Gulai Ubus, Kabupaten Gresik

Lezatnya Gulai Ubus……..Mak Nyusss!

Sekilas, tampilannya mirip gulai maryam. Tapi di lidah rasanya beda!

Pusaka Jawatimuran gulai-ubusDi atas bukit-bukit kapur yang memangku keberadaan Kota Gresik, ternyata menyimpan berbagai macam kuliner yang siap memanjakan lidah penikmatnya. Sebut saja seperti nasi krawu, otak-otak bandeng, pudak, dan yang tak kalah lezat, gulai ubus.

Anda pernah menjajal kenikmatan gulai ubus? Gulai ubus merupakan makanan khas gresikyang sekilas penampilannya mirip gulai maryam. Berbeda dengan nasi krawu dan pudak yang banyak dijual di kaki lima atau toko oleh-oleh khas Gresik, keberadaan gulai ubus kini mulai jarang/Ubus ini hanya dijual di sini dan sekitar Makam Sunan Giri,” kata Hanifah, penjual gulai ubus di wilayah Jalan Gubernur Suryo, Gresik.

Ubus terbuat dari racikan tepung terigu, mentega dan telur yang dicampur menjadi satu. Kemudian adonan itu digoreng di atas wajan lebar, sehingga menghasilkan bentuk yang kering, pipih dan panjang. Biasanya ubus dicetak dengan ukuran panjang 30 cm.

Rasa yang dihasilkan pun cukup unik. Jika roti maryam mempunyai cita rasa khas timur tengah, dengan daging roti yang tebal dan tekstur berminyak, ubus punya rasa berbeda. Saat Anda menggigitnya, kress! Sensasi renyah mirip kerupuk langsung membuai indra perasa Anda.

Sama halnya dengan gulai maryam, ubus juga dihidangkan bersama gulai kambing. Saat akan disajikan ke dalam sebuah mangkuk, ubus terlebih dahulu dipatah-patahkan dengan ukuran yang besar. Setelah itu, potongan ubus yang memenuhi mangkuk diguyur dengan kuah gulai kambing yang panas. Begitu terkena kuah gulai panas, ubus langsung menjadi lunglai, menyerupai sagu.Tapi, guyuran itu tidak ke semua bagian ubus, hanya di

tengahnya saja. Sehingga, menyisakan bagian yang tetap kering. “Gulai ubus sangat cocok disajikan saat masih panas,” imbuh Hanifah.

Bagian ubus yang terkena gulai dan yang tidak, menciptakan sensasi rasa eksotis. Gurih di bagian luar dan lembut di dalam, dengan aroma gulai. Bagi Anda penggemar masakan Arab atau India, makanan ini sangat cocok. Daging yang empuk, paduan kuah gulai yang mengandung banyak rempah dan santan, menghadirkan cita rasa timur tengah ke dalam masakan ini. *

Satu porsi gulai ubus dibanderol dengan harga Rp 13.500,-. Porsi yang diberikan pun sebanding dengan harganya, sangat mengenyangkan. “Saya sudah lama langganan gulai ubus di sini. Rasanya enak sekali dan mengenyangkan. Karena setelah ditelan, rasanya seperti mengembang di dalam perut,” ujar Ida, seorang pembeli asli Gresik, lantas tersenyum.

Dengan kuasa-Nya, Allah telah menyediakan begitu banyak makanan halal bagi manusia. Lalu mengapa masih ada yang mencari makanan haram? ■ naskah: subagus indra I foto: fahrizal tito

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: ALFALAH September 2012, hlm. 48-49

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Gulai Ubus, Kabupaten Gresik

  1. Dg melihat postingan kuliner khas Gresik ini isun malah kepengen moleh nang Gresik kangen ambek rego krawu, gule ubus, masak bali welut & legen…. Ayok moleh rek….!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s