Museum Kambang Putih, Kabupaten Tuban

Pusaka Jawatimuran museum-kambang-putih001Museum Kambang Putih awalnya berada di dalam kompleks Pendopo Krido Manunggal yang di resmikan Gubernur Jawa Timur Wahono pada tanggal 25 Agustus 1984. Dengan pertimbangan untuk mempermudah akses menuju museum, maka museum dipindahkan ke tempat yang lebih strategis, di sebelah barat daya alun-alun Tuban berdekatan dengan wisata ziarah Sunan Bonang. Gedung yang dulunya di kenal dengan sebutan ” kamar bola” dan pernah di pakai sebagai kantor Bappeda kini menjadi Museum Kambang Putih dibawah Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tuban. Museum Kambang Putih yang beralamat di Jl. Kartini No. 3, telp. (0356)321015, diresmikan oleh Gubernur Jawa Timur Basofi Sudirman, memiliki berbagai koleksi prasejarah, klasik (Hindu-Budha), Islam, kolonial, filologi, etnografi, kesenian dan numismatik. Nama “Kambang Putih” adalah nama sebuah tempat (sekarang bernama Tuban) yang termuat dalam prasasti yang dikeluarkan Raja Sri Mapanji Garasakan, prasasti tersebut dikenal dengan Prasasti Kambang Putih (1050). Kambang Putih telah menjadi pelabuhan yang ramai sejak awal abad XI, sebagai tempat perdagangan barang niaga antar pulau dan antar benua.

Pusaka Jawatimuran fosil-kambang-putihFOSIL CULA BADAK (Rhinoceros),
ditemukan di Kec. Jenu, Tuban, secara fisik tetap berbentuk cula badak akan tetapi karena proses alam terjadi perubahan kimiawi, terjadi proses silifikasi (replacement ) yang semula zat tanduk berubah menjadi Si02 (silikon dioksida) sehingga membatu. Badak ini hidup sekitar 300.000 tahun yang lalu.

 

LINGGA - YONI museum-kambang-putih003LINGGA – YONI
Lingga merupakan stilasi bentuk phalus (alat genetalia laki-laki) sebagai simbol Dewa Siwa dan Yoni stilasi dari bentuk vulva (alat genetalia perempuan) sebagai simbol Dewi Parwati, berfungsi sebagai media pemujaan. Penganut Hindu meyakini adanya tiga macam cahaya di dunia yaitu matahari, kilat dan api. Ketiga unsur inilah yang kemudian dijadikan dasar pembuatan lingga yang terdiri dari 3 bagian: Rudrabhaga/Siwabhaga, Wisnubhaga dan Brahmabaga. Lingga dengan aspek • utama melambangkan laki-laki {purusa), api, langit dan yoni dengan aspek wanita (prakrti, pradhana), bumi, tanah, sebagaimana perkawinan laki- laki dan wanita akan menimbulkan pembuahan, kesuburan (fertility) dan melahirkan kehidupan baru, inilah makna penyatuan lingga dan yoni.

JANGKAR
Jangkar berlengan empat setinggi 182 cm dengan cincin kemudi lengkap dengan rantainya, ditemukan di Kec. Bancar, Tuban. Merupakan jangkar kapal bala tentara Mongol yang di kirim ke Jawa oleh Khubilai Khan untuk menyerang Kertanegara (Kerajaan Singosari) pada tahun 1293. Khubilai Khan selain sebagai Kaisar Mongol (1260-1294) juga sekaligus pendiri Dinasti Yuan (1279 -1294).

pusaka Jawatimuran kalpataruKALPATARU
Kalpataru terbuat dari kayu jati (Tectona grandis) berfungsi sebagai tiang penyangga “pendopo rante” yang berada dalam kompleks makam Sunan Bonang. Kayu bercabang empat di ukir dengan berbagai motif tumbuhan (floral design) serta bangunan suci dari empat agama; Islam, Hindu, Budha dan Konghucu (Konfusius). Bangunan suci dari empat agama yang diukir pada satu tempat mengandung makna filosofis sebuah harapan yakni merajut harmoni, membangun kerukunan dan persatuan umat beragama, yang tertuang dalam pohon harapan (wishing tree) atau Kalpataru. Semua dengan satu tujuan, pemujaan kepada Tuhan Yang Maha Esa yang disimbolkan dengan satu tiang yang tegak keatas.

BATIK TUBAN
Batik tuban yang dikenal dengan proses pembuatan kainnya dengan ” tenun gedog “, menyimpan kekayaan berbagai motif tradisional yang pakem, diantaranya : Panji Konang, Ganggeng, Kijing Miring ,Owal Awil, Srigunting , Likasan kothong, Kembang Kluwih dan Lok Can.

Jam Buka
Minggu-Kamis : 07.00- 14.00
Jumat  : 07.00- 11.00
Sabtu     : 07.00 – 12.00
Hari besa, nasional tutup
Bea masuk Gratis
MUSEUM KAMBANG PUTIH teeletak di Jl. Kartini No. 3, Tuban Telp. 0356-321015

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur:  Brosur Museum Kambang Putih Kabupaten Tuban

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

One Response to Museum Kambang Putih, Kabupaten Tuban

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s