Pariwisata Kota Probolinggo, Jawa Timur

Mewujudkan Kota Seribu Taman

Pusaka Jawatimuran-kota-probolinggo-2

Pariwisata yang ada di Probolinggo saat ini sedang gencar- gencarnya membuat taman di semua lahan yang tidak produktif di sepanjang jalan masuk kota Probolinggo, sampai pada lahan pekarangan rumah sehingga ikon kota Probolinggo sebagai Kota Seribu Taman dapat terwujud. Selain ikon yang terdahulu yakni Bayuangga meliputi Angin (bayu), Anggur dan Mangga tetap kami lestarikan.

Pusaka Jawatimuran- kota probolinggo-3Di daerahnya banyak potensi wisata yang telah diagendakan menjadi even tahunan misalnya Even SEMIPRO (Seminggu di kota Probolinggo) yang diselenggarakan pada setiap akhir bulan Juni selama seminggu dengan menggelar berbagai kegiatan kesenian, wisata kuliner dan hasil kerajinan masyarakat, pameran, hiburan serta lomba berskala lokal dan nasionaf. Untuk even-even wisata kami memberikan bantuan dana kQpada komunitas peserta yang ikut even melalui APBD,” jelas Awit panggilan sehari-harinya

Potensi wisata yang sedang digalakkan saat ini salah satunya hutan mangrove, mengingat jenis mangrove disini memiliki keanekaragaman yang paling tinggi di pulau Jawa, yaitu tuju jenis/spesies. Selain itu Kota Probolinggo memiliki pantai sepanjang 7 km yang ditumbuhi oleh hutan mangrove dengan luas lahan sebesar 74.68 ha atau sekitar 60 km2 terdapat di Kelurahan Ketapang, 19.34 di Kelurahan Mangunharjo, 12.30 ha di Kelurahan Mayangan, 20.09 di Kelurahan Pilang, dan 16.82 di Kelurahan Sukabumi.

“Pemandangan alam hutan mangrove, khususnya hutan mangrove Ketapang dan Pilang sangat bagus. Selain sebagai tempat memancing juga menjadi temapat liburan keluarga sekaligus pendidikan,” ungkapnya.

Pusaka Jawatimuran-kota-probolinggo-1Untuk merealisasikan ekowisata di hutan mangrove, Pemkot Probolinggo telah menyerahkan pembangunan tersebut kepada pihak swasta. Hal ini merupakan suatu peluang yang sangat menarik yang harus di wujudkan segera. Konsep ekowisata hutan mangrov sangat unik bukan hanya sebagai tempat hiburan saja tetapi juga sebagai tempat pengembangan lingkungan yang berbasis pada pendekatan pemeliharaan dan konservasi alam karena hutan mangrove mempunyai karaktreristik dan kekhasan tersendiri.

Dalam rangka memperkenalkan ekowisata, kami be- kerjasama dengan biro perjalanan. Salah satu cara yang kami lakukan untuk memperkenalkan pada wisatawan asing melalui kapal pesiar. “Memang kami punya agenda dalam satu tahun tiga kali kedatangan kapal pesiar dari luar negeri. Disini mereka kami ajak city tour ke tempat wisata dan bersejarah seperti Gereja Merah, Pusat Pelelangan Ikan (TPI), Taman Wisata Studi Lingkungan (TWSL), Museum Probolinggo, Pasartradisional dan wisata batik. Tidak lupa kami ke hutan mangrove,” papamya.

Harapan ke depan selain anggran juga ada komitmen dari pemerintah kota untuk melestarikan dan mengembangkan potensi wisata yang ada, mengingat potensinya sangat beragam dan siap berkembang dengan dukungan masyarakat dan swasta.❖

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil  Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur : Prasetya,  volume V, No. 50, Februari 2013, hlm. 34

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Pariwisata Kota Probolinggo, Jawa Timur

  1. Bromo Tour says:

    saya bangga menjadi bagian dari pemuda probolinggo yang kaya dengan pariwisatanya🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s