Tape Sumber Madu, Jember

Tape Sumber Madu Ala Desa Sumberpinang, 

Arsip-1Selama ini Kabupaten Bondowoso identik dengan daerah  penghasil tape yang enak dan manis, namun siapa sangka ternyata beberapa diantaranya didatangkan dari Jember. Bahkan tape asal Jember tak kalah punel dan legit. Karena itu, namanya “tape sumber madu”. Ya, tape sumber madu banyak diproduksi di Desa Sumberpinang, Kec.

Pakusari, Kab. Jember. Keberadaan tape sumber madu mendapat dukungan dari pemerintah setempat, mulai camat hingga bupati dan jajaran di pemerintah Kabupaten Jember. Tape sumber madu memiliki rasa khas, dengan komposisi rasa gurih, manis tanpa pemanis buatan. “Kecamatan Pakusari sangat terkenal dengan pembuatan Tape Sumber Madu. Hal ini ini memang produk unggulan Kecamatan Pakusari, khususnya Desa Sumberpinang,” ujar Camat Pakusari Drs. Bambang Teguh A. Saat ini, kata Bambang, pihaknya berusaha agar ‘Tape Sumber Madu’ terus mendapatkan perhatian khusus dari dinas terkait dalam rangka inovasi alam mengolah makanan tradisonal sebagai ikon Kabupaten Jember.

Arsip-2Menurut Bambang, saat ini pihak kecamatan bersama-sama dengan pengusaha tradisonal Tape Sumber Madu telah melakukan kerjasama dengan investor luar daerah untuk menanamkan modal. “Hal ini dilakukan dalam rangka meningkatkan kualitas tape sumber madu yang banyak diminati masyarakat luar kota,”ujar Bam bang Kades Sumber Pinang, H. Mulyono mengatakan bahwa peminat tape asal Pakusari ini sangat banyak. Sebab rasa tape sumber madu yang khas. Untuk pemasarannya, lanjut Mulyono, sudah sampai di luar kota seperti Surabaya, Malang, Sidoarjo, dan Situbondo. Bahkan, kata Mulyono, ia bersama-sama dengan pihak kecamatan dan swasta, akan membuka home industri yang bertujuan sebagai pusat pembuatan Tape Pakusari.

Arsip-3Bahkan home industri ini juga akan menjadi obyek wisata bagi wisatawan untuk melihat secara langsung proses pembuatan Tape Sumber Madu. “Orang yang datang ke Jember nantinya, tidak hanya bisa menikmati rasanya tape, namun bisa melihat langsung pembuatannya,”ujar Mulyono. Selama ini Tape Sumber Madu telah dipasarkan sampai di luar kota. Bahkan sebagai oleh-oleh, tape khas Pakusari ini seolah menjadi kebutuhan wajib bagi mereka yang datang ke Jember.

Untuk itu ia berharap ada pembinaan tehnis dari pihak terkait utamanya dari Disperindag. Misalnya, memberikan pelatihan, modal usaha, dan sebagainya, sehingga tape ini bisa berkembang. Bahkan Bupati Jember MZA Jalal mendorong kepada masyarakat Pakusari terns melakukan terobosan yang terbaik terhadap produk unggulan tape Desa Sumberpinang. Dengan demikian nantinya, tape akan semakin diminati oleh semua pihak baik kalangan masyarakat di luar kota maupun mancanegara sebagai oleh-oleh kemasan Tape Sumber Madu.

Derap Desa, Edisi XXXI Mei 2010

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tape Sumber Madu, Jember

  1. anggatape says:

    Nice gan
    dateng aja ke desa sumber pinang kecamatan pakusari
    Kota jember

    Kami dari pihak sumbermadu selalu menjaga mutu dan rasa tape,suwar – suwir serta proll tape agar selalu enak dan higienis.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s