Abon Lele Menganti – Gresik

Abon Lele Menganti Tambah Pede

abon-lele002Selain nasi krawu, Gresik yang dikenal kaya dengan wisata kulinernya, kini memiliki makanan khas baru Makanan yang melejit lewat dunia maya ini dikenal dengan sebutan Abon Lele. Pelopor makanan berbahan dasar ikan lele ini adalah Muhammad Sofyan (36) warga Menganti.

Ketika ditanya awal mula mengembangkan usaha abon lele, Sofyan menuturkan, sebelumnya dia membuka usaha makanan ringan berupa keripik jantung pisang. Namun sayang saat usahanya mulai maju, justru dia kesulitan mendapatkan bahan baku.

“Akhimya saya punya ide beralih membuat makanan ringan yang bahan bakunya mudah didapatkan, yaitu abon dari lele,” kata Sofyan. Sofyan mengatakan, eksperimennya membuat abon lele rupanya berbuah manis. Sebab, permintaan dari pelanggan memesan abon lele, temyata lebih banyak jika dibandingkan permintaan keripik jantung pisang. “Saya juga tidak menyangka jika ternyata yang pesan banyak,” tutur Sofyan sembari mengatakan jika dalam satu minggu permintaan dari pelanggan bisa menghabiskan bahan baku ikan lele hingga mencapai 1 kuintal.

Meski demikian Sofyan menuturkan banyaknya pesanan dari pelanggan itu tidak membuatnya merasa kesulitan mendapatkan bahan baku. Sebab, menurutnya, bahan baku berupa ikan lele mudah dia dapatkan di Gresik. “Saya sering mendapatkan kiriman ikan lele dari orang Benjeng, Cerme atau daerah sekitar Gresik lain,” katanya dengan nada syukur. Sofyan pun tidak segan membuka rahasia mengapa abon lele buatannya begitu laris manis di pasaran. Kuncinya elia memasarkan produknya melalui berbagai fasilitas yang ada di dunia maya. “Ya mulai dari facebook, twitter, ataupun blackberry,” terangnya.

Oleh karena itulah, jangan heran jika abon lele milik Sofyan mampu menembus pasaran di luar kota Gresik. “Ada yang sudah pasti pesan 1 kardus setiap pekannya dari Jakarta, dan 2 boks kardus dari Yogja,” ungkapnya. Bahkan, abon lele produksi Sofyan juga mampu menembus pangsa pasar di luar negeri. “Tepatnya sih di Kinabalu Malaysia,” katanya.

Meski telah meraup sukses namun Sofyan mengaku dirinya masih sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah. “Khususnya sih bantuan pembinaan, pemasaran, dan kalau ada sih sama modal,” pungkasnya sambil tertawa Camat Menganti Sutrisno mengaku bangga dengan kreativitas warganya yang berhasil mengembangkan usaha abon lele. Bahkan, beberapa waktu lalu, abon lele made ini Sofyan dari Menganti ini juga mewakili produk unggulan dalam Pameran Produk Unggulan se Kabupaten Gresik.

Untuk itu, pihaknya siap membantu melakukan koordinasi dengan instansi terkait dalam hal pembinaan atau bantuan modal. “Kami siap memberikan dukungan sepenuhnya agar produk unggulan abon lele dari Kecamatan Menganti ini semakin laris manis dan dikenal oleh masyarakat luas,” kata Camat Menganti antusias. (didik)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SUARA DESA, Edisi 03, 15 April – 15 Mei 2012, hlm. 45

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Abon Lele Menganti – Gresik

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s