Boro Rafting, Kabupaten Jombang

Ayu Rafting JawatimuranProvinsi Jawa Timur memiliki beberapa lokasi arung jeram yang tersebar di beberapa daerah antara lain Songa Rafting di Probolinggo, Kasembon Rafting di Malang, Rafting Kediri, Rafting Pacet dan Blitar. sekarang tambah satu lagi lokasi rafting yang bisa dicoba yaitu Boro Rafting.

Wisata Arung Jeram Sungai Boro, Jombang. “Boro Rafting” merupakan wisata arung jeram yang memanfaatkan aliran Sungai Boro yang terletak di lereng Gunung Anjasmoro, dusun mendiro desa panglungan kecamatan Wonosalam Kabupaten Jombang.

Wonosalam secara topografis berupa daerah pegunungan dan dataran tinggi. Di sana masih banyak ditemukan hutan pinus dan perkebunan penduduk yang mayoritas berupa kebun cengkeh, kakao, kopi dan durian. Tidak heran jika di sana udara masih begitu segar, air masih begitu dingin dan pemandangan alam di sekitar masih terasa hijau.

Kikik Pusaka Jawatimuran.1 jpgMenuju ke lokasi boro rafting tidaklah terlalu sulit. Dari Surabaya melalui pertigaan Brangkal ke selatan melewati Jatirejo – Jabung – Wonosalam. Juga bisa melalui pertigaan terminal Mojoagung ke selatan terus mengikuti petunjuk agrowisata Panglungan.

Boro Rafting”  baru dibuka 8 Oktober 2011 ini, berbeda dengan lokasi-lokasi rafting yang lainnya. Di aliran sungai sepanjang 8 kilometer ini airnya jernih, peserta tidak akan menjumpai kondisi arus yang tenang semua berupa jeram yang sangat deras.

Sepanjang aliran Sungai Boro tersebut, adrenalin peserta rafting akan dipacu oleh derasnya arus sungai dan batu-batu besar yang tersebar di sungai tersebut. Seru dan menegangkan, itulah kata itu yang pantas untuk menggambarkan situasi selama ber-arung jeram. Sejak start dimulai kita akan dihajar habis-habisan oleh arus sungai yang begitu menghentak adrenalin. Dengan arus sungai yang begitu derasnya, pihak pengelola yakin akan makin banyak lagi pengunjung yang mencoba berwisata arung jeram disini.

Lokasi arung jeram di Sungai Boro ini masih sangat alami, sehingga untuk menuju ke lokasi, pengunjung harus berjalan kaki selama 30 menit dengan medan yang cukup curam.

Pihak pengelola menyediakan 11 buah perahu karet yang siap memberangkatkan total 40 orang sekali start. Tiap perahu diisi oleh 4 orang ditambah 1 orang pemandu.

Boro eco adventure sebagai penyelenggara kegiatan wisata arung jeram di sungai boro ini menyediakan beberapa paket rafting. Tiga paket andalan boro rafting adalah:

Majapahit Rafting trip dengan jarak tempuh +/- 8 Km,

Hayam Wuruk Rafting trip dengan jarak tempuh +/- 4 Km, dan

Raden Wijaya Rafting Trip dengan jarak tempuh +/- 4 Km.

The real adventure Boro rafting memberikan sensasi wisata arung jeram yang penuh tantangan uji andrenalin. Sungai boro sebagai lintasan trip andalan boro rafting merupakan sungai yang masih alami yang mengalir dari kawasan gunung anjasmoro di daerah wonosalam Jombang. Start boro rafting berada di dusun mendiro desa Panglungan Wonosalam. Untuk Majapahit rafting trip juga melintasi lokasi wisata gua sigolo-golo.

Untuk informasi lebih lanjut mengenai Boro Rafting ini bisa menghubungi Boro Eco Adventure di nomor telepon 0321 – 415 4141 (Diah) atau 031 – 7061 9343 (Farhan).

——————————————————————————————-

Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Brusur : Boro Eco Adventure (Boro Rafting)

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Boro Rafting, Kabupaten Jombang

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s