Songa Rafting, Kabupaten Probolinggo

 

songa-rafting Pusaka JawatimuranSONGA Rafting merupakan pemain lama dalam bidang wisata arung jeram di Sungai Pekalen, Kabupaten Probolinggo, yakni sejak tahun 2000. Songa Rafting beroperasiopal di Sungai Pekalen Atas dan Bawah. Mempunyai dua basecamp yaitu di Desa Condong untuk base camp Pekalen Bawah dan di Desa Hanu Gedang untuk basecamp Pekalen Atas.

Sungai Pekalen terletak 25 km dari Kota Probolinggo. Tepatnya terbentang di antara tiga kecamatan berturut-turut yaitu Kecamatan Tiris, Kecamatan Maron, dan Kecamatan Gading. Bantaran sungai yang bisa diarungi penggila rafting berjarak 29 km.  Kemegahan air terjun dan masih ditemuinya beberapa satwa langka seperti burung elang, biawak, linsang, tupai menjadi daya tarik tersendiri yang dapat Anda nikmati selama berarung jeram di Sungai Pekalen.

Rafting Galuh

Sungai Pekalen bersumber dari mata air Gunung Argopuro dan Gunung Lamongan dengan lebar sungai rata-rata 5-20 meter, memiliki tingkat kesulitan (grade) 2 – 3+ dan kedalaman air kurang lebih 1-3 m. Jarak pengarungan dari Start-Finish untuk jalur Sungai Pekalen Bawah yaitu sepanjang 9 km, dan 12 kilometer untuk jalur Sungai Pekalen Atas, dengan jumlah jeram masing-masing sekitar50-an buah. Lokasi base camp Songa Rafting tidaklah begitu sulit karena. dari Jalan Raya Probolinggo telah terpasang papan petunjuk (pointer) terletak di sisi kiri maupun kanan jalan. Dari Jalan Raya ini harus menempuh jarak sekitar 15 km untuk sampai ke basecamp.

Pusaka Jawatimuran-Galuh

Saat tiba di basecamp Songa Rafting, peserta akan disuguhi minuman selamat datang, setelah itu diperkenankan untuk berganti pakaian yang nyaman untuk berarung jeram. Sebelum berangkat menuju Start Point, para pengunjung wisata arung jeram Songa Rafting akan dilengkapi  pelindung keselamatan seperti helm dan jaket pelampung, serta dipandu oleh seorang guide yang telah terlatih dan berpengalaman. Perahu karet yang dipakai

songa-Pusaka Jawatimuran

adalah jenis inflatable raft yang memang diperuntukkan untuk melewati jeram dengan aman karena berisi udara yang dapat meredam benturan antara badan perahu dengan bebatuan jeram.

Untuk menuju ke Start Point, para pengunjung yang akan berarung jeram akan diangkut dengan mobil pikap. Dengan berarung jeram bersama Songa Rafting, Anda akan merasakan sensasi yang begitu menyenangkan. Dijamin rasa penat dan capek pun hilang begitu melit)at keindahan dan merasakan serunya berarung jeram di sini.

———————————————————————————-

Dinukil  oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:   Bhirawa. Mata Rakyat Mitra Birokrat, Senen Wage, 12 Desember 2011. hlm. 11

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Songa Rafting, Kabupaten Probolinggo

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s