Madakaripura, Kabupaten Probolinggo

Arsip air-terjun-madakaripuraMADAKARIPURA CALON PRIMADONA OBYEK WISATA Gubernur Soelarso beserta rombongan menyempatkan diri meninjau obyek wisata Madakaripura yang terletak di kawasan Tengger, tepatnya di desa Sapak Kec. Lumbang ±30 km arab barat selatan Probolinggo. 

Untuk sampai kesana bisa ditempuh dengan kendaraan sepanjang 20 km jalan aspal mulus yang berkelok-kelok dengan tanjakan dan turunan yang tinggi dan curam, menakutkan namun juga menakjubkan, kemudian dilanjutkan jalan makadam yang penuh tantangan namun tetap mempesona sepanjang 8 km. Dilanjutkan dengan jalan kaki sepanjang ±2 km, jauh ukuran-ukuran yang tidak biasa jalan kaki akan tetapi kalau dijalani ternyata tidak terasa melelahkan dan tidak terasa jauh. Karena jalan di sekitar sejuk dan menyegarkan sehingga mengusir segala kelelahan dan kejenuhan perjalanan.

Daerah tersebut berketinggian ±620 km dan permukaan air laut. Meskipun jalan setapak dan masih sepanjang aliran sungai kecil namun tampaknya Gubernur Soelarso serta rombongannya walaupun tanpa persiapan bisa menempuh jalan tersebut tanpa kesulitan. Obyeknya sendiri berupa air terjun setinggi 200 meter mirip tirai hujan memanjang. Dalam jarak ±150 meter dari lokasi sudah bisa dirasakan percikan air yang dingin menyegarkan dan terasa hangat setelah kita berada langsung di bawahnya. Itulah ke-Agungan Tuhan. Apabila kita berdiri di bawahnya terasa betapa kecilnya umat manusia dibanding dengan kebesarannya. Sedikitpun kita tidak menggigil kedinginan namun terasa segar.

Suasana magis dan sakral terasa sebab menurut legenda tempat ini merupakan tempat kungkum (bertapa) Maha Patih Gajah Mada dalam menghabiskan sisa-sisa usianya. Obyek ini makin menarik karena dari cerita yang berkembang selain dapat menyembuhkan beberapa penyakit juga dapat membuat awet muda. Kiranya dengan sedikit pembinaan dan pembenahan unsur sapta pesona pariwisata akan terpenuhi dalam obyek ini sehingga bisa diharapkan akan tumbuh sebagai primadona obyek wisata di Jatim. (Yono).

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MIMBAR JATIM, EDISI: 153 MEI-JUNI 1993, hlm 35

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Madakaripura, Kabupaten Probolinggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s