Taman Prestasi, Surabaya

Taman Kalimas Surabaya (Taman Prestasi)

Arsip

Kalimas Surabaya yang kondang itu kin! sudah berbenah apik. Berbagai jenis pohan lumbuh subur. Ada sawo kecik, mahani, sawo gunung, lamtoro gung, gayam, trembesi, wimbo, mindi, salam, akasia, waru rangkang, kakau, ketapang, sengon laut. balsa sungkai, glodokan liang, kruing, simpur, merawan dan tanjung, menjadikan taman Kalimas semakin sejuk dan rindang.

Dari waktu ke waktu koleksi fauna di taman ini terus bertambah. Awalnya hanya 12 jenis tanaman lokal, kini saletah menginjak tiga tahun, berkembang menjadi lebih dari 23 janis tanaman.

Arsip..Taman Kalimas merupakan sebuah taman perkotaan yang nyaman. Pengunjung bisa bersantai di bawah pohon pinus dan anyelir sambit memandang Kalimas yang airnya mengalir ke selal Madura. Setiap hari khususnya pada hari libur, banyak dikunjungi warga kota, anak-anak dan remaja serta orangtua. Jumlah pengunjung pada hari libur bisa mencapai lebih dari 2000 orang/hari. •

Taman ini membentang sepanjang Kalimas mulai dan JI Yos Sudarso hingga Jl Gentengkali. Dulu tepi Kalimas ini terlihat gersang, kumuh dan panas. Namun sekarang berubah menjadi rimbun berhias tanaman bunga hias seperti mawar, melalui dan anyelir. Elok dipandang.

Kota Surabaya kini merupakan mempunyai program tamanisasi perkotaan. Taman kota juga dikembangkan sebagai lempat rekreasi, tempat warga kota berinteraksi sambil menikmati indahnya taman.

Paling Diminati

Alhasil kini kota Surabaya semakin cantik dan memiliki banyak paru-paru kota. Sebut saja Taman Bungkul, kebun bibit, taman bundaran Dolog, taman rolak Jagir dan taman Surya di depan kantor Walikota Surabaya.

Taman Kalimas paling diminai karena ada wisata airnya sementara bagi anak-anak Arsip.disediakan aneka sarana bermain. Juga panggung hiburan pada hari Minggu atau hari libur. Di sekitar taman ada kuda tunggang dan mobil keliling taman dengan biaya Rp 3.000.

Dinas Pariwisala Kota Surabaya telah menyediakan perahu menyusuri Kalimas dengan biaya Rp 2.000/orang. Pengunjung bisa melihat-lihat keindahan sekitar Kalimas mulai dan belakang Gedung Grahadi hingga di sebelah Monumen kapal selam (Monkasel) Delta Plaza.

Seperti dikatakan Kepala Unit Pelayanan Teknis (UPT) Taman Prestasi Dinas Kebersihan dan Taman Kota Surabaya, Ir Susilo, dibangunnya taman ini di samping untuk mempercantik kota, juga sebagai tempat rekreasi keluarga yang murah karena pengunjung tidak dipungut biaya.

Tempat rekreasi ini juga dilengkapi sarana olahraga, tempat out bound, dan ruang diskusi. Sabtu, Minggu dan hari libur nasional, pengunjung dapat memanfaatkan perpustakaan keliling. Pengunjung dapat datang pada sore hjngga malam karena sudah dipasang lampu untuk memperindah taman. Selain itu, kebanyakan pengunjung di lokasi dijaga petugas Linmas dan Satpol PP.

Ia berharap warga turut menjaga kelestarian dan kebersihannya karena taman ini dibangun menggunakan dana APBD. “Artinya menggunakan uang rakyat. Jangan ada tangan jahil yang merusak keindahan taman ini,” imbaunya.

Satuan Tugas Taman Prestasi atau Taman Kalimas Surabaya, Nettie, bagi warga Kota Surabaya, taman ini sudah lidak asing lagi, tetapi masyarakat luar Surabaya belum banyak yang mengenal.

la berharap jika liburan ) ajaklah keluarga ke taman.”Rugi bila berkunjung ke Kota Surabaya lidak singgah dan melihat taman kota ,” ujarnya.

Taman ini letaknya sangat stralegis di pusat lbu Kota Jatim yakni di belakang Gedung Negara Grahadi JI Ketabang Kali Surabaya. Taman ini posisinya membentang di sepanjang tepi kalimas dekal dengan pusat pertokoan Surabaya Della Plaza, Kantor Walikola dan pertokoan T unjungan Plaza.

Jika ditempuh dengan angkutan bus kota dari Terminal Purabaya cukup mengeluarkan Rp 3.000/orang. Kalau nailk angkatan Lyn jurusan Jembatan Merah Plaza terminal Bratang turunnya di Taman Surya ongkosnya Rp. 3.000,-.

Taman Kalimas mulai dibangun 2006 dan diresmikan Walikota Bambang DH. Sedangkan pengelolaannya oleh Dinas Pariwisata Kota Surabaya te tapi setelah 2008 hingga sekarang diserahkan kepada Dinas Kebersihan dan Taman kota Surabaya.

Monumen

Pengujung juga bisa melihar monumen Pesawat bomber B 26 Intruder lengkap deogan peluru kendali dan bomnya. Pesawat bomber buatan Amerika Serikat tahun 1950 ini masuk jajaran TNI AU mulai 1950 sampai dengan 1977 di Skwadron Udara I.

Pesawat bomber ini pada 1950 pernah digunakan TNI AU pada operasi penumpasan DI/TII di Jawa Barat. Pada 1960 digunakan operasi Trikora pembebasan Irian Barat. 1968 operasi Trikora di Blitar Selatan dan pada 1977 digunakan operasi Timor Timur.

“Monumen ini bisa menambah ilmu tentang sejarah perjuangan bangsa Indonesia karena jasa-jasanya da1am Operasi-Operasi mempertahankan Negara Kesatuan Republik Indoneia, tuturnya.(Sunaryo/S)

 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: POTENSI JAWATIMUR, EDISI 2, TAHUN IX/2009

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Taman Prestasi, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s