Pemandian Sumberboto, Jombang

Melongok Pemandian Sumberboto, Wisata Tinggalan Kerajaan Majapahit

Sekitar tujuh kilometer dari arah kota Kecamatan Mojoagung, terdapat sebuah monumen dan pemandian bernama Sumberboto, karena terletak di Desa Sumberboto. Di sana terdapat ‘saksi sejarah’ yang, konon, dikabarkan sebagai peninggalan Kerajaan Majapahit. Dalam perkembangannya, jadilah tempat itu sebagai sarana rekreasi bagi keluarga. Dan ‘income’ pun diraub Pemda Jombang.

Melihat lokasinya yang mudah terjangkau, sekitar tujuh kilometer dari arah Kota Kecamatan Mojoagung, atau sekitar 20 kilometer dari Kota Jombang, Sumberboto sebenarnya memiliki prospek menjanjikan. Jalan setapak menuju ke sana pun cukup representatif. Melihat peta komplit yang ada, sangatlah wajar jika Pemda Jombang menjadikannya sebagai salah satu wisata andalan.

Dalam sehari, sedikitnya puluhan bahkan ratusan wisatawan datang ke lokasi yang, konon kabarnya, merupakan salah satu bukti peninggalan Kerajaan Majapahit itu. Daya tarik bagi pengunjung, selain terdapat dua lokasi pemandian, satu untuk anak-anak dan satu lagi untuk umum, juga dibangun beberapa sarana bermain.

Di sekelilingnya ditumbuhi beragam tanaman rindang nan hijau, yang berfungsi menaungi lokasi wisata. Dan yang tak kalah menariknya, di sekitarnya juga bisa dimanfaatkan sebagai arena perkemahan umum dan pelajar.

Representatif
Dua kolam renang yang ada di wisata Sumberboto, sebenarnya cukup representatif bagi sebuah tempat rekreasi. Karena beberapa sarana yang.dibutuhkan tersedia kendati tidak mewah, seperti kamar mandi yang berfungsi untuk membersihkan badan usai berendam di kolam.

Airnya yang bening mengalir deras dari pegunungan sekitar, membuat pemandian ini banyak disukai pengunjung. Sarana tempat bermain untuk anak-anak pun, secara fisik, memang tidak semewah di tempat rekreasi ternama lainnya. Tetapi nyatanya selalu ‘dikerumuni’ pengunjung anak-anak.

Dan, yang tak kalah menariknya adalah tersedianya lokasi parkir yang sangat bagus, lebih dari rasa aman. Berdasarkan data yang masuk, sejak lokasi tersebut dijadikan sebagai tempat wisata umum, tampaknya belum pernah sekalipun terjadi pencurian kenadaraan bermotor milik pengunjung. Dan rupanya hal tersebut lebih disebabkan karena sistem penjagaan yang ekstra ketat dari para petugas yang ditunjuk.

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jombang (2005)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pemandian Sumberboto, Jombang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s