Telor Asin RUTH, Kabupaten Nganjuk

 

Telor Asin RUTH, Kabupaten Nganjuk  Rasa Unggul Terjangkau Harganya

telur-asin-2Anda penyuka telor asin ? Dengan mudah telor asin ditemukan di warung atau depot makanan dan toko roti. Biasanya telor asin ini ada yang berasal dari Nganjuk sendiri dan dari luar kota seperti Kediri. Tapi mungkin Anda tidak mengira bila pengusaha telor asin asli Nganjuk ini sudah berhasil merambah hampir di seluruh Kota Nganjuk. Padahal ia belumlah lama mencoba terjun ke bisnis ini. Bagaimana ia mengasah insting bisnisnya hingga berhasil mendominasi pasar telor asin di Kota Nganjuk ? Telor asin buatan Pak Sushariyoyudho alias Pak Yoshi ini memang khas. Dengan resep spesial dan khas pula, telor asinnya sangat digemari para pelanggannya.

telur-asin-1Rasanya yang khas dan tidak berubah menjadi jaminan bagi pelanggannya. Untuk mendapatkan telor bebek sebagai bahan baku telur asin, Pak Yoshi juga harus bekerja ekstra keras. Semua wilayah Nganjuk dari utara, selatan, barat dan timur yang menjadi sentra peternakan telor bebek sudah dijelajahinya. Hasilnya, beberapa peternak dengan kapastitas produksi yang besar menjadi rekan kerjanya.” Tak tanggung-tanggung, ke mana pun saya cari agar usaha ini tetap berjalan tuturnya dengan semangat. Dengan modal sepeda motor tahun ’90an ia membawa telor bebek mentah dari peternak yang diletakkan dalam obrogan. Keadaan tersebut masih lebih baik dibanding dengan awal masa ia memulai usaha itu. Dulunya ia dan istrinya harus membonceng telor asin hingga kerepotan.

Sebenarnya baru sekitar dua tahun Pak Yoshi dan istrinya memulai bisnis telor asin. Dulu ia pernah bergelut di bisnis garam dapur selama lebih dari sepuluh tahun. Namun karena semakin lama bisnis garam dapur kurang bisa berkembang, hingga akhirnya ia memutuskan untuk menggeluti telor asin. Bidang yang sebenarnya masih tak jauh dari yang asin-asin. Didukung istrinya, Lasminah, ia pun dengan mantap berbisnis telor asin.

Hubungan baik yang terjalin dengan pelanggan lama saat berbisnis garam dapur dulu, ditambah kawan-kawannya yang banyak tersebar di Nganjuk, membuat telor asin RUTH buatan Pak Yoshi mudah masuk di pasaran. Tak heran dengan cepat nama telor asin RUTH menjadi populer di depot dan toko di Nganjuk.  Di kalangan pelanggan pun, telor asin ini juga mendapat tempat tersendiri. Masyarakat umum termasuk pegawai Pemda juga sering / menikmati telor asin RUTH. Apalagi dengan harga yang cukup murah dan rasanya yang memang nikmat dan khas. “Asinnya cukup dan masir. Kuning telomya itu yang saya paling saya sukai. Karena bagi saya, susah cari telor asin yang rasanya pas. Keluarga saya juga cocok dengan rasanya “, terang
Bayu yang sudah jadi pelanggan lama produk telor asin ini.

Para pelanggan memang menyukai telor asin ini. Warnanya yang asli kehijauan dengan permukaan yang

bersih membuat tampilan telor asin Pak Yoshi mudah dikenal. Kebersihan dan kesempurnaan telor asin inilah yang selalu dijaga Pak Yoshi. Untuk membuat telor asin Pak Yoshi cukup membersihkan telor bebek hingga benar-benar bersih. Baru kemudian diasinkan adonan khusus. Pak Yoshi mengasin telor bebek ini dengan cara tradisional. Benar-benar tradisional. Setelah diasinkan selama beberapa hari, telor asin dibersihkan lagi dan dikukus dalam dandang besar. Keasinan telor selain bergantung pada adonan juga dipengaruhi cuaca. Bila sedang musim hujan, telor akan lebih cepat asin karena hawa lembab yang di sekitarnya. Sebaliknya bila musim kemarau, telor pun akan lebih lama asin beberapa hari. Normalnya hanya tujuh hari diasinkan.

Tapi, kenapa dinamai RUTH ? ” Sebenarnya itu adalah singkatan. Biar orang gampang kenal dan mengingatnya “, jelas Pak Yoshi di rumahnya. RUTH sebenarnya singkatan dari Rasa Unggul Terjangkau Harganya. Memang demikianlah fakta yang ada. Rasanya memang unggul.

Harganya juga murah dan sangat terjangkau.Hanya Rp. 1.200 saja per butirnya. Khusus telor asin yang super besar dijual Rp. 1.300 per butirnya. Hingga kini, rumah Pak Yoshi menjadi” pabrik utama ” produksi telor asin ini yakni di Jl. Merdeka II No. 3 Kota Nganjuk Telp. 323636. Atau hanya seratus meter sebelah selatan dari kantor Pemkab Nganjuk. Selain unggul dalam soal rasa dan harga, telor asin Pak Yoshi juga unggul dalam ketahanan.” Bisa tahan lebih dari seminggu. Cukup disimpan di suhu kamar”, imbuhnya. Tapi biasanya masyarakat lebih cenderung menyimpan di lemari es atau dipanaskan lagi.” Bisa saja, tapi mungkin rasanya akan berubah jawabnya menanggapi kebiasaan masyarakat.

Tak hanya itu, Pak Yoshi juga memberikan pelayanan prima kepada para pelanggannya.” Khusus untuk dalam kota dan sekitarnya, pesanan telor asin langsung saya kirim sendiri”, tegasnya. Pengiriman langsung ini memang sudah menjadi kebiasaan Pak Yoshi dalam melayani pelanggan. Pasar yang sudah dikuasai Pak Yoshi juga tak tanggung- tanggung. Mulai dari kelas besar seperti pesanan rutin dari Rumah Sakit Daerah Nganjuk dan beberapa rumah sakit lainnya. Depot makanan seperti nasi pecel, soto, rawon dan toko-toko di Kota Nganjuk menjadi pelanggan tetap setianya. Bahkan usaha katering pun ikut menjadi pelanggan potensial yang tak pernah berpaling.  (doni)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Derap Anjuk Ladang, Edisi 188, 2008, hlm 13-14

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Telor Asin RUTH, Kabupaten Nganjuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s