Riwayat Singkat Museum Tirtoyoso dan Erlangga, Kota Kediri

Untuk lebih mengenal dan memahami masalah Museum Daerah di Tingkat II Jatim, kali ini Redaksi menurunkan Museum Airlangga Kodya Kediri

Berdirinya Museum Tirtoyoso
Melalui pendekatan informal maupun fomal sejak 27 Pebruari 1979, maka dapat ditelusuri riwayat keberadaan benda-benda peninggalan purbakala di lokasi Taman Hiburan Tirtoyoso. Keterangan dari Walikotamadya dan para pensiunan Walikotamadya bescrta beberapa pelaku dan pelaksana sangat berharga untuk menyusun riwayat Museum Tirtoyoso.

Bermula dengan dibongkarnya paseban di Alun-alun Kotamadya Kediri, maka tempat penampungan benda-benda archeologis beserta isinya pada tahun 1951 diboyong dari Alun-alun ke Kuwak, lokasi pemandian sumber alami di tengah kota. Dibangunlah gedung persegi delapan dcngan lantai bertingkat, beratap limas. Fungsi gedung tersebut sebagai gedung penyelamat dan pengaman benda-benda archeologi.

Sebagian besar benda-benda peninggalan purbakala tersebut dimasukkan di dalam gedung. Yang lain ditempatkan berpencar-pencar sebagai hiasan Taman Hiburan Tirtoyoso (sumber air yang dibudidayakan). Kasi Kebudayaan berpendapat potensi di Tirtoyoso dapat upayakan pengembangannya. Maka berbagai cara ditempuh untuk mengundang pihak agar dapat membantu berdirinya Museum Daerah.

Bapak Walikotamadya tanggap dan mendukung fasilitas untuk kelancaran proses pendirian Museum. Terbitlah Surat Keputusan Walikotamadya Kcpala Daerah Tingkat II Kediri tanggal 30 Agustus 1982 Nomer 188.45/119A/441-12/1982 tentang pengukuhan Museum Daerah dengan Nama Museum Tirtoyoso (sesuai dengan lokasi tempat museum). Dalam Surat Keputusan tersebut dijabarkan Museum Tirtoyoso berstatus milik Pemerintah Daerah, dengan scgala konsekwensinya. Sedang pengelolaan tehnis diserahkan kepada Kandep Dikbud Kotamadya Kediri cq Seksi Kebudayaan.

Pada saat itu hanya ada gedung yang sudah sangat rusak parah. Dengan status yang jelas tersebut, maka dapat digunakan sebagai alasan yang kuat untuk mengundang partisipasi berbagai pihak.
1. Lewat bidang Muskala KanWil DepDikBud Propinsi Jawa Timur dapat diserap dana:
a)  Anggaran Rutin KanWil DepDikBud Propinsi Jawa Timur untuk biaya perawatan koleksi.
b)  APBD Tingkat I Jawa Timur untuk rehabilitasi gedung yang rusak parah.
c)  APBN dengan Proyek Pcngembangan Museum Jatim.

  • Pengurangan rawa sebelah selatan gedung.
  • Penambahan gedung ke 2, ke 3 dan ke 4.
  • Rehabilitasi total gcdung induk.
  • Pengadaan koleksi.
  • Pengadaan Juru Pemelihara

2. Suaka Pcninggalan Sejarah dan Purbakala untuk pcnyambungan arca-arca yang putus, pengangkatan dari luar lokasi ke dalam museum.
3. Masyarakat memberikan tambahan koleksi dengan suka rela atau sekedar imbalan jasa.
4. Pemda Kodya Kediri membuat fondasi pagar keliling museum.
5. Menerima kesempatan untuk menyelenggarakan Pameran Keliling museum dari APBN pada tahun Desember 1981 dan Desember 1988.

Bila dihitung secara garis besar selama tahun 1980 s/d 1990 dana dari berbagai pihak yang dapat diserap baik untuk pengembangan fisik maupun non fisik tidak kurang dari 110 juta rupiah sejak tahun 1984/1985 Museum Tirtoyoso telah mampu menyusun program dari Museum khusus menjadi Museum umum. Luas areal lebih kurang 2250 m2 memungkinkan pengembangan museum. Tersusunlah Rencana Induk Pengembangan Museum Tirtoyoso.

Berdirinya Museum Airlangga
Sesuai dengan perkembangan masyarakat, mcmang semua pihak harus dapat menyesuaikan diri. Bcrdasarkan RIK no. 211982 obyek pariwisata dikembangkan ke arah Barat Sungai Brantas. Didahului dengan peninjauan lapangan oleh pihak-pihak yang berkait secara terpadu dan melalui rapat terpadu, antara Pemda Tk. II Kodya Kediri, DepDikBud Kodya Kediri, Perhutani, Polresta 1041 dan PT Surya Wisata diputuskan lokasi baru yang akan digunakan membangun Museum adalah di kawasan Gunung Klotok, dekat Goa Selomangleng di Dukuh Boro Desa Pojok, Kecamatan Mojoroto, Kodya Kediri dengan luas areal 6670 m2. Museum baru diberi nama Museum Airlangga Kotamadya Kediri. Yang diresmikan bulan Januari 1992. Dimulailah pemindahan Museum Tirtoyoso ke Museum Airlangga sejak tanggal 20 Nopember 1991 sampai dengan 31 Desember 1991, dengan sekaligus penataannya, oleh sebuah Tim Pemindahan Museum atas kerja sama antara Pemda Tk. II Kodya Kediri, KaKanWil DepDikBud Propinsi Jatim beserta UPT nya, PT Surya Wisata dan Instansi lain yang terkait.

Tentu saja sebagaimana dimaklumi, lembaga baru stok lama ini masih banyak yang harus dibenahi. Antara lain:

  • Mengawali pemasaran di tempat baru
  • Membenahi administrasi Museum
  • Penyempumaan Status Museum
  • Pertanggungjawaban kepada Pejabat dan instansi yang berwenang.

Pada hakekatnya segala sesuatu yang diawali dengan baik akan membuahkan hasil yang baik. Kemungkinan pengcmbangan Museum Airlangga sangat luas. Terganlung kepada kita semua termasuk masya rakat Kotamadya Kediri, bagaimana kiprah kita, dapal diibaratkan bagaimana kiprah kita dalam menyongsong bola yang bergulir dihadapan kita. Kita wajib mengupayakan titik terang di hadapan kita dapat menjadi sinar terang yang memancari suasana lebih layak ke Museum Airlangga.

Namun dalam keterbatasan, waktu yang tersedia, Museum Airlangga ingin tampil sebaik mungkin dalam kesederhanaan tanpa mengurangi fungsinya sebagaimana layaknya sebuah Museum, memerlukan koleksi sejauh itu dapat dijangkau.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MIMBAR JATIM

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Riwayat Singkat Museum Tirtoyoso dan Erlangga, Kota Kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s