Pasar Khusus di Surabaya

Pasar Burung

Di Surabaya ada dua pasar burung yang sering digunakan sebagai tempat berburu para peminat dan hobiis burung. Pertama di Pasar Burung Bratang (di sisi utara Terminal Bratang), ke dua di Jl. Diponegoro. Selain menyediakan berbagai jenis burung, ayam, bebek, dan angsa, ada pula kelinci, monyet, dan binatang-binatang unik lainnya. Selain itu, tersedia pula berbagai jenis pakan untuk binatang piaraan.

Pasar Jajan Blauran
Aneka jajanan dan makanan khas Surabaya dapat dijumpai di tempat ini. Berada di lantai dasar pasar Blauran, pengunjung dapat menikmati kue putu, klanting, rujak kikil, lontong balap, dan tahu campur. Untuk minuman, ada es campur, es degan, es dawet, dan anek jus.

Pasar Bunga
Di Surabaya Timur, ada Pasar Bunga Bratang (di sisi timur Terminal Bratang, bersebelahan dengan Pasar Burung), lalu di Jl. Kayoon, ada Pasar Bunga Kayoon. Keduanya jadi ajang belanja peminat bunga, mulai dari penghias taman luar rumah hingga dalam rumah. Selain bunga, ada stok pupuk, rabuk, tanah gembur, pot, dan sejenisnya.

Pasar Ikan Hias Jalan Irian Barat
Berada di sepanjang jalan Irian Barat, pasar ikan hias ini menyediakan berbagai macam ikan hias. Mulai buka menjelang sore hari hingga malam, tempat ini menjadi pasar ikan hias terbesar di Surabaya.

Pasar Barang Bekas
Setidaknya ada dua lokasi pasar barang bekas yang perlu Anda datangi. Jika tidak berminat belanja barang bekas, setidaknya bisa melihat aksi tawar menawar yang khas di sana. Seperti di Pasar barang bekas Kapasan atau biasa disebut Pasar Gembong. Selain berbagai barang kuno, di tempat ini juga terdapat berbagai barang elektronik, spare parts kendaraan, sepeda, pakaian bekas layak pakai, dan berbagai barang kuno. Lalu Pasar Barang Bekas Dupak Demak, yang kaya dengan spare parts kendaraan bermotor plus aksesorisnya.

Pasar Unik di Ampel
Menyediakan beraneka makanan, pakaian muslim, souvenir, dan berbagai peralatan ibadah, tempat ini selalu ramai oleh pegunnjung. Pasar yang berada di kawasan masjid Ampel Jl. Ampel Masjid No. 53 ini, menjadi sangat ramai menjelang malam Jum’at Legi. Ingin berbelanja di tempat ini, pengunjung harus pandai tawar-menawar, dan jika beruntung, akan mendapatkan barang dengan harga yang miring.

Pasar Masjid Agung
Pasar dadakan yang berada di sebelah utara Masjid Agung Surabaya ini menyediakan berbagai souvenir, makanan, barang-barang kerajinan, dan pakaian dengan harga miring. Meski hanya buka pada Minggu pagi, tempat ini menjadi salah satu tempat berbelanja yang menarik.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SURABAYA City guide, edisi mei 2006, hlm. 3

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pasar Khusus di Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s