Tirta Wisata, Kabupaten Jombang

Tirta Wisata, Taman Rekreasi Keluarga

tirta-wisata Kab. Jombang1ANDAI tak ‘tersentuh’ tangan terampil, orang mungkin hanya akan mengenal Taman Tirta Wisata di Desa Keplaksari sebagai tempat pemandian yang tak terlampau istimewa. Itu lantaran kehadirannya tak jauh beda dibanding tempat lain. Beruntung Pemerintah Daerah tanggap. Melalui Kantor Pariwisata Budaya Pemuda dan Olahraga (Parbupora), wisata yang berada di ambang gerbang masuk Kabupaten Jombang ini kemudian  ‘disulap’  asri dan nyaman. Fungsinya pun tidak sekadar tempat berenan, tetapi juga diproyeksi sebagai tempat rekreasi keluarga.

Penyelamatan Aset
Sebagai lokasi yang acapkali dijadikan sebagai kunjungan masyarakat (wisatawan, red), sebuah lokasi wisata layaknya harus memenuhi beberapa kreteria. Selain strategis dan bersih, fasilitas yang tersedia haruslah memadai sesuai tuntutan calon pengunjung. Agar mereka betah sekaligus ketagihan.

Sementara upaya pembenahan secara hirarkis dan terprogram, harus pula direncanakan dengan matang pula. Termasuk pula upaya pemeliharaannya. Sebagai instansi yang dipasrahi untuk mengelola, sudah barang tentu Dinas Parbupora merasa terpanggil untuk dapat memenuhi tuntutan yang cukup komplek tersebut. Untuk sesegera mungkin menemukan solusi menyusul ‘kebuntuan’ yang selama ini dialami. Menurut Kepala Dinas Parbupora H. Sony Hersono, SH, MM.   langkah pertama dan yang paling utama yang harus dilakukan pihaknya adalah melalukan upaya penyelamat aset (recovery). “Langkah ini sangat penting mengingat beberapa fasilitas yang ada saat ini, sebagian sudah tidak memenuhi. Sebab, sambungnya, jika kondisi seperti sekarang ini dibiarkan, kemungkinan besar akan berdampak rasa enggannya masyarakat untuk berkunjung ke lokasi Tirta Wisata.

Dijelaskan, sebenarnya langkah recovery Tirta Wisata, sudah dilakukannya sejak awal tahun 1999 silam. Dimana saat itu kondisinya sangat  memprihatinkan. Banyak kritik bahkan cemoohan yang berasal dari beberapa kalangan yang peduli, termasuk dari anggota Dewan. Rupaya kritik dan cemoohan itulah yang kemudian dijadikan cambuk oleh segenap karyawan Dinas Parbupora Jombang untuk bersungguh-sungguh membenahi kondisi TirtaWisata yang dianggap sangat memprihatinkan tersebut.

Tambahan Fasilitas
Setelah upaya recovery rampung dilakukan, maka langkah berikutnya yang pasti akan dilakukan oleh Kantor Parbupora adalah melakukan penambahan terhadap beberapa fasilitas yang belum ada. Menurut rencana -dan kini sedang dalam proses-, fasilitas-fasilitas dimaksud antara lain, cafe yang reprentatif namun tidak merusak pemandangan, kolam pancing yang juga memadai, serta beberapa fasilitas pendukung lainnya, yang bisa menambah daya tarik bagi calon pengunjung.

Rekreasi Keluarga
Keinginan untuk menjadikan Taman Tirta Wisata sebagai lokasi rekreasi bagi keluarga, sebenarnya bukan hal baru. Dari dulu keinginan tersebut ada. Namun, karena beberapa fasilitas yang tersedia jauh dari sempurna, keinginan tinggal keinginan belaka. Kini, impian tersebut rupanya benar-benar ingin digapai oleh Pemda Jombang lewat Dinas Parbupora. Kesungguhan ini ditandai dengan dibangunnya beberapa fasilitas bagi keluarga. Bahkan beragam jenis hiburan, seperti Ludruk, acapkali pula dihadirkan, terutama pada hari-hari libur.

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga (2005)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Tirta Wisata, Kabupaten Jombang

  1. unique says:

    a good post..
    i like it😀
    Mau menikmati liburan dengan paket wisata unik dari Sumatera Barat, kunjungi kami di TOURS MINANGKABAU
    Terima kasih

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s