Ondomohen, Surabaya

Riuh Pasar Parcel di Ondomohen

arsip Ondomohen 1Sejak awal Ramadhan puluhan dara cantik tampak meramaikan kakilima JI. Walikota Mustajab,Surabaya. Setiap orang yang lewat ditawari parcel Lebaran. Ketika Ramadhan memasuki pekan ketiga, kesibukan mereka tampak bertambah. Maklum, pembeli parcel juga bertambah banyak. Kawasan JI Walikota Mustajab yang lebih dikenal dengan sebutan Ondomohen itupun berubah menjadi pasar parcel. Sehari-hari, di luar Ramadhan, kawasan jalan itu lebih dikenal sebagai daerah penjual onderdil kendaraan bermotor dan showroom mobil.

Beberapa tahun belakangan ini kawasan Ondomohen memang sudah berubah (dan mentradisi) menjadi pusat penjualan parcel Lebaran,Nataldan tahun baru, hingga perayaan Imlek. Sebenamya di kawasan ini hanya ada enam unit toko yang menjual parcel Lebaran. Namun, karena masing masing toko menggelar dagangannya sampai ke kiri-kanan serambi toko, maka seolah-olah hampir setengah panjang badan jalan itu dipenuhi parcel. Lahirlah pemandangan menarik: wama-wami parcel dalam berbagai desain indah. Para penjualnya pun kreatif, menambahkan aneka lampu yang menerangi pajangan parcel di area kakilima itu.

Arsip Ondomohen“Sekarang. banyak penjual parcel dadakan, ” kata seorang sales promotion girl (SPG) salah satu toko parcel mengomentari menjamurnya penjualan parcel di kawasan itu. Dahulu memang hanya dua toko yang menjajakan parcel. Semakin lama bertambah banyak. Beberapa di antaranya menyewa tempat untuk semusim penjualan parcel.Parapenjual parcel di tempat lokasi itu juga sudah terbiasa memanfaatkanjasa (tenaga) sejumlah mahasiswi sebagai SPG. Sebagian besar dari mereka tampak sudah berpengalaman menawarkan parcel

Selain di kawasan Ondomohen, pasar parcel dadakan di Surabayajuga muncul di JI Kutai, namun tak seramai di Ondomohen. Pejualan parcel di Surabaya tidak hanya didominasi toko-toko dengan armada SPG-nya, tetapijuga dilakukan tokoswalayan di pusat-pusat perbelanjaan, seperti Galeri Keris di Mal GalaxySurabaya.

Dewi Yana, Assisten Store Manager Galeri Keris mengungkapkan, galerinya selalu menawarkan parcel dengan deaindesain ekslusif. Parcel sudah mulai dipajang sejak Oktober lalu, baik untuk Lebaran,Nataldan Tahun Baru. “Makin mendekati Lebaran seperti ini, parcel stok kami yang didesain khusus untuk Lebaran sudah semakin menipis, ” katanya.

Parcel lsi H P
Harga yang dipatok per parcel menurut informasi dari beberapa penjual, tidak “banyak berubah dibandingkan dengan hargajual tahun lalu. Namun nominalnya semakin bervariasi, sesuai dengan bertambahnya variasi desain maupun komposisi isi. Di kawasan Ondomohen misalnya, dijual mulai dari harga Rp 50 ribu hingga Rp 2,5 juta/parcel.. Di kawasan JI Kutai berkisar antara Rp 50 ribu hingga Rp1,5 juta. Sedangkan di Galeri Keris, harga mulai Rp 400 ribu sampai “tidak terbatas “.

Menurut Dewi, harga “tidak terbatas” itu menyesuaikan dengan pesanan pembelinya. Di galeri itu, selain memajang parcel juga melayani parcel order yang komposisi isinya ditentukan sendiri oleh pembelinya (Iazimnya pelanggan). Lantaran itulah harganya pun menjadi “tidak terbatas”, sesuai dengan selera pembeli/pemesan. Hal yang pasti , desain parcel pesanan itu sangat eksklusif.

Seorang SPG parcel dari Toko Elson di kawasan Ondomohen mengatakan, parcel yang mereka tawarkan paIing tinggi seharga Rp 2,5 juta. Parcel dimaksud selain dilengkapi dengan barang elektronika juga materi isinya terdiri atas bahan impor. Misal , coklat buatan Prancis serta rotiroti impor. Selain itu materi parcel mereka selalu dijaga kualitasnya, terutama soal masa kadaluwarsa aneka jenis makanan dan minuman. “Semua isi parcel produk kami dipilih yang masa kadaluwarsanya tahun 2005,” papar SPG itu.

Kiat mengisi parcel dengan materi bahan-bahan menarikjuga dilakukan Rina yang sehari-hari menjual handphone di JI Kutai. Dia yang telah en am tahun belakangan ini menjual parcel setiap menjelang Lebaran,Nataldan tahun baru, kerap mengisi parcelnya seharga Rp 1,5 juta dengan parcel dengan sebuah handphone.

Selain melayani pembelian perseorangan, umumnya para penjual parcel juga melayani penjualan dalam partai besar. Pemesannya ke berbagai instansi pemerintah dan perusahaan swasta yang kebanyakan memang pelanggan lama. Para pelanggan dimaksud tidak hanya dari Surabayadan sekitamya, tetapijuga dari luar Jawa Timur, bahkan sebagian dari luar Jawa. Zain

——————————————————————————————-

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Jatim News, Tabloid Wisata Plus, EDISI 20, 10-24  Oktober 2003, Tahun I

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Ondomohen, Surabaya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s