Air Terjun Dolo, Kabupaten Kediri

Selain Air Terjun Irenggolo, di Kawasan lereng Gunung Wilis terdapat Air Terjun Dolo. Untuk menuju ke Air Terjun Dolo kita harus melanjutkan perjalanan lebih ke barat lagi sekitar empat kilometer. Perjalanan ke Air Terjun Dolo relatif lebih sulit daripada perjalanan yang sudah sudah kita lalui semula. Karena jalan menuju ke air terjun itu banyak yang berupa tanjakan-tanjakan yang terjal, sehingga tidak jarang kita jumpai orang-orang yang turun dari kendaraan untuk mendorongnya. Setelah tiba di area parkir, kita masih harus berjalan menuruni undak-undakan yang panjangnya kurang lebih sekitar tujuh ratus tujuh ratus tujuh puluh meter dengan lebih dari seribu buah anak tangga baru kita sampai di air terjun Dolo yang mempesona.

Menurut cerita penduduk setempat di kawasan air terjun Dolo pada zaman dahulu tepatnya pada zaman kewalian di sekitar air terjun Dolo tepatnya di sebelah kanan air terjun ada sebuah pohon besar yang tergantung di atasnya sebuah benda yang sangat misterius, benda tersebut adakalanya dapat dilihat adakalanya tidak dapat dilihat. Dari kisah itu maka muncullah kata Dolo untuk air terjun tersebut, yang mempunyai arti sesuatu yang tergantung (gemandul).

Pantangan yang harus dipatuhi para pengunjung di Air Terjun Irenggolo juga berlaku di kawasan air terjun Dolo, yakni tidak boleh bersiul, tidak boleh bertepuk tangan, tidak boleh bersenda gurau berlabihan dan tidak boleh mengambil hasil alam berlebihan seperti tumbuhan. Kemudian bagi mereka-mereka yang hendak berkemah di kawasan air terjun Dolo dianjurkan supaya menancapkan semua benda tajam yang mereka bawa ke tanah. Hal ini menurut penduduk setempat dimaksud supaya mereka terhindar dari gangguan makhuluk-makhluk gaib di kawasan tersebut.

Legenda atau asal usul dari air terjun Irenggolo dan Dolo karena belum ada bukti yang mendukung tentang cerita rakyat tersebut. Namun menurut penduduk setempat mengatakan nama air terjun Dolo berasal dari kata “Gundul Tola Tolo”

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Panduan Obyek Wisata di Kabupaten Kediri. Kantor Parsenibud Kabupaten KediriKabupaten Kediri, 2010. 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Air Terjun Dolo, Kabupaten Kediri

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s