Pasar Senggol, Kota Batu

Asyiknya ke Pasar Senggol, Kota Batu

pasar-senggol001Ingin berjalan-jalan menghirup sejuknya udara sore dan malam hari, atau sekedar ingin cuci mala sambil menikmati kekayaan kuliner nusantara, datang saja ke Pasar Sore Kota Wisata Batu. Tapi jangan kaget, kalau saat berjalan-jalan anda sering bersenggolan badan dengan pengunjung lain. Bukan Pasar Senggol namanya kalau sampai anda tidak bersenggal-senggol ria dengan pengunjung lain, maklum pada hari-hari tertentu seperti hari libur, pasar ini sangat ramai dikunjungi warga dan wisatawan. Pasar yang terletak di sisi Barat dan Selatan Alun-alun Batu ini berdiri sekitar tahun 1987-an, terbagi dalam tiga kawasan, yakni di Jl. Munif, Jl. Sudiro serta Ji. Kartini. Ditempat ini anda bisa mendapatkan segala yang anda inginkan. Jika ingin membeli baju, anda tinggal berjalan kaki menuju ke Jl. Kartini yang letaknya berada sebelah Barat Alun-alun Batu. Ada juga beberapa PKL yang menjual berbagai barang aksesoris, serta beberapa pedagang yang berjualan buku. Bila ditengah asyiknya berjalan-jalan anda ingin makan buah-buahan, anda tinggal melangkahkan kaki ke Alun-alun Batu, di tempat ini anda bisa melempar pandangan pada deretan mobil PKL yang menjual berbagai jenis buah. Ingin menikmati makan malam yang lezat, kita tinggal memilih deretan warung tenda yang ada di Jl. Sudiro. Lalapan bebek goreng atau sambal penyet lele bisa kita temukan disini, sangat nikmat karena dipadu dengan keindahan malam di Kota Wisata Batu.

Pasar Senggol terbagi dalam tiga kawasan, kawasan PKL yang berjualan jajanan dan buah-buahan (Jl. Munif), kawasan PKL yang berjua!an baju dan aksesons (Jl. Kartini) serta kawasan PKL yang berjualan makanan (Jl. Sudiro). Pada han libur, sebagian besar pengunjung Pasar Senggol adalah wisatawan dan luar kota, sebagian besar berasal dari Surabaya dan beberapa kota di Jawa Timur. Tidak hanya wisatawan biasa, tempat ini menjadi langganan artis ibu kota, Krisdayanti contohnya, setiap pulang ke kampung halaman, ia selalu menyempatkan diri mampir untuk membeli jajanan pasar. KD paling suka membeli ketan di pasar ini. “Rasanya ada yang kurang, kalau tidak berjalan-jalan ke Pasar Senggol.” ujar mantan Istri Anang ini sembari mengatakan, pasar ini banyak menyimpan kenangan semasa kecilnya.

pasar-senggol0021Tidak hanya didatangi wisatawan, ternyata Pasar Senggol  adalah tempatnya cangkrukan warga Batu. Ngomong politiknya di pasar ini, ngomong sosial budaya pasti di pasar ini, karena itu jangan heran kalau kita sering ketemu tokoh masyarakat dan tokoh politik di pasar ini. Suparno, pengelola Soto Podomoro mengatakan pengunjung Pasar Senggol melonjak pada hari Sabtu dan Minggu atau hari libur nasional. Selain itu, pasar ini ramai dikunjungi saat ada even pariwisata digelar. “Seperti ada FFI kemarin, pengunjungnya orang luar kota tok,” jelasnya. Saat-saat sepertf ini, bisa 100 mangkok soto terjual, bahkan ia mengatakan terpaksa menanak nasi di warung tenda, padahal hal itu sangat jarang sekali dilakukannya. Ia optimis Pasar Senggol, akan semakin ramai dikunjungi wisatawan.

Dari perbincangannya dengan pengunjung  rata-rata selain suka menikmati makanan khas Kota Wisata Batu, mereka merasa terhibur dengan suasana pasar yang penuh kerlap-kerlip lampu, belum lagi katau melempar pandangan ke arah Utara (Bumiaji), mereka bisa menikmati kerlap-kerlip lampu deretan rumah berjajar seperti sebuah lukisan Ilahi. (tim)

 ‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: PANDERMAN, triwulan IV, tahun 2009, hlm. 10

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Pasar Senggol, Kota Batu

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s