LSS (Lesehan Stadion Semeru), Kabupaten Lumajang

lesehan stadion Pusaka JawatimuranKota Lumajang yang kerap disebut ” Kota Kantong” kini sudah banyak berubah. Kota yang asri dengan hawanya yang sejuk dan tenang ini, dimalam hari sekarang sudah mulai semarak. Hal ini karena dimana-mana sudah bermunculan kedai – kedai, warung warung makanan lesehan. Karena jumlahnya yang banyak, tentu saja menciptakan aneka menu yang bervariasi. Sehingga bagi pecinta wisata kuliner, kota Lumajang tidak mau ketinggalan dengan kota – kota lainnya.

Pemkab Lumajang telah menyediakan kawasan stand khusus bagi warganya yang membuka usaha makanan. Mereka ditempatkan di sebelah timur Stadion Semeru Lumajang. Ada puluhan stand berdiri disana dan menyediakan aneka menu kuliner, mulai dari masakan khas tradisional Lumajang dan jenis – jenis masakan lainnya.

Stand yang tertata rapi ini bahkan sempat mendapat penghargaan sebagai juara pertama pengelolaan wisata kuliner se-Jawa Timur. Keberpihakkan Pemkab terhadap pengembangan ekonomi masyarakat, selama ini terus digencarkan. Tentu saja, tidak hanya memberikan fasilitas tempat bagi usaha para pedagang kaki lima, pengusaha makanan, tetapi juga memberikan kemudahan – kemudahan dalam mendapatkan akses permodalan.

Beberapa perbankan di Lumajang, telah mencanangkan program kredit murah, tanpa jaminan atau anggunan. Program ini diarahkan untuk pemberdayaan pengusaha kecil yang merintis usahanya untuk bisa lebih maju dan berkembang.

Sejumlah pedagang mengaju sangat senang dan menyambut gembira program ini dan mereka sangat berharap bahwa terus dilakukan pembinaan yang berkesinambungan untuk memberikan ruang lebih luas dalam pengembangan usaha mereka. Bahkan mereka juga menjanjikan untuk menjalankan bidang usahanya lebih serius, terprogram dan terus meningkatkan pelayanan dalam menyambut para wisatawan kuliner dari berbagai daerah.

warung-apung - Pusaka Jawatimuran .2jpgSetidaknya, dengan kebersamaan dan persaingan yang sehat antar pengelola usaha makanan, bisa semakin meningkatkan kunjungan para wisatawan, baik domestik atau manca negara.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Kirana, Edisi 2011, Lumajang, 2011,0730 * Pujasera

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to LSS (Lesehan Stadion Semeru), Kabupaten Lumajang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s