Pasar Ampel, Surabaya

Memasuki kawasan Ampel, image kita langsung tertuju pada wisata religi. Ribuan waisatawan setiap hari dan penjuru kota datang berziarah ke makam Sunan Ampel.

wisata-belanja-pasar-ampelAmpel merupakan kawasan wisata belanja yang potensi. Gang-gang sempit yang menuju ke pusat kawasan dipenuhi dengan pedagang kaki lima dan taka, bahkan sampai disekitar JI. Nyamplungan dan JI. KH. Mas Mansyur.

Tidak hanya barang-barang perlengkapan kaum muslim seperti, mukena, sajadah, sarung, piyama yang dijual disini tapi sudah berkembang ke berbagai jenis makanan dari Arab mendominasi seperti: kurma, kacang, madu, dan obat-obatan. Bahkan ada yang dijual tidak bernafaskan muslim juga ada, mi sal nya kaset, Cd, dan aksesorisnya.Saat ini pemerintah kota Surabaya telah melakukan realisasi pengembangan kawasan Sunan Ampel seperti penambahan gedung fasilitas, gapura dan pengembangan lahan parkir untuk wistawan baik bus, roda empat dan roda dua Informasi Masjid Ampel  JI. Ampel Suci

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Hiburan & Ketangkasan, Jawa Timur.  PEMERINTAH PROPINSI JAWA TIMUR, DINAS PARIWISATA,Tahun 2007, hlm. 65

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

4 Responses to Pasar Ampel, Surabaya

  1. M. Chotib says:

    Tadinya saya berharap mendapat info lengkap tentang riwayat Pasar Ampel.. Misalnya sejak kapan dibangun dst. Dalam artikel ini terjadi overlapping ttg Pasar Ampel. Mungkin yang dimaksud penulis adalah suasana perbelanjaan (termasuk PKL) di sepanjang akses menuju Masjid Ampel. Atau lebih spesifik ‘pasar’ yang ada di sentra-sentra wisata belanja kampung Ampel Suci maupun Ampel Masjid. Memang kebanyakan orang (non warga Ampel) menyebutkan kedua sentra belanja tersebut sebagai Pasar Ampel !
    Jika yg dimaksud seperti dalam foto ini, maka Pasar Ampel tersebut adalah pasar spesifik yang dikelola PD. Pasar Surya Surabaya. Pasar ini sudah ada sejak zaman kolonial, direnovasi sekitar tahun 2000-an.. Yang dijual di pasar terebut khusus daging kambing. atau kambing yang sudah di potong di rumah pemotongan hewan Jl. Pegirian. Kegiatan pasar dimulai jam 05:00 pagi sampai dengan jam 11:00 siang. Masarakat Ampel menyebutnya Pasar Kambing..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s