Bendungan Bening, Kabupaten Madiun

bendungan beningBendungan Bening adalah sebuah proyek Irigasi Widas, yang merupakan rangkaian proyek-proyek yang dilaksanakan oleh Badan Pelaksana Proyek Induk Pengembangan Wilayah Sungai Kali Brantas, Direktorat Jenderal Pengairan, Departemen Pekerjaan Umum.

Bendungan Bening atau juga lazim disebut Bendungan Widas terletak di Dukuh Petung, Desa Pajaran, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun, +15 km di sebelah barat kota Nganjuk. Lokasi bendungan berada pada Kali Bening yang bermata air di Gunung Wilis. Di sisi utara Kali Bening terdapat Gunung Pandan dan Pegunungan Kendeng.

Maksud dan tujuan dibangunnya Bendungan Bening yaitu Menyediakan air irigasi untuk daerah seluas 9.120 ha. Mengendalikan banjir, Membangkitkan tenaga listrik dengan daya terpasang sebesar 1 x 650 kW. Manfaat lain: -Pengembangan pariwisata -Perikanan darat.

Studi kelayakan Proyek Irigasi Widas dan Dam Bening sebagai salah satu proyek yang diusulkan dalam studi Pengembangan Wilayah Daerah Aliran Sungai Kali Brantas pada tahun 1972, dimulai pada tahun 1976 dilanjutkan dengan pekerjaan investigasi dan Design Report. Pembangunan Bendungan Bening dilaksanakan dari tahun anggaran 1978/1979 sampai dengan tahun 1981/1982. Pelaksana pembangunan adalah:

Pekerjaan konstruksi sipil: Proyek Brantas s/d tahun 1980/1981 dan mulai tahun 1981/1982 oleh PT. Brantas Abipraya (Persero).

Pekerjaan konstruksi baja : pintu-pintu dibuat oleh Marushima Hydraulic Gate Works Ltd., dipasang oleh Marusei Heavy Industry Works Ltd. dan PT Barata Indonesia, sedangkan generator dan turbin oleh Mitsui & Co. Ltd. Pengawasan dilaksanakan oleh Nippon Koei Co. Ltd., Proyek Brantas.

Jumlah dana/biaya yang dikeluarkan untuk pembangunan proyek ini meliputi:  Dana dari APBN sebesar Rp. 16.831.909.000,- serta dana loan dari pemerintah Jepang sebesar ¥ 1,832,640,000 equivalent US$6,108,800

Bendungan Bening diresmikan pada Tanggal 6 Nopember 1981 oleh Menteri Pekerjaan Umum DR.Ir. Poernomosidi Hadjisarosa, ditandai dengan penutupan pintu Terowongan Pengelak.

‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾‾
Artikel di atas dinukil oleh Tim Pustaka Jawatimuran dari koleksi Deposit – Badan Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Jawa Timur: Brosur Jasa Tirta 

About Pusaka Jawatimuran

Semua tentang Jawa Timur
Gallery | This entry was posted in Uncategorized. Bookmark the permalink.

2 Responses to Bendungan Bening, Kabupaten Madiun

  1. Pingback: WADUK KALI BENING | WISATA KARESIDENAN MADIUN

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s