Wisata Golf, Jawa Timur

Wisatawan domestik merupakan pasar potensial wisata golf saat ini. Sebab, olah raga golf bukan lagi diperuntukan bagi kalangan berduit saja, tetapi sudah menjadi gaya hidup bagi wisatawan domestik, mancanegara bahkan masyarakat lokal Bali itu sendiri. Demikian dikatakan Kepala Dinas kebudayaan dan Pariwisata Jatim, Dr. Jarianto, ketika membuka.Kegiatan Gelar Wisata Golf Anniversary Golf  Turnament XVI ini dalam angka mendukung dan mensukseskan tahun kunjungan Wisata Jawa Timur 2011 sekaligus memperkenalkan Bukit Darmo Golf sebagai salah satu daya tarik wisata buatan unggulan di Jawa Timur.

Kegiatan ini terselenggara atas kerja sama sinergi antara Bukit Darmo Golf dengan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jawa Timur sebagai ajang penggali potensi pegolf, untuk berkreatifitas dan menjadikan kejuaraan ini sebagai event tahunan dan sekaligus sebagai ajang promosi potensi budaya dan pariwisata Jatim. Golf adalah permainan luar ruang yang dimainkan secara perorangan atau tim yang berlomba memasukkan bola ke dalam lubang-lubang yang ada di lapangan dengan jumlah pukulan tersedikit mungkin.

Bola golf dipukul dengan menggunakan satu set tongkat pemukul yang disebut klab (stik I golf). Golf adalah salah satu dari permainan yang tidak memiliki lapangan permainan yang standar, melainkan dimainkan di padang golf yang masing- masing memiliki desain unik, dan biasanya terdiri dari 9 atau 18 hole (lubang). Sebagai informasi secara umum perkembangan sektor pariwisata di Jawa Timur cukup baik, jumlah daya tarik wisata 761 DTW terdiri dari 264 DTW alam, 306 DTW budaya dan 191 DTW buatan. Jumlah kunjungan wisatawan mancanegara (yang melalui Bandara Juanda saja selama 2010 sebanyak 168.888 orang, meningkat 6,84% dibandigkan pada tahun 2009 sebanyak 158,076 orang. Kunjungan wisatawan nusantara pada tahun 2010 mencapai 24.338.698 orang menigkat 5,00% dibandingkan 2009 sebanyak 23.179.713 orang.

Pendapatan Domestik Regional Bruto (PDRB) atas dasar harga berlaku pada tahun 2001 dari usaha hotel, restoran dan jasa hiburan saja mencapai Rp 48,12 Trilun atau meningkat 21,05% dari tahun 2009 sebesar Rp 39,75 trilyun. Kontribusi ini dibanding dengan PDRB Jawa Timur tahun 2010 sebesar Rp 778,46 trilyun berarti mencapai 6,18%. Sedangkan perolehan pajak dari ketiga jenis usaha pariwisata tersebut selama tahun 2009 sebesar Rp 255,6 milyar, meningkat 2,85% dibandingkan pada tahun 2008 sebesar Rp 248,50 milyar. Melalui kegiatan gelar Atraksi Wisata Golf Jawa Timur 2011 kita berharap agar berdampak positif terhadap perkembangan kepariwisataan di wilayah Jawa Timur dan diharapkan dapat menarik minat investor untuk berinvestasi di Propinsi Jatim.

Golf berasal dari Skotlandia, Belanda dan telah dimainkan selama lebih kurang 500 tahun di kepulauan Britania Raya. Lapangan golf tertua di dunia yang diketahui adalah The Old Links di Musselburgh. Di sana golf telah dimainkan sejak tahun 1672. Orang yang bermain golf biasa disebut pegolf. Golf mengenal sistem handicap. Olahraga golf dimainkan di suatu lahan yang dirancang secara khusus. Lahan ini biasa disebut lapangan golf atau padang golf (golf course). Satu padang golf memiliki sejumlah lubang (hole) yang umumnya terdiri dari 9 lubang atau 18 lubang. Pukulan pertama dimulai dari teeing ground. Pukulan pertama ini dinamakan teeing shot.

Rumput di teeing ground  dirawat dengan baik. Setelah pukulan pertama, pemain memukul bola lagi dari posisi bola terakhir setelah pukulan pertama. Bola itu bisa mendarat di fairway ataupun di rough. Rumput di fairway dipotong pendek sehingga bola mudah untuk dipukul. Sedangkan di rough, rumputnya lebih panjang dari pada di fairway sehingga bola sulit untuk dipukul. Pemain terus memukul hingga bola masuk ke lubang (hole atau cup). Setiap hole hanya memiliki satu lubang. Setiap hole biasanya memiliki rintangan atau hazards. Rintangan terdiri atas dua macam yaitu: rintangan air seperti sungai atau danau, dan bungker (bunker) berupa cekungan berisi pasir.

Green mengacu pada area putting. Di green, pemain hanya diperbolehkan memakai stik golf yang disebut putter. Rumput di green dipotong sangat pendek sehingga bola bisa bergulir dengan mudah. Lubang berdiameter 108 mm (4.25 inci), selalu berada di rumput dan memiliki kedalaman sedikitnya 100 mm (3.94 inci). Cup biasanya selalu ditandai dengan sebuah bendera sehingga pemain bisa melihatnya dari kejauhan. Suatu course memiliki batas yang ditandai dengan pasak-pasak. Di luar tanda itu, dinamakan zona out of bounds atau singkatnya OB. Bila bola mendarat di zona OB maka pemain akan menerima penalti 1 pukulan dan mengulang pukulan dari tempat sebelumnya.

Pada kebanyakan lapangan golf, ada beberapa fasilitas tambahan yang bukan merupakan bagian course itu sendiri. Seperti practice range yang disertai practice green, bunker, dan driving area tempat melatih pukulan jarak jauh. Selain itu disediakan pula arena berlatih (practice course) yang biasanya lebih mudah dan lebih pendek dari pada lapangan golf biasa. (sem)

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Jatim plus, Edisi 283, Ming. IV Juni – Ming. II Juli 2011

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Wisata Golf, Jawa Timur

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s