Telaga Wurung, Kabupaten Magetan

 

ARSIP Telaga Wurung0001Telaga wahyu atau disebut pula Telaga wurung, telaga ini juga merupakan obyek wisata tirta/air yang terdapat di Magetan, menuju kawasan wisata air ini berjarak kurang lebih sekitar 2 km arah timur Telaga Sarangan. Telaga wahyu / Telaga wurung  mempunyai keluasan sekitar 10 hektar dan mempunyai kedalamanmencapai  16 meter. Telaga alam ini, selain memiliki pemandangan alam yang indah, sengaja diberi ber- bagai macam jenis bibit ikan, untuk memuaskan pengunjung yang hobi memancing.

“Telaga Wahyu meninitik beratkan

pada kegiatan memancing sebagai pembedaan

dengan Telaga Sarangan”

Memang nama Telaga Wahyu seakan tenggelam di bawah nama Telaga Sarangan. Jika pengunjung menuju ke Telaga Sarangan dengan berkendara dari arah Magetan menuju lereng Gunung Lawu, akan ditemui Telaga Wahyu terlebih dahulu sebelum Sarangan. Telaga Wahyu tempat rekreasi mancing dan perkemahan ini tak memungut bayaran.

Ada yang menghambat wisatawan berkunjung ke Telaga Wahyu. Disebabkan adanya mitos yang telah dipercaya oleh sebagian masyarakat setempat,  jika sepasang kekasih merajut cinta di lokasi itu, hubungan dan kisah cinta mereka tidak akan kekal. Mitos inilah yang menyebabkan keengganan pengunjung untuk berwisata ke Telaga Wahyu.  Mitos tersebut  itu jugalah, sehingga Telaga Wahyu disebut sebagai Telaga Wurung yang dalam bahasa Jawa artinya tidak jadi.

Namun mitos tersebut lambat laun pupus. Apalagi warga desa ingin menghidupkan Telaga Wahyu sebagai tujuan wisata. Niatan itu dipelopori oleh warga desa dengan membuka persewaan kapal berbentuk bebek yang dikayuh.

Pemerintah Kabupaten Magetanpun gencar menjadikan Telaga Wahyu sebagai tempat festival mancing se-Jawa Timur setiap tahun. “Telaga Wahyu meninitikberatkan pada kegiatan memancing untuk membedakan dengan Telaga Sarangan,” ujarnya. Disparbudpora Magetan mencatat, jumlah wisatawan yang berkunjung ke Magetan pada 2010 mencapai 467.000 orang.(ern)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Telaga Wurung, Kabupaten Magetan

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s