Taman Wisata Selorejo, Kabupaten Malang

Pulau Jambu Alternatif  Taman Wisata Selorejo

selorejo, Kabupaten Malang002Taman Wisata Selorejo Malang bisa dijadikan pilihan di akhir minggu ini. Wisata berupa waduk ini memang terletak cukup rumit dijangkau. Jika mengandalkan angkutan umum berkali-kali harus oper kendaraan. Namun, memang disitulah, keasyikannya Selorejo berada di 50 kilometer sebelah barat kota dingin Malang. Tepatnya berada di Desa Pandansari Kecamatan Ngantang Kabupaten Malang. Untuk mencapai kawasan itu, terlebih dahulu ke terminal Landungsari. Dari situ kita memilih bus mini jurusan Jombang atau Tuban. Tidak ada jenis Bus besar melalui jalur barat tersebut. Selain ruas jalan sempit, jalan yang ditempuh penuh kelok-kelok tajam. Jika mengendarai bus ukuran mini memang agak lincah. Ketika kernet meneriakkan kawasan Selorejo sudah dekat, kita harus bersiap. Begitu turun jangan senang dulu karena kita masih oper sekali lagi dengan colt tua menuju lokasi.

Lumayan jauh, tetapi bisa dicapai hanya dengan 15 menit. Karena sopir colt biasanya menginjak pedal gas dalam-dalam. Setelah sampai di loket dan membayar karcis masuk, kita masih diminta menyusuri jalan sepi menuju lokasi sebenarnya. Sebelum bisa melihat yang namanya waduk, kita jalan kaki sejauh kira-kira 1,5 kilometer. Tidak ada satupun angkutan umum yang bisa menolong. Sebetulnya, sewaktu turun Bus mini, kita sudah ditarik-tarik tukang ojek yang menawarkan jasa, langsung ke lokasi. Banyak yang bisa dinikmati di taman wisata perairan tersebut yang diresmikan penggunaannya oleh Presiden Soeharto tahun 1970 tersebut. Misalnya, ingin renang di kolam yang bukan main dingin airnya, berperahu ke Pulau Jambu Klutuk atau sekadar duduk-duduk di atas tikar sambil menyantap ikan goreng, sambel terasi dan lalapan. Maraknya kampanye ternyata berimbas pada jumlah pengunjung di taman wisata yang juga berfungsi sebagai pengendali bahaya banjir. Mbok Rusli, salah satu pedagang di sana sangat merasakan. “Ini agak sepi. Itu loh rame-rame kampanye menjelang Pemilu.”

selorejo, Kabupaten Malang001“Biasanya saya sampai kewalahan ngladeni pembeli. Kalau sudah sampai sini, pengunjung paling senang dengan ikan goreng, sambel terasi dan lalapan. Monggo pilih sendiri mau bader, mujahir, tombro atau udang kecil,” ujar Mbok Rusli menawarkan dengan sopan. Tawaran itu tentu saja bisa melegakan pengunjung yang mungkin jalan kaki dari pintu lokasi. Sambil lesehan di atas tikar, di bawah pohon yang rindang, ditambah semilir angin, dari waduk yang, cukup luas, bukan main nikmatnya. Apa lagi kalau pas berduaan dengan sidoi. Dan juga cocok untuk refresing se keluarga. Anak-anak bisa bermain-main dengan bebas, karena ada batasan-batasan daerah bahaya. Berperahu ke Pulau Jambu jauh di tengah waduk terdapat ‘pulau’ yang ditumbuhi puluhan bahkan ratusan pohon jambu klutuk atau jambu biji. Untuk mencapai ‘pulau’ itu, tidak perlu repot-repot, Pemda Kabupaten Malang telah menyediakan perahu milik masyarakat setempat. Pemilik perahu menawarkan jasa mengantarkan. Tarifnya juga terjangkau, bila perahu mesin PP Rp8.000–Rp10.000 sedangkan jika dengan perahu dayung lebih murah yakni Rp3.000-Rp5.000. Mau diisi 5 orang atau 10 orang tarifnya sama. Begitu sampai di pulau jambu perahu ditambatkan, kita  mendaki bukit kecil dan masuk lokasi. Tetapi  nanti dulu, kita harus merogoh kocek Rp5.000 untuk masuk dan makan sepuasnya buah jambu klutuk. Tapi, meski ada kesempatan makan sebanyak-banyaknya, Anda harus ingat, kata orang makan Jambu Klutuk terlalu banyak, besok pagi Anda akan sulit buang air besar.

Bukan main rimbunnya dan mata  kita bisa keliaran mencari mana jambu yang matang. Kalau perlu memanjat, bukan main seperti di  ladang sendiri. Kalau mau membawa buahnya biasanya kita memberi tambahan tip suka rela kepada penjaga pintu. Nah, kalau mau, habis, banyak sebaiknya bawa pulang saja. Bisa dibagikan ke teman atau tetangga. Selorejo tidak saja potesial untuk pariwisata tetapi juga difungsikan sebagai pembangkit tenaga listrik, irigasi dan usaha perikanan darat. Ada satu lagi yang bisa disinggahi. Yakni lokasi pancing. O ya, sebelum ke sana ada baiknya Anda yang punya hobi mancing bawa pancing dari rumah. Di Waduk Selorejo, Anda bisa memancing sepuas-puasnya, tanpa dipungut biaya. Sayangnya di sana tidak ada penjual pancing. Padahal ikannya tidak kalah dengan kolam pancing seperti di Jl. Sepanjang atau di kolam pancing Jl. Kenjeran.

Disana ada ikan mujair, Tawas, Bader, Tombro atau Udang kecil. Umpannya cukup cacing tanah. Jadi Anda tidak perlu biaya mahal. Tapi bisa mandapatkan kenikmatan. Pas buat  Anda yang ingin melatih kesabaran. Kalau Anda mendapat ikan, boleh juga dimasak di sana, lalu disantap bersama. Sedangkan bagi Anda yang ingin mandi, tidak perlu harus menceburkan diri ke sungai. Sebab, pengelola sudah menyediakan kolam renang. Tapi awas, airnya seperti air kulkas kalau di Surabaya, dingin. Di Selorejo, ada jembatan gantung yang sekilas mirip, jembatan di Amerika. Untuk mencapainya kita harus melewati jembatan gantung yang cukup membuat deg-degkan bagi yang tidak terbiasa. Pasalnya jembatan itu tidak memiliki tiang pondasi di bawah melainkan hanya seutas  baja yang ditarik di kedua ujungnya sehingga bila ada yang usil jembatan di goyang-goyang maka bergetarlah hati ini. Takut jatuh masuk sungai. Begitu luasnya lokasi wisata ini memaksa kita untuk kuat jalan kaki. Jalan menanjak dan berkelok menjadi tantangan. Namun sangat menyenangkan sebagai alternatif wisata di kab Malang. ( kristina)

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   MEMORANDUM, Bekerja dan Membela Tanah Air, Minggu, 18  Mei 1997 . hlm. 8

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Taman Wisata Selorejo, Kabupaten Malang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s