Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya), Surabaya

Tak kalah dengan New York yang memiliki kebanggaan Patung Liberty, Surabaya punya Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya) sebagai ikon kebanggaan.

Sosok perwira menengah berpangkat kolonel, berpakaian lengkap (tenue PDU-I) menatap ke arah laut mewakili generasi bahari yang akrab di sanubari masyarakat Surabaya. Monumen dengan ketinggian 31 meter, berdiri di atas bangunan setinggi 29 meter itu bukan hanya tetenger TNl AL semata. Patung itu juga berfungsi sebagai mercusuar pemandu bagi kapal-kapal yang melintas di laut sekitarnya.

Monjaya dibangun sejak 1990 dengan biaya Rp 27 milyar. Patung inipun disebut-sebut tertinggi kedua di dunia setelah Patung Liberty yang berada di mulut pelabuhan New York, dengan ketinggian 85 meter. Monumen sang kolonel itu berangka baja dan berkulit tembaga, dirancang oleh pematung kenamaan asal Bandung, Nyoman Nuarta. Dibanding dengan kepala Patung Liberty, Monjaya hanya 6 meter lebih pendek.Tapi karena tangan Liberty itu terangkat, rekornya menjadi jauh lebih besar. Andai saja tangan sang kolonel terangkat, apalagi pedangnya diacungkan ke atas, rekor Liberty bisa tumbang.

Monumen ini diresmikan bertepatan dengan Hari Armada RI, 5 Desember 1996 oleh  oeharto. Tanpa mengecilkan peristiwa- peristiwa bersejarah yang terjadi di Sibolga, Tegal, Pasuruan, Bali atau di manapun di Tanah Air Indonesia ini, sejarah Ujung sebagai bagian dari wilayah Kota Pahlawan Surabaya memang tak bisa dipisahkan dari sejarah TNI AL, ya itu terjadinya peristiwa perebutan KaigunSE 21/24 Butai pada 3 Oktober 1945.

Dalam peristiwa sejarah TNI AL berikutnya,        kawasan Ujung berperan sangat penting sebagai Pangkalan Utama kapal -kapal perang TNI AL terbesar  sampai sekarang, Pendirian monumen yang digagas Laksamana TNI Muhammad Arifin, Kepala Staf TNI Angkatan Laut pada waktu itu,  diharapkan dapat menambah semaraknya Ujung Surabaya, yang berarti ikut menambah indahnya Surabaya sebagai kota Pahlawan  dengan sang kolonel sebagai ikon kebanggaannya.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Surabaya City Gude, Juli 2012

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Monumen Jalesveva Jayamahe (Monjaya), Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s