Menikmati Eksotisme Surabaya

Siapa bilang berlibur ke Surabaya tak asyik karena yang ditemui mall atau pusat perbelanjaan saja. Objek wisata di Surabaya kini beragam dan unik untuk dikunjungi. Bila dikategorikan beberapa objek wisata itu, antara lain wisata sejarah, wisata religi, kuliner yang memiliki cita rasa berkualitas, wisata alam yang mempesona untuk dilihat, hingga wisata belanja yang akan memanjakan mata.

Badan Perpustakaan dan KearsipanSurabaya terus mempercantik penampilannya. Setiap sudut yang ada di wilayah ini disentuh dengan keindahan untuk menebar aroma memikat bagi siapa saja yang datang. Seperti taman-taman kota yang tersebar dimana-mana. Objek-objek wisata dan potensi pendukung lainnya dipoles dan dikelola dengan baik. Lokasi wisata yang ada kini hadir kian nyentrik, di luar itu beragam hiburan baru hadir mewarnai dan melengkapinya. Jadi anda yang ingin melewatkan liburan di Surabaya mungkin tidak akan kecewa.

Wisata sejarah misalnya, julukan Kota Pahlawan memang layak disandang Surabaya yang kaya akan nilai sejarah. Tak hanya kisah kepahlawan, namun juga bangunan dan koleksi warisan bangunan bersejarah (heritage) yang masih bisa dinikmati hingga kini.

Badan Perpustakaan dan Kearsipan.Wisata heritage ini beberapa tahun terakhir terus digalakkan untuk menambah objek wisata Surabaya. Baik itu warisan dari Belanda maupun China yang notabene lebih dulu hadir di kota ini. Bentuknya pun tidak lagi berupa bangunan-bangunan kuno, tetapi juga koleksi istimewa yang bisa ditemui di dalam bangunan tersebut atau di museum-musem baik milik pemerintah maupun swasta.

Bangunan kuno banyak tersebar wilayah Surabaya Utara, mulai dari pesisir hingga masuk tengah kota. Di daerah pesisir, zona bangunan kuno yang bisa dinikmati keunikannya sudah bisa dilihat mulai dari daerah muara Sungai Kalimas.

Tak hanya berupa gedung namun juga berupa fasilitas umum, antara lain Jembatan Merah dan Jembatan Petekan, yakni jembatan yang zaman dahulu penggunaannya harus dipencet (dipetek=jawa) dulu untuk memfungsikannya. Ada pula gardu listrik, stasiun, komplek makam, dan viaduk (jembatan kereta api). Untuk bangunan tercatat berbagai fungsi seperti kantor, rumah sakit, hotel, toko, gudang dan lain-lain. Dari catatan arkeologi jawa. com, tercatat ada 272 bangunan di 84 titik jalan kota Surabaya, mulai dari pesisir hingga tengah kota.

Arsip-PerpustakaanSurabaya juga memiliki berbagai macam patung-patung atau monumen-monumen yang memiliki nilai sejarah penting. Ini dibuat sebagai pembangkit dan mengingatkan akan semangat perjuangan pada masa penjajahan dahulu.

Tugu Pahlawan adalah salah satu monumen yang juga menjadi ikon kota Surabaya. Monumen ini bahkan sudah sangat tersohor di seluruh Indonesia. Sejarah yang terkandung dari dibangunnya tugu ini adalah untuk mengenang semangat perjuangan arek-arek Surabaya yang saat itu berjuang mati-matian mengusir penjajah.

Selain itu juga ada Monumen Bambu Runcing, Monumen Gubernur Suryo, dan masih ada banyak lagi. Semua tempat-tempat tersebut masih dalam kondisi yang prima dan berada dalam perawatan yang baik.

Menurut Direktur Surabaya heritage, Freddy H Istanto, pada sebuah media bahwa banyak peninggalan sejarah di Surabaya yang sudah dipoles dan dinikmati menjadi tempat wisata sekaligus dipelajari. Seperti komplek House of Sampoerna, Gedung Wismilak, Komplek Restoran Halo Surabaya yang di dalamnya ada bekas komplek RS Mardi Husada, dan kedai es krim Zangrandi.
Sedangkan yang belum dipoles namun tetap bisa dinikmati seperti daerah Syahbandar muara Kalimas, dan bangunan-bangunan kuno di wilayah Jl Karet.

Ada pula bangunan yang sudah dipoles namun hanya bisa dinikmati dari luar seperti kantor-kantor PTPN, Gedung Negara Grahadi, dan rumah kuno yang masih berpenghuni asli.
Penyediaan sarana wisata heritage saat ini dipermudah dengan disediakannya Bus Keliling Surabaya Heritage Track oleh House of Sampoerna. Dengan jadwal tiga kali sehari bus wisata ini memberi paket tur keliling mengunjungi kawasan bersejarah Surabaya.

 

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Potensi Jawa Timur, EDISI 10, OKTOBER 2011, hlm. 43

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Menikmati Eksotisme Surabaya

  1. Unique says:

    a good posting…
    like this yo..😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s