Pasar Bunga Kayoon, Surabaya

pasar-bunga-kayon00

Pasar Bunga Kayoon (PBK) mungkin satu-satunya pasar diSurabayayang selalu berbau harum. Ajang pedagang bunga itu memang selalu dipenuhi bunga-bunga segar. Meski tak harus beli, namun memasuki PBK bias menghilangkan stres. Betapa tidak, berbagai jenis bunga lokal maupun intemasional ada disana

Arsip PB. kayoonMenyimak warna-warni berbagai kuntum bunga yang indah dan harum, memang bisa menjadi “hiburan rokhani” tersendiri . Terlebih di “kepenatan”kotasekelasSurabaya. Maka menjadi tak aneh PBK disil1ggahi banyak orang. Seperti dikatakan Bram (42), paling tidak dalam sebulan dua kali mengunjungi PBK, meski domisilinya di Mojokerto. Berjalan-jalan sambil melihat aneka bunga dalam PBK selama setengah jam saja, bisa membuat pikirannya menjadi tenang, suasana hati menjadi riang.

Lain lagi pendapat Ambar dari kawasan perumahan di kawasan Surabaya Barat. Dia mengaku, meski tidak memiliki jadwal tetap namun paling tidak sebulan sekali menyusuri PBK. “Yah, Cuma santai, sambiI melihat-lihat jenis-jenis anggrek baru ,” kata ibu muda itu.  Cukup beralasan. Pasalnya, di PBK beberapa pedagang anggrek selalu Kalaupun ada pembenahan, hanya di beberapa stan . Itu.pun hanya di bagian depan. Sedangkan di bagian dalam masih menampilkan wajah lama. Jauh dari sentuhan kreatif-inovatif dalam konteks pasar itu berpotensi sebagai daya tarik wisata. Sayang, memang.

Arsip PB. kayoon.Menurut Kepala Unit PBK, Maskan, pasar bunga itu memiliki sekitar 70 stan. Umumnya menjual komoditas bunga potong. Bunga-bunga dari PBK dipasok dari Batu, Ambarawa, danBandung, tetapi banyak di antaranya yang diimport memperbarui koleksinya . Seperti diungkapkan pemilik Makarti Orchid. Dia mendatangkan berbagai jenis anggrek dari berbagai tempat. Salah satu jenis baru adalah Simbidium yang belum bias dikembangkan di sini. Anggrek itu langsung diimport dariAustralia dalam kondisi sudah berbunga. Untuk anggrek jenis-jenis langka itu, dia mematok harga berkisar Rp 400 ribu/ pot, di samping bergantung pada banyak tidaknya batang yang tumbuh.

Selain dimarakkan pengunjung yang hanya ingin ngumbah mata, PBK yang utamanya adalah andalan para pemesan bunga untuk berbagai keperluan. Kalangan perias pengantin tercatat yang paling besar andilnya dalam pemesanan bunga di pasar ini . Berikuitnya sejumlah pemesan untuk berbagai keperluan lain, mulai dari ucapan selamat, acara peresmian, bunga ucapan duka cita. Area edar bunga dari PBK sampai ke luar Jawa, antara lain Kalimantan, Bali, danSulawesi.

Meski demikian, sosok PBK jika di lihat dari luar kurang menarik. Pasalnya, pasar milik Pemkot Surabaya itu terkesan tak tersentuh renovasi. dari sejumlah negara. Walau dia tak bisa mendata omset perputaran uang di PBK, namun retribusi yang dihasilkan pasar itu tiap hari berkisar Rp 600 ribu. Memang, dibandingkan dengan pasar-pasar lain di Surabaya, PBK hanya memberikan pendapatan relatif kecil pada kocek pemerintah kota setempat. “Saya kerasan di sini, karena bisa tiap hari melihat bunga yang indah-indah,” ujar dia.

Maskan mengatakan PBK sebenamya cukup banyak didatangi wisatawan, termasuk wisatawan mancanegara (wisman). Kadangkala mereka dating berombongan. Pernah suatu ketika rombongan wisman yang diangkut 9 unit bus tumplek bleg memadati PBK, mengagumi keindahan aneka bunga. Entah, apa mereka juga mengagumi “keindahan” stan-stan yang jauh dari sentuhan renovasi. hal yang pasti, semua itu kini tinggal kenangan . Pasalnya, menurut Maskan, sejak terjadinya peristiwa bom Bali, tak satu pun wisman singgah di PBK.zain

——————————————————————————————-

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Jatim News, Tabloid Wisata Plus, EDISI 19, 26 September -10  Oktober 2003, Tahun I

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pasar Bunga Kayoon, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s