Rawon Ikan Sembilang

Rawon Ikan Sembilang, Rasanya Top Markotop

BICARANYA lugas tanpa beban. Semua yang dikatakan tidak ingin keliru. Kalau bicara mempromosikan daerah­nya, wanita yang satu ini sangat antu­sias. Itulah Anjar Noermala, SH, MHum, Kepala Seksi Jasa Wisata Disbudpar Ka­bupaten Probolinggo.

Dalam berbagai kesempatan, ibu seorang anak dan dua orang cucu ini membeberkan, produk- produk unggulan Kabupaten Probolinggo, serta obyek wisata yang dimiliki Kabupaten Probolinggo seperti Pantai Ben­tar, Gunung Bromo dan air terjun Madakaripura, Bu Anjar,— panggilannya, men­dampingi dengan cekatan menjelaskan berbagai hal menyangkut dunia kepari­wisataan di Kabupaten Probolinggo.

Wanita kelahiran 50 tahun lalu ini berbicara tentang Kepariwisataan dae­rahnya, menyebutkan kalau di tingkat nasional ada segitiga emas, di Kabu­paten Probolinggo ada yang namanya Tri B, yaitu Bromo, Bentar, dan Bremi. Bromo dan Bentar jamak diketahui ma­syarakat akan keindahannya, namun Bremi belum banyak orang tahu.

Bremi itu nama desa, katanya. Dae­rah ini penghasil buah Markisa dan me­rupakan miniland pariwisata. Di sana wisatawan bisa menikmati indahnya pe­mandangan dan melihat serta memetik buah markisa yang warnanya merah

Unggulan lainnya di bidang kuliner adalah Rawon Ikan Sembilang yang tidak ada duanya di daerah lain. Masakan yang satu ini memang tidak berlebihan bila disebut Unggulan, sebab memang benar-benar bisa diunggulkan.

Sepintas memang tidak beda dengan rawon daging pada umumnya, namun bila sudah mencicipi betul-betul sangat berbeda sekali, dengan racikan bumbu yang khas, seakan membuat lidah serasa ingin terus menikmatinya.

Yang membedakan dengan rawon yang lainnya adalah rasa bum­bunya yang begitu meresap, seakan menyatu dengan Ikan Sembilang. Ke­nikmatan Rawon Ikan Sembilang itu semakin terasa dengan sam­balnya yang khas, sehingga me­nambah selera makan kita.

Bumbu Rawon Ikan Sembilang sebetulnya sama dengan rawon pada umumnya, namun halusnya serat daging sembilang sangat terasa. Silahkan mencoba masakan khas Kabupaten Probolinggo ini, yang rasanya Top markotop deh, rosy

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: SUARA DESA, Edisi 07, 15 Agustus -15 September 2012, hlm. 35

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Rawon Ikan Sembilang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s