Pasar Anggrek, Surabaya

Taman Wisata Baru Pasar Anggrek Surabaya

Arsip anggrek.Surabaya punya wisata agro? Itu bukan isapan jempol. Terhitung sejak soft openin 21 Agustus dan grand opening 28 Agustus 2005, Surabaya memiliki ikon wisata baru, Pasar Anggrek Surabaya (PAS). Agrowisata bunga anggrek yang berlokasi di Komplek Sea Master Surabaya, bundaran Tol Satelit, Jl. Mayjen Sungkono, telah dibuka untuk umum sebagai taman wisata keluarga dan pusat anggrek Surabaya.

Masyarakat Surabaya bisa menikmati keindahan bunga anggrek dan bunga hias lainnya di Pasar Anggrek Surabaya, serta aktivitas yang menyertainya. Sebab, di lokasi ini juga terbuka kesempatan jual-beli anggrek di 10 stand yang memajang dagangannya.

“Banyak usaha yang tersedia di Pasar Anggrek Surabaya. Masyarakat pecinta anggrek atau umum, bisa mendapatkan segala kebutuhan tentang anggrek. Mulai pot semprotan, pupuk dan vitamin, hingga peralatan dan perlengkapan budidaya tanaman anggrek,” tukas Ika Satwika, marketing PR PAS.
Arsip anggrek..Selain itu, PAS juga menyediakan tanaman hias, persewaan tanaman, perangkaian bunga delivery service dan jasa-jasa pengepakan, kartu ucapan yang berkaitan dengan bunga anggrek, dan sebagainya. Harga bunga anggrek bervariasi, mulai Rp 3 ribu (ukuran kecil) dan Rp 25 ribu (ukuran dewasa berbunga) hingga jutaan rupiah.

Arsip anggrekMelengkapi kebutuhan pengunjung, PAS bekerjasama dengan Sea Master dalam soal parkir dan makanan. Areal parkir yang tersedia cukup luas, dan mampu menampung ratusan mobil. “Masyarakat juga bisa memilih tempat di sini untuk menikmati hidangan yang dibeli dari Sea Master,” katanya.

Dikatakan, lokasi PAS dengan luas sekitar 0,5 hektar memang terbuka bagi masyarakat luas untuk melakukan berbagai aktivitas. Masyarakat bisa memanfaatkan lokasi pasar anggrek untuk pameran, launching product, arisan senam, lomba anak-anak, tempat pesta (garden party), dan sebagainya. “Rencananya kita juga akan melengkapi fasilitas, seperti kantin atau menambah stand bila nantinya permintaan pasar bertambah,” ungkap putri Ir. Susono Hadinugroho, Ketua Surabaya Orchid Society (SOS).

Kehadiran agrowisata PAS tidak terlepas dari peran para pecinta bunga anggrek yang tergabung dalam Surabaya Orchid Society (SOS) . Hingga kini, anggota SOS sudah mencapai 300-an orang. Animo masyarakat terhadap anggrek cenderung meningkat, tapi masih kalah jauh dibandingkan organisasi penganggrek di luar Indonesia. “Jadwal pertemuan mereka selalu ada setiap minggu, berkembangnya nursey-nursery baru, dan banyak lagi kegiatan lainnya. Apalagi hasil produks mereka semakin banyak membanjiri tanah air kita,” kata Susono, prihatin.

Karena itulah, SOS terbuka bagi masyarakat umum, baik pecinta anggrek atau pemerhati anggrek, untuk bergabung menjadi anggota komunitas. “Prinsipnya, visi-misi kita untuk mengenalkan anggrek ke masyarakat luas, memasyarakatkan anggrek, bahwa bunga ini merupakan pusaka bangsa, kekayaan negeri ini. Jangan sampai anggrek hilang dari tanah tercinta ini karena diambil orang lain,” tandasnya.

Kesempatan yang didapat anggota diantaranya berhak mengikuti pelatihan setiap minggunya, mendapatkan informasi seminar, program-program acara SOS, undangan pameran dan majalah. Anggota juga berhak mendapatkan kartu anggota SOS dan mendapat fasilitas dari SOS dan Sea Master. Selain itu, bisa mengikuti study tour ke perkebunan-perkebunan anggrek di Pandaan, Mojokerto dan kota-kota lain. Pendaftaran anggota di PAS.

STAND-STAND ANGGREK DI PASAR ANGGREK SURABAYA

  • Bale Air Orchid
  • Royal Orchid
  • Renny Orchid
  • Foresta Orchid
  • RR Orchid
  • Vonny Orchid
  • Nona Orchid
  • Bright Orchid
  • Trubus

Pasar Anggrek Surabaya: Komplek Sea Master Garden
JlMayjend Sungkono (bundaran tol Satelit) Surabaya

————————————————————————————

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Mossaik, oktober 2005, hlm. 66
 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

8 Responses to Pasar Anggrek, Surabaya

  1. kiky says:

    pasar anggrek ini disebelah mana, kami Sudan cari tapi tidal ada. Apa Sudan tutup

  2. Suharto says:

    Dimana bisa cari bibit anggrek di surabaya

  3. Kristina says:

    Bundaran May.Sungkono itu kalau dr sidoarjo ke arah mana karena ada simpang lima di situ wisata anggrek tepatnya di mana … trims

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s