Wisata Kuliner di Surabaya

Berlibur ke Surabaya sangat mengasyikan,  Objek wisata di Surabaya kini sangat beragam dan unik untuk dikunjungi. Bila dikategorikan beberapa objek wisata itu, antara lain wisata sejarah, wisata religi, wisata alam yang mempesona untuk dilihat, hingga wisata belanja yang akan memanjakan mata. Wisata kuliner yang dimiliki Surabaya sangat memenuhi cita rasa serta berkualitas. 

kikik-5Surabaya terkenal dengan makanannya yang enak. Mulai dari makanan tradisional khas Surabaya hingga makanan modern. Sebut saja depot Lontong Balap Rajawali. Lokasinya di Jalan Rajawali, depan SPBU. Tempatnya sederhana di pinggir jalan raya, di atas trotoar, tanpa AC, rasanya mantap. Lontong disajikan  dengan tahu goreng, toge, lento dan kuah. Jika mau bisa menambah side menu sate kerang.
Di kota ini juga banyak ditemui depot penjual Rujak Cingur. Makanan khas kota pahlawan ini lsmya cukup mengejutkan karena ada sayuran, buah, mie, toge, tahu goring bahkan kikil (hidung sapi/cingur =jawa).

Ada pula pusat jajanan yang menyediakan semua makanan asli Surabaya, Pasar Atum. Pasar yang terdapat di kawasan Surabaya utara ini adalah surganya kuliner. Aneka makanan dan jajanan tersedia di sini, mulai dari lantai dasar sampai ke foodcourt patut dicoba. Mulai dari Bubur Madura, tahu tek, bakwan kapasari, hingga semanggi. Jika ingin membawa oleh-oleh bagi keluarga, Surabaya pun menyediakan wisata belanjanya, selain mall yang tersebar di seluruh kota juga ada pusat oleh-oleh di Pasar Gentengkali. Di sini banyak sekali toko-toko yang menjual aneka jajanan oleh-oleh.

ArsipJangan pula ketinggalan untuk mampir ke sebuah kedai es krim tertua di Surabaya, Zangrandi Ice Cream. Kedai ini didirikan sejak tahun 1930 oleh Renato Zangrandi yang berasal dari Italia. Tempat ini sudah dikenal sejak jaman Belanda. Es krim nya pun beraneka ragam jenis, antara lain Copacabana (Rp 21.000), Tropicana Fruit (Rp 21.000), Monte Carlo (Rp 21.000), Banana Split (Rp 23.000), Puff lee Cream (Rp 18.000), Zangrandi Pie (Rp 19.000) dan masih banyak lagi jenisnya. Anda bisa menemukan tempat ini di Jl Yos Sudarso no. 15 Surabaya.
Beberapa tahun terakhir kota ini juga gencar mempromosikan wisata kulinernya. Biasanya di Hari ulang tahun Kota Surabaya atau ulang tahun Provinsi Jawa Timur diselenggarakan pameran atau gebyar makanan khas Jawa Timur.

Sebenarnya masih banyak lagi beberapa objek wisata kuliner  lainnya di Surabaya. Namun yang pasti informasi ini cukup bisa menjadi alternatif menyenangkan untuk tidak dilewatkan.(sti/berbagai sumber) :.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Potensi Jawa Timur, EDISI 10, OKTOBER 2011, hlm. 43

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Wisata Kuliner di Surabaya

  1. Unique says:

    a good post..
    i like it😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s