Air Terjun Tirtosari, Kabupaten Magetan

Air Terjun Tirtosari, Menunggu Pengunjung

arsip  air'terjun tirtosariKabupaten Magetan, dikenal mungkin karena hanya memiliki obyek wisata Telaga Pasir Sarangan, industri kerajinan dari bambu dan kulit, dan bisa juga karena keberhasilannya di bidang lain. Namun lebih dari itu Kabupaten Magetan, masih lebih banyak lagi potensi wisata yang dimiliki, misalnya air terjun Tirtosari, air terjun Sarangsari serta hutan wisata di kawasan bumi perkemahan Mojosemi.

Air terjun Tirtosari, nampaknya masih asing di benak wisatawan karena begitu banyaknya obyek wisata air terjun di Jawa Timur. Karena itulah obyek wisata air terjun Tirtosari akhirnya kurang dikenal oleh wisatawan, dan nampak merana menunggu pengunjung.

Obyek wisata air terjun Tirtosari sebenarnya telah meyimpan potensi wisata yang lebih menarik, disamping sebagai sumber air untuk wisata telaga Sarangan, jalan untuk menuju air terjun tersebut cukup menarik dan romantis dengan panorama alam yang indah.

Air terjun Tirtosari lokasinya tidak jauh dari tempat wisata telaga Sarangan, yakni hanya berjarak sekitar 2 km arah barat daya dari telaga Sarangan. Untuk menuju lokasi air terjun tersebut kita hanya membutuhkan waktu 30 menit dengan jalan kaki, atau dengan naik kuda dengan keluar uang sebesar Rp 7.500,- per jamnya.

Untuk mencapai obyek ini, kita dapat melewati jalan setapak yang tertata rapi di lereng gunung dengan pemandangan sekitar yang segar karena aneka ragamnya tanaman sayuran yang menghiasi sepanjang jalan setapak.

Segarnya suasana dan kelestarian alanmya akan menjadikan kita untuk lebih kerasan, terlebih dengan jenihnya air yang cukup dingin, yang terpancar dari pucuk gunung akan membawa kesan sendiri bagi wisatawan. Rasanya cukup sayang jika kita berwisata ke telaga Sarangan Magetan tidak sekaligus melanjutkan untuk menikmati indahya air terjun Tirtosari yang kini masih jarang dirambah wisatawan.

Ada satu yang perlu diingat, jika anda ingin berkunjung ke lokasi air terjun ini, harus melengkapinya dengan bekal minuman dan makanan kecil, karena jika berkunjung pada hari kerja/masuk sekolah kios-kios makanan yang ada di sepanjang jalan setapak tidak buka/melayani, dan biasanya buka melayani pada hari Minggu atau hari libur lain. Dan untuk sementara di tempat air terjun ini belum tersedia tempat mandi, jadi fasilitas mandi masih cukup alami serta berbatu.

Menurut Suwandi pengelola wisata telaga Sarangan, air terjun Tirtosari mempunyai potensi wisata yang besar namun masih banyak yang perlu dibenahi khususnya berkaitan dengan tujuan pengembangannya. Memang untuk menarik lebih banyak wisatawan berkunjung ke lokasi ini, perlu dibangun adanya berbagai fasilitas di sekitarnya antara lain berupa tempat mandi yang tertata rapi di lokasi air terjun maupun tempat bermain untuk anak, mengingat obyek wisata telaga Sarangan dapat pula berfungsi sebagai wisata keluarga.

Dan usulan ini sebenarnya sudah lama saya sampaikan ke Pemda, namun nampaknya belum ada tanggapan, tegas Suwandi yang juga pemilik hotel bintang I Sarangan. Jadi sebenarnya potensi wisata air terjun dapat dipromosikan menjadi satu paket dengan telaga Sarangan, terutama berkaitan dengan upacara sakral bersih desa yang biasanya dipadati pengunjung, baik itu pengunjung lokal, wisatawan nusantara maupun wisatawan mancanegara.

arsip.Bersih Desa Sarangan Kelurahan Sarangan Magetan dalam melaksanakan upacara tradisional bersih desa, memang tampil beda dengan desa-desa lain di Magetan maupun di desa-desa lain di Jawa Timur. Inilah suatu Kelebihan dan perbedaan, Kelurahan Sarangan.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: MIMBAR JATIM, EDISI: 160 MEI-JUNI 1994, hlm. 35.

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Air Terjun Tirtosari, Kabupaten Magetan

  1. Wisata Pulau says:

    a good postings….
    i like it😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s