Wisata Arung Jeram, Kabupaten Probolinggo

Menantang Arung Jeram, Menikmati Soto Kraksaan

Sungai Pekalen berketinggian 500 m dpl. Dengan tingkat kesulitan bervariasi mulai grade I sampai dengan III plus dengan jeram sebanyak 30. Arung jeram ini hanya boleh diikuti wisatawan usia 10-60 tahun.

img-20120617-00171Kabupaten Probolinggo tidak hanya memiliki Gunung Bromo dan kekhasan masyarakat Tengger-nya sebagai sarana wisata. Di kabupaten ini juga menyimpan banyak pesona alam lain yang patut kita nikmati, diantaranya adalah wisata air.

Adalah Sungai Pekalen yang terletak di Kecamatan Tiris, Kabupaten Probolinggo. Di sungai ini terdapat tempat wisata minat khusus berupa arena arung jeram. Wisatawan dapat dengan mudah menikmati alunan Jeram

Sungai Pekalen yang mengasikkan hanya dengan menempuh jarak 26 km dengan mobil dari Kota Probolinggo atau selama 30 menit. Sungai Pekalen yang menjadi arena olah raga mendebarkan ini, berketinggian 500 m dpl. Dengan tingkat kesulitan bervariasi mulai grade I sampai dengan III plus dengan jeram sebanyak 30. Arung jeram ini hanya boleh diikuti wisatawan usia 10-60 tahun. Jarak arung jeram sejauh 9 km ditempuh selama 2,5-3 jam, termasuk istirahat di tengah perjalanan. Wisatawan yang berarung jeram disediakan alat pelarungan life jaket, helmet, dayung, perahu karet standar, snack, asuransi, jasa guide dan transportasi lokal serta konsumsi.

songa-1Selain Sungai Pekalen, wisata air di Kabupaten Probolinggo lainnya adalah Gili Ketapang dan Bentar Indah. Gili Ketapang merupakan sebuah pulau indah terletak 5 mil dilepas pantai utara Probolinggo atau 30 menit perjalanan naik perahu motor dari Pelabuhan Tanjung Tembaga. Dibagian timur dan selatan pulau tersebut membentang pantai pasir putih. Lautnya belum tercemar dan tampak kebiru-biruan. Saat lautnya tenang, pengunjung bisa berenang dan menyelam melihat bunga karang yang indah dan ikan hias yang berwarna-warni. Pulau seluas 68 ha ini di huni 7.600 jiwa. Sebagian besar warganya adalah suku Madura dan hampir 90% menjadi nelayan yang menggantungkan hidupnya di laut.

Sedangkan Bentar Indah adalah obyek wisata Pantai yang terletak di tepi jalan Surabaya Banyuwangi, Kecamatan Gending, 7 kilometer dari Kota Probolinggo ke arah timur. Pantai Bentar sangat potensial mengingat lokasinya merupakan lintasan wisata overland Jawa-Bali, yang bisa dikembangkan menjadi semacam resort. Di sekitar pantai direncanakan akan didirikan Hotel Terapung lengkap dengan fasilitas penunjang lainnya berupa water sport, sea aquarium, play ground, swimming pool, mangroves forest, fish pond, dll. Sepanjang perjalanan dari Surabaya Bali hanya ada satu stop over bagi wisatawan, yaitu Pantai Pasir Putih (Situbondo). Makanya Bentar Indah dianggap cukup menjanjikan, khususnya bagi pengusaha restoran dan perhotelan.

Letaknya berada di tikungan jalan raya, berseberangan dengan bukit. Dari atas bukit, nampak lokasi Bentar Indah dibibir pantai dengan latar belakang pemandangan laut yang sangat indah. Disebelah timurnya terdapat hutan bakau yang diperluas untuk tambak tradisional untuk benih udang dan ikan laut. Wisatawan dapat memancing, dengan membayar sewa pemancingan. Dimasa mendatang perjalanan dari Probolinggo menuju Pulau Gili Ketapang akan dialihkan ke Pantai Bentar Indah.

Setelah menikmati wisata air di Kabupaten Probolinggo, kita bisa menikmati makanan khas kota ini, yaitu Soto Kraksaan. Soto Kraksaan adalah sup ayam yang dimasak dalam santan berbumbu kental, dihidangkan dengan nasi dan lontong. Yang menjadikan soto Kraksaan unik adalah bahannya yang dipilih hanya ayam betina. Ayam jantan adalah pantangan karena dipercaya dapat merubah rasa. Ciri khas lain adalah tabu ran serbuk kelapa saat dihidangkan, melengkapi sambal dan irisan jeruk nipis. Soto Kraksaan ini banyak dijumpai di Kota Kraksaan, sekitar 25 km dari kota Probolinggo. (*)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Infodis, Edisi IV,  2005.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Wisata Arung Jeram, Kabupaten Probolinggo

  1. putrihanum says:

    mantap rafting/arung jeram di tempat ini

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s