Makam Mbah Sayyit Sulaiman, Mojoagung, Jombang

Makam Mbah Sayyit Sulaiman terdapat di Desa Mancilan, Kecamatan Mojoagung. Makam ini selain dikenal sebagai tempat bersejarah sekaligus dikeramatkan. Setiap malam Jum’at Legi, selalu dipadati ratusan bahkan ribuan pengunjung. Ada yang hanya berziarah ada pula untuk ‘meminta berkah’.

Keturunan Rasul
makam mbah sayyit sulaimanMbah Sayyit Sulaiman adalah keturunan ke-26 Rasulullah SAW. Semasa hidupnya, selain dikenal tekun beribadah, tingkah polah serta lakunya nyaris tidak ada beda dibanding Rasululloh. Dia arif serta bijak, terutama dalam mengambil setiap keputusan. Santun terhadap sesama. Hormat kepada setiap orang yang dijumpainya.

Sebagai ‘trah’ Rasul, Mbah Sayyit Sulaiman selalu menjunjung tinggi kegiatan keagamaan. Setiap kesempatan siar agama, misalnya, dia senantiasa mengedepankan pola seperti yang dilakukan Rasululloh, SAW. Mbah Sayyit juga gemar berziarah ke makam-rnakam para ulama seantero jagad.

Dia wafat pada tanggal 17 Robiul Awal 1193 H atau 24 Maret 1780 M, Jum’at Legi. Ibunya adalah seorang putri Sultan Cirebon. Dia menjabat sebagai Qodli di Kanigoro, Pasuruan. Sewaktu berziarah ke makam waliulloh, Mbah Raden Alif di Desa Mancilan, Mojoagung, dia sakit sampai akhirnya dia wafat di tempat itu juga.

Ziarah dan Berkah Sebelum berziarah di Makarn Mbah Sayyit Sulairnan, sebaiknya peziarah terlebih dahulu ‘pamitan’ ke Makam Mbah Raden Alif. Karena memang kehadiran Mbah Sayyit Sulaiman di Desa Mancilan adalah untuk berziarah ke Makam Raden Alif. Dan sampai sekarang pun hal tersebut dijadikan semacam ‘kultur’.

Menurut juru kunci kultur tersebut semata sebagai penghormatan kepada ‘cikal bakal’ munculnya makam-makam bersejarah di Desa Mancilan. Sementara itu membludaknya peziarah, terutama pada malam Jum’at Legi, berdampak kepada perbaikan kehidupan perekonomian penduduk sekitar. Pasalnya, secara dadakan warga menggelar dagangan dan beragam jenis dengan harga relatif terjangkau.

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jombang (2005)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Makam Mbah Sayyit Sulaiman, Mojoagung, Jombang

  1. M.abdul falaq says:

    Raden alif sama mbah Alif itu sama ap beda??

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s