Wisata Bhakti Alam, Kabupaten Pasuruan

Petik Durian di Wisata Bhakti Alam

Jika pembaca pencinta buah durian (duren), atau ingin mencoba memetik durian untuk dinikmati bersama-sama, tidak salah jika mengunjungi Agrowisata Bhakti Alam di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur (Nong kojajar), Kabupaten Pasuruan, JawaTimur.

Arsip bhakti-alam 0Di tempat luas ini sedang dikembangkan dan dibudidayakan berbagai macam tanaman buah yang tentunya, akan berbuah sesuai musimnya. Semisal pada bulan Februari sampai Maret ini sedang buming- bumingnya durian. Pada bulan yang lain banyak apel dan sebagainya.

Durian menjadi andalan Wisata Bhakti Alam, dan dijadikan ikon tempat wisata ini. Pengunjung bisa memilih dan memitik sendiri durian yang masih bergantungan di pohon, dan makan semaunya asal tidak dibawa pergi-tentu saja harganya sudah masuk dalam paket kunjungan.

Arsip bhakti-alam 1Wisata Bahkti Alam berada di kawasan pegunungan yang sejuk. Jalan menuju ke sana mulus, meski agak sempit; tapi juga tidak begitu ramai. Desa ini juga dikenal sebagai sentra susu sapi.

Begitu tiba di lokasi, para petugas siap memandu, memberikan informasi tentang apa saja yang bisa dinikmati di sana: Mau jalan-jalan keliling lokasi yang asri menikmati keindahan taman bunga, atau langsung berbagai macam durian yang siap dipetik.

Arsip bhakti-alam 2Aneka macam bunga yang ditanam di sepanjang jalan masuk, serta jalan yang berliku-liku di lingkungan kebun. Semua ruas jalan dan tanah kosong ditanami bunga aneka wama serta aneka macam jenis dari berbagai Negara.

Wisata Bhakh Alam dibangun dengan . konsep integrated farm, berdiri di atas lahan sekitar 60 hektar, yang dibangun secara bertahap selama hampir 9 tahun. Sekarang semua tanaman di sana sudah tumbuh subur, termasuk beberapa tanaman langka tetap dipertahankan.

Arsip bhakti-alam 4Di lingkungan yang berada di keheningan yang cukup sejuk, tanaman tumbuh subur. Di temp at ini terdapat 20 spesies dan 70 koleksi spesies tanaman, termasuk di dalamnya tanaman langka Indonesia seperh Buni, Gowok, Kepundung dan Mundu. Bahkan juga ada spesies dari luar negeri seperti White Sapo the, Balck Sapo the (keluarga sawo-sawoan yang berasal dari California).

Arsip bhakti-alam 5Sebagai integrated farm, pihak pengelola Juga mengembangkan lahan pembibitan tanaman serta pengelolahan hasil tanaman. Seperti kripik dari berbagai buah-buahan serta minuman hasil kebun seperti jus jeruk, alpukat, melon dan jambu untuk yang bisa dinikmati pengunjung sebagai tester.

Durian Ngebal cukup dikenal. Jika anda melakukan perjalanan Surabaya-Malang, di sepanjang jalan antara Pandaan sampai Lawang bisa ditemukan pedagang durian. Di Agrowisata Bhakti Alam terdapat sekitar 3.600 pohon durian terdiri dari 20 varitas loka!, Thailand (yang dikenal der:gan mian Bangkok), Malaysia maupun dan negara tetangga lainnya.

Arsip bhakti-alam 6“Bahkan kami mempunyai varietas durian bam dari Thailand yaitu Durian Musangking,” ujar pemandu di sana. Durian ini dalam satu tahun bisa dipanen sampai tiga kali.

Berbagai macam durian memang dijajakan di jalanan, yang rasanya berbeda-beda. Durian Bangkok pun ada yang “anyep”, yang sama hanya dagingnya yang tebal dan bijinya kecil.

Ciri-ciri durian Bangkok yang lezat, diketahui dari persentase daging buahnya yang banyak dan dapat dimakan sarnpai di atas 30%. Sedang durian dari Malaysia (yang juga tarnpak seperti durian Bangkok) hanya sekitar 20% , sementara durian lokal berkisar 5-10%-karena biji (betonnya) saja yang besar.

Tanaman buah lainnya yang dikeembangkan di taman ini di antaranya kelengkeng yang jumlahnya mencapai 1000 pohon, serta jambu air jumlahnya sekitar 500 pohon. Nah anda yang tidak suka makan durian dan suka pusing karena baunya yang menyengat, bisa menikmati kelengkeng atau buah lainnya-itupun kalau sedang musim lho.

Keliling Bhakti Alam
Arsip bhakti-alam 3Ketika mengunjungi tempat wisata yang luas ini, pengunjung langsung membeli tiket masuk di counter pembelian yang dibangun lumayan artistik. Tempatnya semacam loby terbuka, dilengkapi toilet yang cukup bersih dan bagus.

Setelah itu, pengunjung bisa masuk melintasi jembatan gantung, menuju tempat parkir kereta kelinci didampingi pemandu yang menjelaskan aneka koleksi tanaman yang ada.

Pemandangan dari pintu masuk ‘sudah terkesan indah. Sebab tidak jauh dari jembatan gantung, tampak rumpun bambu dan pepohonan yang hijau menyejukkan.

Berbagai jenis pohon langka yang usianya ratusan tahun, yang sengaja dipindahkan dari tempat asalnya, ditanam di beberapa sudut taman. Juga pohon yang usianya relatif masih muda.

Untuk berkeliling di area kebun yang luas ini dan karena anda tidak bisa hiking, naik turun gunung- pengunjung bisa menggunakan kereta wisata sejenis kereta kelinci. Di area yang tidak begitu jauh, tampak gudang besar sebagai tempat pengolahan susu dan hasil kebun. Di gudang “rumah kaca” ini pengunjung dibawa diajak masuk yang di dalamnya terdapat tanaman Melon Emas.

Melon ini sangat menarik. Jika dilihat tampak segar meskipun masih menempel di pohonnya. Ukurannya tidak terlalu besar, berdiameter 15-20cm saja . Tanaman tidak mengenal musim, bisa berbuah terus menerus sehingga tersedia sepanjang tahun. Kita bisa mencicipi melon ini di tempat yang telah disediakan. Rasanya manis dan segar.

Peternakan Sapi Perah
Nongkojajar, kecamatan tempat Bhakti Alam berdiri, dikenal sebagai sentra industri susu sapi. Anda tidak perlu pergi jauh sampai pe peternak di kampung, cukup di kawasan wisata ini.

Tidak kurang dari 100 ekor sapi perah dipelihara di sini. Semuanya sapi unggul dengan berat rata-rata 700 kg. Hasil dari pemerahan susu sapi, kemudian diolah menjadi susu pasteurisasi. Dalam wisata perah susu, pengunjung akan diajak berkeliling di lahan peternakan sapi perah. Pengunjung akan diajak dan ditunjukkan cara pengolahan susu dari mulai proses pemerahan hingga proses pengolahan menjadi susu pasteurisasi yang siap diminum.

Pengunjung diperbolehkan mencoba memerah susu secara tradisional, pada sapi betina yang siap perah. Hasil dari pengolahan susu yang telah dikemas dalam gelas dalam berbagai rasa tersebut dapat pula dinikmati oleh pengunjung.

Kalau sudah puas, capek dan lapar, di temp at ini aida rumah makan yang siap melayani pengunjung dengan berbagai menu pilihan dan harganyapun sangat terjangkau. Dengan suasana yang “ndesani” semacam warung dengan bangunan kayu terbuka ….. tapi bersih dan higeinis!

Sudah cukup puas keliling dan makan, mau pulang silakan. Jarak antara Surabaya dan Wisata Bhakti Alam hanya kisaran 50 Km. Tapi jika anda ingin menikmati suasana malam di sini, berbaur dengan kesepian dan kesejukan, tersedia

Cottage untuk bermalam bersama keluarga kolega. Cottage tersebut terdiri dari dua kamar tidur, dan ruang tamu serta ruang untuk nonton TV dengan pemandangan yang lepas, sehingga membuat waktu santai anda tidak terganggu oleh hingar bingar kota.

Bagi anda yang ingin melaksanakan kegiatan outing bersama rekan-rekan, anda juga dapat menikmati fasilitas lain yang satu lagi. Ada 4 barak yang masing-masing mampu menampung 55 orang, yang didukung 20 unit kamar mandi, sehingga kegiatan anda bersama rekan-rekan tidak akan terganggu hanya masalah sepele: antri kamar mandi.

Fasilitas Penunjang lainnya yang tersedia di antaranya Camping Ground, Hall, Out Bound, Flying Fox, ATV. Arah untuk menuju Bhakti Alampun tidaklah sulit, bila pengunjung dari Surabaya dan lepas Gempol anda bisa langsung menuju ke arah Purwosari.

Di pertigaan Purwosari arahkan mobil ke kiri, jika lurus kita akan menuju kota Malang. Setelah melewati sekolah kejuruan di kiri jalan, lurus sampai ada pertigaan besar arah untuk menuju ke perkebunan, pengunjung ambil arah belok kanan. Dari sini, jalan besar berubah menjadi lebih sempit dan volume lalu lintas sedikit berkurang serta jalan mulai berkelok dan rasanya makin naik.

Di sepanjang perjalanan, di kiri kanan jalan terlihat hamparan sawah dan di kejauhan tampak gunung. Sementara, di bagian kanan berselang seling bengkel kerja, pabrik kecil dan rumah- rumah penduduk. Kira-kira tiga kilo. meter kemudian baru terlihat tanda-tanda kebun yang kami tuju sudah dekat.

Prasetya, Volume IV, No. 39, Maret 2012, hlm. 30

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

3 Responses to Wisata Bhakti Alam, Kabupaten Pasuruan

  1. Unique says:

    a good post, i like it😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari sumatera barat, silahkan kunjungi kami di minangkabau tours
    Terima kasih..

  2. dzaky says:

    Bismillah, minggu 2 agustus 2015
    kami sekeluarga berkunjung ke agrowisata bakti alam hasilnya sedikit mengecewakan …
    kalau hanya untuk putar2 lihat pohon buah gampang tinggal pergi ke penjual bibit tanaman …beres plus dapat penjelasan gratis lagi..
    kalau mau buah segar / produk olahan susu tinggal ke Hypermart atau carefour.. beres…
    THE POINT IS : NEED MORE INFORMATION WHAT IS THE SPECIAL FROM BAKHTI ALAM
    saya yakin pekerja di bakti alam hebat2 coba di tambahkan informasi online
    jangan hanya jenis buah tapi perkiraan kapan berbuah nya , bulan apa buah apa ….
    kasian yang dari jauh cuma lihat ” HUTAN “…..
    selain membantu dalam perencanaan pengunjung yang ingin merasakan buah segar juga tidak kecewa…
    HAL terakhir TOLONG buang tulisan ” PARKIR GRATIS” jika tidak berfungsi
    karena di pintu keluar baik motor atau Mobil di tarik biaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s