Air Blukutuk, Kabupaten Bojonegoro

Selain terdapat sumber api abadi, disekitar lokasi juga terdapat semburan air bercampur lumpur yang mengandung belerang. Sumber mata air ini kelihatan panas jika dilihat tapi dingin jika disentuh, sehingga yang biasa disebut masyarakat sebagai air blukuthuk, karena menyerupai air mendidih.

Aroma belerang tersebar begitu menyengat jika kita mendekat ke sumber air hangat ini. Namun air semburan tidak membahayakan masyarakat maupun daerah yang berada disekitar lokasi. Menurut juru kunci Kayangan api, Pak Juli. dulunya tempat ini merupakan tempat Empu Kriyo Kusuma mencelupkan kerisnya yang telah selesai dipanaskan.

Oleh Masyarakat sekitar maupun pengunjung air belerang tersebut juga dipercaya dapat menyembuhkan segala penyakit bahkan dianggap membawa berkah. Karena selain dapat mengobati penyakit juga dianggap dapat membawa keberuntungan bagi mereka yang datang untuk memintanya.

Selain meminta kesembuhan dari air blukuthuk, masyakarat yang datang juga dapat melakukan tirakat dengan bertapa di dekat lokasi api abadi. “Karena tempat tersebut diyakini juga oleh masyarakat setempat dijaga oleh dua orang anak gadis Ki Kriya Kusuma yang bernama Sri wulan dan Siti Sundari,” kata Pak Juli.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Prasetya, Volume IV, No. 44, Agustus 2012

 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Air Blukutuk, Kabupaten Bojonegoro

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s