Air Terjun Tretes, Kabupaten Jombang

Air Terjun Tretes, Jombang

air terjun tretes Kab. JombangPesona Air Terjun Tretes “Belum Tersentuh Tangan Jahil” Air terjun Tretes terletak di Dusun Pengajaran, Desa Galengdowo, Kecamatan Wonosalam, Jombang. Letak di ketinggian 1.250 m dari permukaan air laut,  Panorama alamnya yang masih asri, nan sejuk diyakini dapat mengundang antusiasme wisatawan. Baik lokal maupun manca negara. Ada jalan setapak yang setiap saat siap membawa pengunjung ke lokasi air terjun. Termasuk beberapa jasa angkut ‘tradisional’ serta beberapa tempat peristirahatan. Perjalanan yang melelahkan terbayar lunas manakala kita sudah sampai di lokasi ini, apalagi kalau kita menyempatkan diri untuk mandi. Wisata air terjun ini sangat sejuk.

Mudah Dijangkau
Untuk sampai di lokasi Air Terjun Tretes, pengunjung harus menempuh jalan setapak yang memang cukup melelahkan. Dari pusat Desa Galengdowo, kurang lebih berj arak 5 kilometer. Meski medannya cukup menantang, pengunjung diyakini tidak akan jenuh lantaran di ruas kanan dan kiri jalan terhampar beragam tumbuhan nan asri. Setiba di lokasi, pengunjung ‘disuguhi’ oleh panorama alam yang masih utuh, belurn tersentuh tangan-tangan jahil. Bebatuan dari berbagai jenis tumbuh ‘berserakan’ namun terlihat masih utuh. Batu-batuan tersebut biasanya dimanfaatkan sebagai tempat duduk atau bahkan tempat bersantai usai menikmati kucuran air terjun.

Pemandangan yang tak kalah menariknya, adalah gundukan-gundukan tanah yang sebagian ditumbuhi tumbuhan (pohon, red) dari berbagai jenis. Selain rindang, juga bisa dimanfaatkan sebagai tempat berteduh, menghindari sengatan sinar mentari yang memancar diantara pepohonan dan tebing. Dari ribuan wisatawan yang berkunjung kesana mayoritas bertujuan ingin ‘bersenda-gurau’ dengan kucuran dan sejuknya air yang jatuh dari tebing yang cukup terjal itu. Tak ayal, begitu tiba di lokasi, mereka serta merta melepas alas kaki dan menyisakan beberapa lembar pakaian yang memang tidak boleh sama sekali ditanggalkan. Bagi mereka yang betah menahan rasa sakit menampik air jatuh, mereka anggap sebagai hiburan sekaligus pengalaman yang amat berharga. Sebuah ‘kenikmatan’ yang sama sekali tidak bisa dinilai dengan apapun di dunia. Jadi, tak heran bila mereka betah berlama-lama di lokasi air terjun. Berdasarkan data, jumlah pengunjung yang datang tercatat sudah ribuan, domestik maupun manca negara.

Namun, sejauh ini sebagian besar didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Salah satu penyebabnya, karena ‘dekat’ dengan bumi perkemahan yang terletak di Dusun Pengajaran. Maka tak pelak setiap peserta kemah salah satu kegiatannya selalu memprogramkan kunjungan ke air tetjun yang letaknya berbatasan dengan wilayah Kabupaten Kediri tersebut.

Dibiarkan Alami
Keberadaan wisata yang satu ini diharapkan benar-benar dapat dikelola secara profesional tanpa mengotak-atik apa yang sudah ada. Artinya, seiring upaya pengembangan yang akan kami lakukan, sebisa mungkin tidak akan merubah wujud aslinya. Sebab, jika itu dilakukan, bukan tidak mungkin daya tariknya menjadi berkurang. Sementara, seperti yang kita tahu di lapangan, bahwa mayoritas calon wisatawan, terutama yang dari manca negara, menghendaki kondisi sebuah lokasi wisata yang masih alami.

Dari semua permasalahan yang kini tengah diupayakan, sebenarnya ada satu substansi yang dianggapnya sangat penting dan mendesak untuk segera dilakukan. Apa itu? “Pelebaran Kondisi jalan setapak menuju lokasi air Terjun Tretes seperti yang ada saat ini, sebenarnya cukup memenuhi syarat. Akan tetapi, agar lebih memiliki daya tarik sekaligus pula agar dapat dilalui oleh sarana angkutan yang diperlukan, tidak ada salahnya jika dilakukan renovasi berupa perluasan jalan. Hal itu, erat kaitannya dengan upaya pemberian pelayanan kepada setiap calon pengunjung. Artinya, apapun yang terjadi, pengunjung dianggap sebagai Raja. Agar sang Raja bisa senang, maka sebaiknya kita memberikan pelayanan yang terbaik. Kalau Raja merasa senang, kita juga akan menikmati imbasnya.

Memberdayakan Warga
Sementara sebagai langkah solusi sejalan adanya ide pelebaran jalan setapak menuju lokasi air terjun Tretes, maka dalam waktu dekat Pemda Jombang, kemungkinan besar akan mengoperasikan angkutan roda dua (ojek) danjasa angkut Kuda. Tentang siapa saja yang akan dilibatkan, menunggu perkembangan lebih lanjut. Artinya, hal tersebut perlu di rembug dengan penduduk sekitar lokasi air terjun.

Pos Peristirahatan
Untuk memberikan kemudahan kepada setiap pengunjung, selain mengoperasikan sarana angkutan ojek dan kuda, pihaknya juga akan didirikan pos-pos peristirahatan, utamanya bagi mereka yang capai. Di masing-masing pos nantinya juga akan dibangun kios-kios makanan ringan dan minuman. Mengenai siapa-siapa yang boleh berjualan di kios-kios tersebut, tidak lain adalah penduduk sekitar yang sebelumnya sudah mendapatkan kesepakatan antar warga sendiri.

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Pesona Alam Jombang, Kantor Pariwisata Kebudayaan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Jombang (2005)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Air Terjun Tretes, Kabupaten Jombang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s