Pudak, Kabupaten Gresik

Pudak merupakan makanan khas Kabupaten Gresik. Ada sebutan bahwa Gresik adalah Kota Pudak. Pudak adalah makanan dari tepung beras yang dibungkus dengan pelepah pohon pinang.

\Awal mula terciptanya pudak konon sebagai bekal para pedagang yang hendak bepergian jauh karena makanan ini kuat bertahan sampai dengan tiga hari. Pudak mempunyai kadar kalori yang tinggi sehingga dapat menjadi pengganti makanan pokok penduduk Gresik kala itu. Oleh karena itu, penduduk menjadikan pudak sebagai makanan rutin. Hampir semua orang dapat membuat makanan ini.

Proses membuat pudak memang cukup sederhana. Bahan-bahan yang diperlukan tidak beragam. Bahan yang diperlukan antara lain tepung beras, santan, dan gula. Cara membuat pudak tidak terlalu sulit. Pertama, tepung beras, gula, dan santan dicampur dan dimasai-sampai mendidih. Kemudian adonan dituang atau dimasukkan ke dalam ope dan diikat agar tidak tumpah Langkah terakhir adalah mengukus ope sampai masak. Setelah matang pudak siap dinikmati.

Bagi yang sudah terbiasa, proses membuat pudak cukup mudah dan sederhana. Permasalahan para penjual pudak saat ini adalah kesulitan mencari ope. Saat ini, pembungkus pudak sudah mulai langka dan susah dicari. Dulu ope melimpah di Gresik, tetapi sekarang sampai harus didatangkan dari luar kota. Pembungkus pudak harus ope karena jika tidak dibungkus dengan ope akan berbeda rasanya dan mungkin bukan pudak namanya Masalah lain yang muncul terkait kelestarian makanan ini adalah proses regenerasi. Anak-anak sekarang seperti enggan untuk membuat atau meneruskan usaha pudak orang tua mereka.

Mereka lebih senang bekerja di kantor atau memilih pekerjaan lain. Hal ini berdampak pada semakin sedikitnya orang yang bisa membuat makanan ini. Para produsen pudak hanya memesan kepada orang yang sudah terbiasa membuatnya. Sebenarnya, sangat jarang produsen bisa membuat sendiri pudaknya. Meskipun membuat pudak tidaklah rumit, jika tidak ada yang mau membuat dan ope juga semakin langka, bukan tidak mungkin pudak akan sulit ditemui lagi.

Selain pudak masih ada lagi makanan khas Gresik, yaitu otak-otak bandeng dan nasi krawu. Otak-otak bandeng terkenal kelezatannya. Bandeng biasanya susah dimakan karena duri-durinya yang banyak, tetapi setelah dimasak menjadi otak-otak menjadi berbeda. Duri-durinya lebih lunak dan dagingnya juga lembut menyatu dengan bumbu-bumbu. Makanan ini juga bisa menjadi oleh-oleh saat kita berkunjung ke Gresik. Pudak dan otak-otak bandeng banyak terdapat di daerah Gresik dan utamanya ada di sepanjang Jalan Sindujoyo sebagai sentra makanan khas Gresik.

Bermacam jajanan ditawarkan di warung oleh-oleh khas Gresik. Jadi, jika Anda berjalan- jalan ke Gresik jangan lupa mampir ke Jalan Sindujoyo. Segala macam jajanan yang enak dan murah telah tersedia dan tinggal memilih yang Anda sukai.

 

————————————————————————————————————————————————————————————————————-Pesona Jawa Timur 130-132

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pudak, Kabupaten Gresik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s