Candi Rimbi, Kabupaten Jombang

Candi Rimbi Tempat istirahat Petinggi Majapahit

candi rimbi Kab.JombangSecara fisik Candi Arimbi memang tidaklah terlampau besar. Namun keberadaan candi ini juga memiliki cerita sejarah yang tak kalah menariknya dibanding candi lain di Jawa Timur bahkan Pulau Jawa. Konon, candi tersebut adalah ‘petilasan’ (tempat singgah sementara) para petinggi Kerajaan Majapahit.

Candi Rimbi terletak di lereng pegunungan Anjasmoro.Tepatnya di Desa Ngrimbi, Kecamatan Bareng Kabupaten Jombang.

Lokasinya strategis berada pas di pinggiran jalan raya utama Mojoagung-Wonosalam, di perbatasan antara Kecamatan Wonosalam dan Kecamatan Bareng. sehingga bagi wisatawan yang akan berkunjung mudah untuk menemukannya.

Insfrastrukturnyapun sangat mendukung, jalan sudah beraspal mulus. Pemandangan sepanjang jalan menuju candi ini juga sangat indah, sehingga pejalanan akan sangat menyenangkan.  Jumlah pengunjung yang hadir memang belum terlampau banyak.

Karena memang candi berukuran mini ini belum sepopuler  Candi Penataran serta candi lain yang ada di Jawatimur yang sudah memiliki nilai dan bukti sejarah yang jauh lebih menggema. Namun demikian, masyarakat Jawa Timur sudah banyak yang mengenalnya, termasuk para pejabat pemerintahan Jawa Timur acapkali melakukan kunjungan ke bangunan kuno yang secara resmi diplot sebagai salah satu tujuan wisata nasional tersebut.

Petilasan

cndi-rimbi0021Konon candi ini dulu merupakan pintu gerbang kerajaan Majapahit sebelah selatan. Pada kawasan sekitar candi ini hawanya sangat sejuk karena berada di ketinggian 1.200 m dari permukaan air laut. Insfrastrukturnyapun sudah sangat bagus, didukung oleh jalan beraspal yang mulus. Pemandangan menuju candi ini juga sangat indah, sehingga perjalanan akan sangat menyenangkan.

Selain itu menurut cerita yang berkembang, dahulu kala ketika Kerajaan Majapahit  masih memerintah, dan ketika para petinggi kerajaan akan mengadakan kunjungan (perjalanan), ke arah kulon (barat), Candi Rimbi selalu dimanfaatkan sebagai tempat singgah sementara (petilasan). Selama disana, beragam kesibukan dilakukan termasuk ‘menaruh’ beberapa bukti penting yang mungkin bisa diingat selama-lamanya.=S1Wh0T0=


‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾

Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jombang (2005)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Candi Rimbi, Kabupaten Jombang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s