Rafting, Kabupaten Blitar

Dari Launching & Gelar Wisata Rafting di Kabupaten Blitar 2011, Diawali Penyerahan Bibit, Dilanjutkan Telusuri Sungai Lekso.

Ayu RaftingUpaya Dinas Kebudayaan dan pariwisata Jatim dalam mensinergikan tiga kegiatan yang bisa melibatkan dua SKPD lainnya dalam satu momen tampaknya harus diacungi jempol, karena menghemat biaya, waktu dan tenaga.

Disbudpar Jatim yang dinahkodai mantan Kepala Biro Pemerintahan dan Wakil Bapemas, Dr.Jarianto,M.Si, Minggu (15/5) menggelar Launching dan Gelar Wisata Rafting yang berawal di Dusun Ngadirenggo Desa Tegalasri dan berakhir di desa Tembalan Kecamatan Wlingi.

Seperti diketahui dalam kegiatan ini Disbudpar mengambil un sur wisatanya, tapi dalam pelaksanaan ada dua unsur lain yang bisa dijadikan tupoksi Badan Lingkungan Hidup (BLH) dan Dinas Kepemudaaan dan Kelolahragaan.

Kegiatan yang menyangkut BLH adalah penyerahan bibit penghijauan, pohon Maoni dari Wakil Bupati Drs.Rijanto,MM kepada Camat Wlingi sebelum acara eli mulai. Sedang yang menyangkut Dispora adalah raftingnya yang masuk dalam katagori arung jeram, yang masuk dalam kelompok olahraga rekreasi (Sesuai UU No.3 Tahun 2005 Tentang Sistem Keolahragaan Nasional).

Launching rafting menyelusuri Sungai Lekso sepanj·ang tujuh kilometer tersebut melibatkan 35 perahu karet dengan menyedot 175 peserta dari berbagai elemen, diantaranya Insan pariwisata, Pelaku pariwisata.

Stakeholder, Disbudpar JatimlKab, Organisasi Kepemudaan, Organisasi Keolahragaan, Media, LSM dan berbagai komunitas di Blitar tersebut kedepannya dapat memancing banyaknya wisatawan, terurama jika akan melakukan outbond. 

Cukup Menantang

Pustaka Jawatimuran - Ayu Rafting

Rafting atau Arung jeram adalahu aktifitas pengarungan bagian alur sungai yang berjeram/riam, dengan menggunakan wahana tertentu.

Pengertian wahana dalam pengarungan sungai berjeram/riam yaitu sarana yang terdiri dari perahu karet, kayak, kano dan dayung. Tujuan berarungjeram bisa dilihat dari sisi olah raga, rekreasi dan ekspedisi.

Jadi dengan demikian kita dapat definisikan bahwa olah ragaArung Jerarn (White Water Rafting) merupakan olah raga mengarungi sungai beljeram, dengan menggunakan perahu karet, kayak, kano dan dayung dengan tujuan rekreasi atau ekspedisi.


Tak dapat dibantah bahwa Arung Jeram merupakan olah raga yang penuh resiko (high risk sport). Namun demikian, setiap orang mampu melakukannya-asalkan dia dalam kondisi “baik”; baik dalam arti pemahaman teknis, kemampuan membaca medan secara kognitif, dan sehat fisik dan mental.
Rafting atau Arung jeram sebagai olah raga kelompok, sangat mengandalkan pada kekompakan tim secara keseluruhan. Kerja sama yang terpadu dan pengertian yang mendalam antar awak perahu, dapat dikatakan sebagai faktor utama yang menunjang keberhasilan melewati berbagai hambatan di sungai.

Ayu-rafting Pusaka JawatimuranJadi,rafting atau arung jeram adalah olah raga yang menuntut keterampilan. Untuk itu sangat membutuhkan waktu untuk berkembang. Perkembangan ke arah mencapai kemampuan yang prima, hanya mungkin apabila mau mempelajari sifat-sifat sungai, serta bersedia melatih diri di tempat itu.

Kecuali perlu mengembangkan pengetahuan mengenai sifat-sifat sungai, wajib pula berlatih berdayung, berkayuh di sungai. Implikasinya butuh mengembangkan kemampuan fisik, agar selalu mencapai kondisi seoptimal mungkin. (sem)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:JATIM Plus, Edisi 279 Minggu III-Mei 2011, hlm. 4.

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Rafting, Kabupaten Blitar

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s