Festival Layang-layang, Surabaya

Festival Layang-layang Jadi Destinasi Baru di Surabaya

layang-layang001MESKIPUN cuaca di Surabaya sangat panas, namun hal itu tak mengurungkan niat warga Surabaya untuk menyaksikan Festival Layang-Layang yang digelar Pemerintah Kota Surabaya dan Persatuan Layang-Layang Surabaya (Perlabaya), Minggu (9/ 9) di Ken Park Kenjeran.

Sebanyak 54 orang dari 19 komunitas pecinta layang-layang dari berbagai kota di Pulau Jawa, ikut ambil bagian dalam festival tersebut. Festival yang ke 15 kali digelar ini diharapkan dapat menjadi salah satu destinasi wisata di Kota Pahlawan.

Walikota Surabaya, Tri Rismaharini saat membuka even tahunan tersebut mengatakan,, menerbangkan layang-layang mengingatkan ke era anak-anak. Rasanya sungguh mengasikkan bisa menerbangkan layang-layang hingga tinggi. “Saya yakin, jika dikelola dengan baik dan profesional, festival ini dapat menjadi destinasi baru di Surabaya dan dapat menarik kunjungan wisatawan,” ungkapnya.

layang-layang002Apresiasi masyarakat Surabaya berbondong bondong mengajak keluarga menyaksikan festival layang-layang. “Kita harus yakin dengan apa yang kita kerjakan. Dan kita harus yakin jika festival layang-layang yang kita gelar juga dapat menarik banyak wisatawan. Kita bisa lihat, banyak warga Surabaya yang sengaja datang bersama keluarga untuk melihat layang-layang. Banyak pula yang ingin ikut bermain layang-layang,” jelasnya.

Mantan Kepala Bappeko Surabaya ini menyarakan kepada panitia agar di tahun-tahun mendatang untuk menggelar acara serupa di dekat pantai, dengan tujuan agar para peserta mendapatkan cukup angin supaya lebih mudah menerbangkan layang-layang. “Kalau di dekat pantai kan anginnya juga bagus. Saya sudah menyampaikan kepada Disparta untuk mencari lokasi baru.

Selain itu, Kepala Disbudpar Kota Surabaya, Wiwiek Widayati juga menegaskan bahwa festival ini digelar untuk meningkatkan apresiasi masyarakat tentang budaya, khusus nya layang-layang. Serta, memberi hiburan yang berkualitas kepada masyarakat.

“Yang lebih penting, festival ini juga untuk menunjang pariwisata di Surabaya karena memang ini salah satu potensi untuk mengatrol wisata di Surabaya,” tegasnya, «aji

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Kirana, EDISI 73 TAHUN VII/OKTOBER 2012, hlm 17

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Festival Layang-layang, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s