Bothok Telor Asin RUTH, Kabupaten Nganjuk

Bothok Telor Asin RUTH Rasa Unggul Terjangkau Harganya.

botok-telur-asinBerawal dari kesuksesan Sushariyoyudho alias Pak Yoshi dalam usahanya membuat Telor Asin  Namun kesuksesan usaha telor asin tak membuat pasangan muda ini terlena dalam keuntungan yang diraihnya. Istrinya, Lasminah,  justru  mengembangkan usaha dengan meramu bumbu istimewa. Dari bumbu istimewa inilah, telor bebek yang sudah diasinkan menjadi bothok. Bothok telor asiri memang jarang ditemui di warung- warung. “, Makanya saya mencoba untuk membuatnya”, terang Lasminah. Bahan baku telor asin yang sudah didapat tinggal diramu saja.

telur-asin-1Selain nikmat disantap, bothok telor asin buatan Lasminah. juga murah harganya. Hanya Rp. 1.500 saja. Murah, bukan ! Bothok telor asin sangat cocok disantap di kaia makan siang atau makan malam sebagai teman sayur. Cocok juga buat sarapan. Namun Lasminah hanya membuatnya saat pesanan datang.” Jadi bothoknya selalu segar dan baru “, aku Lasminah. Kini bothok telor asin juga merambah warung dan depot makanan di Kota Nganjuk. Tak hanya usaha di bidang telor asin, Lasminah ternyata juga bisa membuat kopi bubuk. Biji kopi unggul yang dibelinya di toko, kemudian digoreng dan diselep olehnya menjadi kopi bubuk bermutu dan bararoma unggul pula. ” Kadang ada yang ingin ditambahi jahe, ya, saya tambahi jahe “, ungkapnya. Rasa yangtercium saat sudah menjadi secangkir kopi juga berbeda dengan kopi yang biasa diminum di warung.” Pokoknya, joss…!”, imbuh Pak Yoshi sembari menyeruput kopi yang dimaksud. Harganya pun juga tak terlalu mahal. Hanya Rp. 50.000 ribu sekilonya. Masih lebih rendah dibanding kopi di warung kopi.

Makanya usaha telor asin dan bothok telor asin ini memang menjadi produksi utama keluarga Pak Yoshi. Dengan penuh semangat dan tak kenal menyerah, Pak Yoshi dan Lasminah tetap menjaga kualitas kedua produk andalan mereka. Hasilnya, mereka bisa menyekolahkan kedua anak mereka, Ika, 18, dan Feti, 12. Tak disangka bukan ? Bila di tengah kota Nganjuk ini ada usaha yang potensial menjadi produksi andalan Kabupaten Nganjuk. Seperti halnya Brebes dengan telor asinnya yang sudah punya nama di kancah nasional. Siapa tahu telor aisn dan bothok telor asin bisa menjadi ikon kota Angin ini. (doni)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Derap Anjuk Ladang, Edisi 188, 2008, hlm 13-14

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Bothok Telor Asin RUTH, Kabupaten Nganjuk

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s