disentuh pemkot. “Bantuan apa, ya? Tidak pernah,” ujar Rukiman, nelayan pantai batu, saat ditanya soal bantuan Pem­kot Surabaya.

Menurut dia, sudah beberapa tahun ini dirinya menekuni kerja sampingan mengantar pengunjung untuk menikmati pemandangan dari tengah laut. “Tapi, kami hanya berope- rasi pada Sabtu dan Minggu,” tutumya.

Dia berharap, ada upaya dari pemkot untuk lebih meramaikan pantai batu. “Kalau ramai, pasti dampakny a baik bagi nelayan,” ujarnya. Sementara itu, Ketua Komisi D DPRD Surabaya Baktiono mengatakan, memang belum ada perubahan pada sarana dan prasarana di Pantai Batu Kenjeran.

“Dinas kebudayaan dan pariwisata (disbudpar) jangan terjebak rutinitas lah” ujarnya. Menurut dia, pengembangan wisata Pan­tai Kenjeran bisa mendatangkan investor. Misalnya, dengan menambah berbagai objek wisata, seperti perahu, ski air, dan area voli pantai.

 

Sebenarnya, lanjutdia, sangat disayangkan jika wisata Pantai Batu Kenjeran dibiarkan tanpa polesan pemerintah. Sebab, pantai tersebut merupakan satu-satunya di Sura­baya. “Jika pantainya dibangun dengan bagus, tentu warga Surabaya tidak akan ke luar kota bila ingin ke pantai,” jelasnya.

Kabid Sarana dan Prasarana Bappeko Surabaya AA Gde Dwijaja Wardhana mengungkapkan, pemkot berencana membangun jalur pedestrian Pantai Batu Kenjeran. Juga, sejumlah fasilitas lain, seperti jogging track dan peralatan olahraga. “Kami terus berupaya,” jelasnya. (idr/c7/ib)

Jawa Pos • Senin 17 Juni 2013. Hlm 34

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pantai Batu, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s